5 Makanan Khas Banten Enaknya Memang Kebangetan

Makanan Khas Banten

Resepmakanan.ID – Makanan Khas Banten – Setiap daerah memang mempunyai makanan khas tersendiri yang membuatnya terkenal di Nusantara. Kuliner lezatnya seakan membuat siapapun tertarik mencicipinya.

Makanan khas Banten sebetulnya banyak sekali ragamnya dimana anda bisa mencoba memasak sendiri dengan resep yang ada. Menariknya resep beragam masakan khas Banten bisa dengan mudah anda peroleh melalui internet.

Tak bisa dipungkiri lagi jika kecanggihan teknologi mempermudah kita memperoleh informasi apapun yang dibutuhkan. Dimana anda bisa menemukan banyak resep makanan khas Banten yang lezat dan nikmat. Jika memang merasa penasaran dengan beragam resepnya, sebaiknya simak uraian berikut.

Sate Bandeng Makanan Khas Banten

sate bandeng
image by: pesona.travel

Dari segi namanya saja, makanan khas Banten yang satu ini terbilang unik. Dimana bahan dasar masakan memang menggunakan ikan bandeng. Ikan tersebut tentu saja sudah dikenal sebagai ikan yang nikmat rasanya meskipun memiliki banyak duri.

Kali ini ikan tersebut semakin nikmat saat dibuat menjadi masakan sate bandeng. Dari pada merasa penasaran dengan cita rasanya, lebih baik membuat sendiri dengan acuan resep berikut.

Bahan yang dibutuhkan:
– Ikan bandeng 2 ekor
– Kelapa parut 150 gram
– Kelapa 1 butir
– Santan 125 ml
– Telur 2 buah
– Minyak goreng

Bahan untuk bumbu:
– Cabai merah 4
– Kunyit bakar
– Bawang merah 8 butir
– Bawang putih 3 siung
– Jahe 1 cm
– Lengkuas 2 cm
– Air asam jawa 1 sendok teh larutkan bersama dengan air 1 sendok makan
– Garam ½ sendok makan
– Gula pasir 1 sendok makan

Cara paling praktis membuat sate bandeng khas Banten:
1. Terlebih dahulu bersihkan saja ikannya.
2. Keluarkanlah tulang sekaligus daging dari insangnya secara perlahan.
3. Daging ikan disangrai kemudian buang saja bagian durinya. Jika sudah tidak ada durinya tentu saja bisa dihaluskan.
4. Panaskan saja minyak goreng terlebih dahulu kemudian tumislah bumbu halus sampai benar harum.
5. Campurkan bumbu tumis daging ikan, telur, dan kelapa sangria kemudian aduk merata.
6. Isilah kulit bandeng dengan menggunakan campuran daging ikan. Selanjutnya lumuri saja bagian luar dengan sisa isi. Jepitlah dengan bambu yang tadi sudah dibelah dua.
7. Panggang saja dibagian atas panggangan kemudian olesi dengan minyak. Bakar lagi sembari olesi dengan santan kental sampai benar matang.
8. Kini sate bandeng siap anda sajikan.

Menikmati sajian lezat sate bandeng khas Banten tentunya menjadi salah satu hal yang menarik. Apalagi kudapan nikmat tersebut hasil olahan anda sendiri. Dimana siapapun pasti bakalan merasa ketagihan dengan cita rasanya.

<

Jojorong Khas Banten

jojorong khas banten

Sekarang ini makanan khas Banten hadir dengan beragam variannya. Bahkan resep yang tersedia dari masakannya pun begitu mudah dan praktis untuk dicoba. Kali ini resep yang akan dibahas tentunya mengenai kue jojorong yang terkenal kelezatannya. Tentunya langkah cara pembuatannya mudah sekali. Alangkah baiknya simak uraian berikut.

Bahan yang dibutuhkan:
– 2 ons tepung beras
– 2 1/2 ons gula merah serut
– 50 cc air daun pandan dan air daun suji
– 750 cc santan encer
– Garam
– 2 sdm tepung kanji
– 200 cc santan kental

Cara paling mudah membuat jojorong:
1. Campurkan saja tepung kanj, tepung beras, air suji sekaligus garam hingga rata.
2. Persiapkan wadah berukuran kecil atau bisa dengan daun pisang.
3. Masukkan saja gula merah sekaligus bahan adonan hingga 3 perempatnya.
4. Campurkan saja santan dan tepung kanji hingga rata.
5. Masukkan dalam daun pisang kemudian kukus selama 5 menit.

Kini kue jojolong khas Banten pun sudah siap anda nikmati. Langkah pembuatan yang begitu praktis membuat banyak orang tertarik membuatnya. Apalagi anda bisa menikmati kudapan kue lezat hasil buatan sendiri.

<

Angeun Merica khas Banten

Angeun Merica
image by: cookpad.com

Akankah anda sudah mengenal makanan khas Banten yang satu ini? Jika memang belum tentunya rasa penasaran pun hinggap dalam pikiran. Sebetulnya masakan ini berasal dari olahan daging sapi.

Menu ini harus selalu ada saat acara lebaran atau bahkan acara penting keluarga. Kali ini anda yang merasa penasaran dengan cita rasanya. Tentu bisa mencoba membuat olahan ini di rumah berdasarkan resep yang sudah ada berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:
– Rebung 150 gram rebus, iris-iris
– Daging sapi 500 gram
– Air 11/2 liter
– Minyak 3 sdm untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
– Bawang merah 8 butir
– Bawang putih 5 siung
– Cabai merah keriting 3 buah
– Cabai merah 3 buah
– Terasi 1 sdt goreng
– Kencur 2 cm
– Kunyit 3 cm sangrai
– Garam 2 sdt
– Kacang merah kering 50 gram rendam selama 2 jam tiriskan kemudian rebus sampai empuk
– Gula merah 1 sdt
– Asam jawa secukupnya

Bahan pelengkap:
– Kecap manis
– Ikan teri goreng 100 gram
– Kacang tanah 150 gram goreng

Cara paling praktis membuat Angeun Merica:
1. Beras dan juga kelapa parut sebaiknya disangrai sampai kecoklatan. Angkat selanjutnya tumbuk hingga berasnya ini hancur dan sisihkan.
2. Kemudian didihkan air masukkan saja bumbu halus, tetelan, daun salam, lengkuas, serai sekaligus garam. Masak sampai tetelan matang dan bisa empuk. Kini masukkan beras tumbuk tadi dan aduk kembali sampai benar mendidih.
3. Jangan lupa menambahkan sayuran dan masak sampai semua bahan matang.
4. Angkat kemudian sajikan bersama bahan pelengkapnya.

Mencoba olahan masakan yang unik tentu saja menjadi hal yang sangat menyenangkan. Terlebih apabila kita mencoba olahan khas Banten yang satu ini. Dari pada harus pergi jauh kesana hanya untuk mencoba kulinernya. Tentu akan lebih berhemat dengan membuatnya sendiri di rumah.

<

Ase Lidah Khas Banten

ase lidah
image by: asiancook.eu

Makanan khas Banten memang banyak sekali ragamnya sehingga mampu membuat siapapun merasa tertarik. Menariknya olahan yang ada pun begitu unik seakan menggugah selera makan.

Kali ini ada salah satu kuliner yang lebih menarik yakni ase lidah khas Banten. Sebetulnya olahan ini menggunakan bahan dasar lidah sapi yang kemudian menggunakan bumbu iris sekaligus kecap manis. Dari pada merasa penasaran dengan masakan yang satu ini, sebaiknya anda perhatikan resep yang ada.

Bahan yang dibutuhkan:
– Air 1 liter
– Lidah sapi 500 gram
– Daun salam 2 helai
– Garam 1 sendok teh
– Serai 2 batang ambil putihnya kemudian memarkan
– Jahe 2 cm memarkan
– Minyak 3 sendok makan
– Daun jeruk purut 3 lembar
– Bawang putih 6 siung iris tipis
– Bawang merah 12 siung iris tipis
– Cabe merah 3 buah potong 2 cm
– Cabe hijau 3 buah potong 2 cm
– Kecap manis 4 sendok makan
– Garam 11/2 sendok teh
– Santan 600 ml
– Terasi goreng ½ sendok teh
– Merica bubuk 1 sendok teh

Langkah paling praktis memasak ase lidah khas Banten:
1. Panaskan saja air sampai mendidih kemudian masukkan saja lidah sapi. Biarkan selama kurang lebih 3 menit lalu angkat dan keruk bagian kulit luarnya.
2. Rebus kembali lidah sapi dan jangan lupa menambahkan jahe, garam, daun salam, serai maupun daun jeruk purut sampai lidahnya bisa empuk dan matang. Masaklah menggunakan sebuah panci presto kurang lebih 30 menit lamanya. Angkat kemudian potong-potong.
3. Kemudian minyak goreng panaskan untuk bisa menumis bawang putih sekaligus bawang merah sampai aromanya ini harum.
4. Masukkan pula cabe hijau maupun cabe merah kemudian aduk sampai tercium bau harum. Berikan santan sekaligus lidah sapi. Aduklah sampai benar tercampur merata.
5. Tambahkan pula terasi, kecap manis, garam maupun bubuk merica. Masak semua bahan tadi hingga matang kemudian angkat lalu sajikan.

Begitu lezatnya masakan ase lidah makanan khas Banten yang satu ini. Dimana resep pembuatannya begitu mudah dan praktis. Nikmatilah kelezatan kudapan kuliner yang mampu menggugah selera makan anda ini.

Pecak Bandeng Khas Bantenfigure style="width: 700px" class="wp-caption aligncenter">pecak bandeng
image by: detik.com

Memang banyak sekali kuliner lezat yang telah tersedia di daerah Banten. Dimana semua kuliner tersebut menarik sekali untuk anda cicipi. Dari pada merasa penasaran dengan cita rasa dari masakan pecak bandeng khas Banten. Sebaiknya anda perhatikan langkah cara pembuatan pecak bandeng berikut ini.

Bahan yang diperlukan:
– Ikan bandeng sesuai kebutuhan
– Jeruk nipis
– Cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, bawang merah sekaligus tomat
– Jeruk limau
– Kecap manis
– Terasi secukupnya
– Gula merah, garam sekaligus gula putih secukupnya

Cara mudah memasak pecak bandeng khas Banten:
1. Ikan bandeng yang masih utuh sebaiknya anda buang sisik, ingsang sekaligus isi perutnya. Kemudian cuci hingga bersih. Supaya baunya tidak amis lagi sebaiknya anda beri irisan bawang merah, garam sekaligus perasan jeruk nipis secukupnya dan biarkan selama 15 menit.
2. Kini ikan bandeng siap anda bakar pada alat pemanggangnya. Jangan sampai lupa membolak-balikkan ikan sampai benar matang merata.
3. Sembari menunggu panggangan ikan ini matang sebaiknya anda persiapkan untuk sambal pecaknya yakni bawang putih, bawang merah, cabe rawit, terasi, cabe keriting sekaligus tomat dibakar. Bahan sambal bisa anda rebus maupun goreng.
4. Persiapkan cobek serta ulekan kemudian bahan bisa diulek dan beri gula merah, garam dan gula putih secukupnya.
5. Saat sambalnya sudah selesai, alangkah baiknya anda pastikan ikannya matang.
6. Ketika ikan sudah matang sebaiknya tempatkan pada cobek yang sudah ada sambalnya. Tekan-tekan sampai sambal bisa meresap dan jangan lupa memberinya jeruk nipis dan kecap sembari ikannya dibolak-balik. Berikan pula taburan bawang goreng supaya lebih nikmat.
7. Kini pecak bandeng sudah siap disajikan bersama nasi hangat.

Sebetulnya masih banyak sekali inspirasi resep makanan khas Banten yang bisa anda coba. Setidaknya dengan beberapa resep yang telah tersedia sedikit mengobati rasa penasaran anda akan kuliner khas yang ada di Banten.

Komentar Disini