5 Makanan Khas Bandung Nikmat dan Bikin Ketagihan

Makanan Khas Bandung

Resepmakanan.ID – Makanan Khas Bandung – Bandung bukan hanya menarik berkat tempat wisatanya saja tetapi ada banyak kuliner lezat yang patut anda coba. Dari pada anda harus pergi jauh ke Bandung, sebetulnya bisa memasak sendiri di rumah dengan bantuan resep yang sudah tersedia.

Berbagai macam informasi mengenai makanan khas Bandung bisa anda temukan dengan mudah melalui internet. Tentunya hal ini seakan menjadi solusi bagi siapapun yang gemar memasak dan ingin mencoba resep masakan Bandung.

Apabila anda merasa tertarik dengan kuliner lezat khas Bandung. Kali ini anda bisa mencoba memasaknya sendiri tanpa harus mengeluarkan banyak budget untuk sekedar pergi ke Bandung. Jangan tunggu lama lagi, perhatikan saja beberapa resep masakan lezat berikut ini:

Mie Kocok Khas Bandung

mie kocok
image by: kompas.com

Buat anda para pecinta olahan mie tentunya bisa membuat mie kocok khas Bandung. Cita rasa dari makanan yang satu ini tentunya sedang dan bakalan bikin anda ketagihan. Dari pada lama-lama sebaiknya simak resep berikut ini:

Bahan yang diperlukan:
– Mie telor 1 bungkus
– Tauge rebus secukupnya
– Bakso secukupnya
– Daun bawang potong sesuai dengan selera
– Daun salam 2 lembar
– Daun jeruk 2 lembar
– Serai 1 batang memarkan
– Jahe 1 cm memarkan

Bumbu yang dihaluskan:
– Bawang putih 4 siung
– Bawang merah 6 siung
– Kemiri 2 butir
– Ebi kering 1 sdm
– Merica ½ sdt
– Gula 1 sdt
– Garam secukupnya

Bumbu untuk kuahnya:
– Kikil sapi 300 gram
– Bawang putih 2 siung memarkan
– Air 1,5 liter
– Garam dan merica secukupnya

Langkah mudah membuat mie kocok khas Bandung:
1. Kikil sapi direbus kemudian buanglah busanya. Masukkan bawang putih, garam sekaligus merica seperlunya. Masak saja sampai benar matang dan kikilnya pun empuk.
2. Tumislah bumbu halus kemudian masukkan serai, daun salam, daun jeruk, sekaligus jahe. Masak sampai benar matang. Tuangkan saja dalam kaldu sapi kemudian rebu sampai kaldunya ini terasa sedap.
3. Selanjutnya rebus saja mie telur kemudian sisihkan.
4. Kini anda bisa menata mangkuk, bakso, mie telur, tauge sekaligus potongan tomat. Kikil sapi bisa anda potong kecil dan taruh dalam sebuah mangkuk. Tuangkan kuah kaldu sapinya.
5. Kemudian taburilah dengan bawang goreng dan daun bawang.
6. Sekarang mie kocok khas Bandung siap anda sajikan bersama dengan kerupuk dan sambal.

Ternyata mudah dan praktis sekali langkah cara pembuatan makanan khas Bandung yang satu ini. Mengapa harus pergi jauh ke Bandung jika memang anda bisa memasaknya sendiri di rumah dengan resep di atas.

<

Resep Seblak Basah

seblak kuah
image by: image by: grid.id

Olahan masakan khas Bandung memang terkenal cita rasanya yang begitu lezat dan nikmat. Inilah mengapa kebanyakan orang selalu suka dengan olahan masakannya. Kali ini kita pun akan mencoba membuat masakan seblak basah.

Namanya seblak memang paling nikmat jika kita olah dengan rasa yang pedas. Dari pada merasa bingung dengan resep pembuatannya, sebaiknya anda simak ulasan berikut:

Bahan yang dibutuhkan:
– Kerupuk 100 gram
– Sosis 5 buah potong tipis
– Bakso sapi 5 buah potong tipis
– Telur 1 butir
– Daun bawang 2 batang potong pendek
– Wortel 2 buah potong tipis
– Sawi putih 5 lembar potong-potong
– Merica bubuk 1 sdt
– Kecap manis 3 sdm
– Saus tiram 1 sdm
– Garam secukupnya
– Gula secukupnya
– Air seperlunya

Bahan untuk bumbu halus:
– Bawang putih 5 siung
– Bawang merah 7 siung
– Cabai rawit 5 buah

Langkah mudah memasak seblak basah khas Bandung:
1. Kerupuk cuci kemudian rendam dalam air panas sampai empuk. Selanjutnya tiriskan. Buatlah telur orak arik lalu sisihkan.
2. Tumislah bumbu halus sampai benar harum kemudian daun bawang, merica, kecap sekaligus saus tiram masukkan. Tuangilah dengan sedikit air.
3. Kemudian masukkan sosis, bakso, kerupuk sekaligus telur orak-arik. Tumis saja bumbu sampai baunya harum. Masukkan saja sawi dan juga wortel. Jangan lupa menambahkan gula sekaligus garam secukupnya. Tumis bumbunya sampai benar meresap.
4. Jika sudah sebaiknya angkat dan sajikan bersama dengan nasi hangat.

Betapa nikmatnya kelezatan seblak basah ala Bandung buatan sendiri ini. Dari pada harus membelinya dengan harga mahal tentunya lebih praktis dan hemat jika bisa membuatnya.

<

Makanan Khas Bandung Nasi Timbel

nasi timbel
image by: cookpad.com

Ada lagi makanan khas Bandung yang tak pantas anda lewatkan begitu saja yakni nasi timbel. Dari namanya saja terkesan unik, apalagi untuk cita rasanya. Nasi yang satu ini sebetulnya nasi yang dibungkus dengan daun pisang.

Biasanya daun pisangnya ini terlebih dahulu di kukus sebentar saja sampai sedikit layu sehingga nantinya mudah untuk dilipat. Jika merasa penasaran dengan olahan makanan khas Bandung yang satu ini. Sebaiknya anda simak dengan baik resepnya di bawah ini:

Bahan yang diperlukan:
– 300 gram beras
– 600 ml air
– 500 gram daging ayam
– Daun pisang secukupnya
– 4 buah tahu kuning
– 100 gram tempe potong sesuai dengan selera
– Ikan asin secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang perlu dihaluskan:
– 4 siung bawang putih
– 6 butir bawang merah
– 1 sendok teh ketumbar bubuk
– 1 sendok teh garam
– 300 ml air

Bahan untuk sambal:
– 8 buah cabai merah keriting digoreng
– 2 siung bawang putih digoreng
– 3 butir bawang merah digoreng
– 5 buah cabai rawit merah digoreng
– ½ sendok teh gula merah
– 2 bungkus kecil terasi abc digoreng
– ¼ sendok teh garam

Bahan untuk pelengkapnya:
– 1 buah mentimun potong sesuai selera
– Salada bokor secukupnya

Langkah mudah membuat nasi timbel khas Bandung:
1. Persiapkan magic com terlebih dahulu selanjutnya air didihkan dan masukkan beras. Aduk aja sampai airnya merata dan tanak nasinya sampai matang. Jika sudah angkat kemudian simpan saja dalam sebuah wadah nasi.
2. Ambil saja selembar daun pisang selanjutnya masukkan saja nasi yang telah matang tadi sekiranya 6 sendok makan. Gulung saja kemudian lipat bagian ujung pisang kanan dan juga kiri. Selanjutnya masukkan saja kebagian tengah daun pisang dan dorong kebagian dalam. Sisihkan.
3. Kini anda bisa melumuri ayam, tempe dan tahu menggunakan bumbu halus. Diamkan saja selama beberapa menit lalu sisihkan.
4. Selanjutnya minyak goreng panaskan dan goreng tahu, ayam, sekaligus tempe. Selanjutnya masak sampai benar masak lalu angkat dan juga tiriskan.
5. Kini nasi timbel siap anda sajikan bersama tahu, ayam , tempe, dan pelengkap lainnya.

Ternyata unik sekali makanan khas Bandung yang satu ini. Tampilannya yang menarik seakan membuat siapapun tertarik untuk mencicipinya. Mengapa harus bingung untuk mencicipinya jika memang sekarang anda bisa mencoba kudapan lezat ini dengan membuatnya di rumah.

Karedokigure style="width: 751px" class="wp-caption aligncenter">karedok
image by: cookpad.com

Makanan khas Bandung memang banyak sekali jenisnya, hingga membuat kita merasa kebingungan manakah yang harus dicicipi terlebih dahulu. Kali ini kita pun akan membahas mengenai resep dari karedok. Dimana bahan dasar yang dipergunakan biasanya berasal dari sayuran yang masih segar. Langsung saja kita simak resep pembuatan karedok berikut ini.

Bahan yang diperlukan:
– Taoge 100 gram bersihkan saja bagian ujungnya
– Mentimun 1 buah iris tipis
– Kacang panjang 100 gram potong kecil
– Daun kol 2 lembar ambil bagian daunnya iris tipis
– Daun kemangi 150 gram
– Bengkuang ½ buah iris tipis dan kecil

Bumbu kacang yang perlu dihaluskan:
– Kacang tanah 250 gram sangrai kemudian haluskan
– Cabai merah 5 buah sesuai dengan selera
– Cabai rawit 5 buah sesuai selera
– Kencur 1 ruas
– Gula merah 1 sdm sisir
– Terasi 1 sdt bakar
– Air asam jawa 1 sdm
– Air matang secukupnya

Langkah mudah membuat karedok khas Bandung:
1. Cuci sekaligus bersihkan semua bahan sayuran. Jika sudah tiriskan saya diatas sebuah piring saji.
2. Campurkan saja bumbu kacang yang tadinya sudah anda haluskan pada bagian atas sayuran. Selanjutnya aduk sampai tercampur merata.
3. Karedok lezat pun siap anda sajikan bersama dengan emping goreng.

Sebetulnya masih banyak sekali makanan khas Bandung dengan cita rasa lezat dan nikmat bahkan bikin ketagihan. Di atas hanya beberapa contoh kudapan kuliner yang mungkin bisa anda buat sendiri saat berada di rumah.

Komentar Disini