Bisnis

Negeri Sakura Hentikan Bantuan Uang untuk Pengungsi Palestina

Resepmakanan.id – Negeri Sakura telah terjadi memutuskan untuk menangguhkan pendanaan bagi Badan Bantuan juga Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dengan dengan Amerika Serikat lalu beberapa negara lainnya.

Penangguhan yang dimaksud dilaksanakan oleh sebab itu dugaan keterlibatan anggota staf UNRWA di serangan organisasi Hamas terhadap negara Israel pada tahun lalu. Hal ini disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Jepang, Maki Kobayashi, di sebuah siaran pers pada Mingguan (28/1/2024) kemarin.

Penghentian itu, tutur Kobayashi, diadakan sambil menanti hasil penyelidikan berhadapan dengan tuduhan yang dimaksud juga mempertimbangkan tindakan penanggulangan.

Jepang mengambil langkah yang dimaksud setelahnya Amerika Serikat mengumumkan pada Hari Jumat (26/1) bahwa Negeri Paman Sam akan menangguhkan pendanaan untuk UNRWA.

Dikutip dari Kyodo-OANA via Antara, AS punya peran penting pada kebijakan ini, oleh sebab itu tuduhan tanpa alasan merek terhadap dugaan keterlibatan 12 karyawan UNRWA pada serangan mendadak oleh kelompok Hamas ke negeri Israel selatan pada 7 Oktober 2023. 

Jepang mendesak badan PBB yang disebutkan untuk menyelidiki perkara ini juga mengambil langkah-langkah yang tepat sehingga UNRWA dapat dengan “teguh memenuhi peran yang dimaksud seharusnya diembannya”, kata Kobayashi.

Gempuran tanah Israel telah terjadi menewaskan lebih besar dari 26.000 orang di tempat wilayah kantong Palestina yang tersebut dikuasai oleh organisasi Hamas itu dan juga menyebabkan kondisi kemanusiaan di dalam sana semakin parah.

Beberapa negara Barat, seperti Inggris, telah lama mengikuti Amerika Serikat di menghentikan pendanaan untuk UNRWA.

Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini mengungkapkan melalui pernyataan pada Hari Sabtu (27/1) bahwa kebijakan oleh sembilan negara untuk menangguhkan pendanaan “mengancam pekerjaan kemanusiaan yang dimaksud sedang berlangsung pada seluruh wilayah termasuk juga teristimewa di tempat Jalur Gaza.”

(Sumber: Suara.com)

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button