Bisnis

Jelang Pencoblosan Jokowi Kasih BLT Rp600 Ribu Sekaligus, Sri Mulyani Jawab Begini

Resepmakanan.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu. Rencananya BLT bertajuk ‘Mitigasi Risiko Pangan’ ini akan disalurkan jelang hari pencoblosan bulan Februari 2024 mendatang.

Yang menarik pemberian BLT ini diadakan secara sekaligus tanpa dirapel per dua bulan seperti BLT yang digunakan sudah-sudah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun membeberkan alasan pemerintah memberikan BLT tersebut.

“BLT mitigasi risiko pangan apakah masih dibutuhkan? Tadi saya ungkapkan pada membuka bahwa pemuaian volatile food itu nilainya masih 6,73% year on year,” kata beliau pada konferensi pers KSSK yang mana dilihat secara daring dari YouTube Kemenkeu, Selasa (30/1/2024).

Sri Mulyani bilang, bansos itu diberikan untuk merespons fenomena domestik dan juga global yang tersebut berpotensi menggerus daya beli rakyat miskin teristimewa di hal inflasi.

“Seperti tadi diketahui nilai tukar pangan the most sensitive di tempat pada menentukan kemiskinan masyarakat, dan juga segera memukul daya beli, jadi memang benar itu terus dijalankan pada rangka program-program yang telah ada,” ucap Sri Mulyani.

Sri Mulyani menyatakan pemerintah memang sebenarnya memiliki domain pada melakukan intervensi terhadap nilai pangan bergejolak alias volatile food ini. Dia mengungkapkan Kementerian Dalam Negeri juga melakukan rapat mingguan dengan para kepala wilayah untuk mengkaji naiknya harga volatile food ini.

“Pak Gubernur kan tidak ada menggunakan instrumen moneter untuk mempengaruhi volatile food, ini biasanya domain pemerintah, Pak Mendagri itu melakukan konferensi mingguan dengan seluruh kepala daerah, bahkan secara eksplisit area mana yang tersebut inflasinya tinggi kemudian rendah,” kata dia.

(Sumber: Suara.com)

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button