4 Cara Membuat Es Kopyor Minuman Menyegarkan dan Bisa Jadi Menu Takjil

Resepmakanan.ID – Cara Membuat Es Kopyor – Bulan ramadhan sudah tiba hingga saat berbuka puasa pun harus menyiapkan minuman menyegarkan.

Kali ini ada salah satu menu takjil yang patut anda coba yakni es kopyor. Dimana pembuatan minuman manis sekaligus menyegarkan ini begitu mudah sekali. Konon minuman menyegarkan ini terbuat dari bahan kelapa.

Dimana nantinya bisa juga dicampurkan dengan beragam bahan lainnya. Dengan langkah cara membuat es kopyor yang terbilang mudah dan praktis memungkinkan siapapun tertarik mempraktekkan di rumah.

Apalagi dari segi bahan begitu mudah anda temukan. Sehingga apapun kreasi pembuatan es kopyor bisa diwujudkan. Belajar berkreasi membuat minuman menyegarkan tidak ada salahnya bagi siapapun.

Mengingat anda pun bisa menjualnya saat masa ramadhan seperti sekarang ini. Apabila berbicara mengenai kenikmatannya memang paling nikmat jika anda memilih kelapa kopyor yang asli. Dimana kelapa ini biasanya dijual dengan harga cukup mahal per butirnya.

Dengan tekstur yang lembut aroma yang menggoda seakan menjadi keunggulan dari kelapa kopyor tersebut. Jika saat ini anda pun berkeinginan mencoba beberapa resep pembuatan es kopyor. Alangkah baiknya menyimak beberapa resepnya berikut ini.

Es Kopyor Otentik

Mencoba membuat minuman seperti es kopyor pastinya menyegarkan sekali. Apalagi saat bulan puasatelah tiba rasanya seakan ada yang kurang tanpa adanya es. Dari sini anda punmampu mencoba membuat salah satu resep praktis ini sesuai paduannya.
Prep Time35 mins
Cook Time35 mins
35 mins
Total Time35 mins
Course: Drinks
Cuisine: Indonesian
Servings: 4 people
Calories: 354kcal
Author: Resep Makanan
Cost: $15

Ingredients

Es Kopyor Otentik

  • 550 ml Air kelapa muda
  • 300 g Kelapa kopyor
  • 60 ml Sirup cocopandan
  • Es batu seperlunya

Instructions

Es Kopyor Otentik

  • Terlebih dahulu daging buah dan air kelapa keluarkan dari batok kelapa. Sisihkan.
  • Persiapkan gelas ukuran sedang lalu tuangkan saja sirup. Tambah dengan kelapa kopyor sekaligus airnya dan air kelapa muda.
  • Tambah pula dengan es batu pada bagian atasnya

Video

Notes

Ternyata mudah dan praktis sekali langkah cara pembuatan es kopyor kali ini. Dimana siapapun bisa mencobanya membuat sendiri di rumah. Apalagi dari segi bahan yang diperlukan mudah anda peroleh jadi sebaiknya coba saja berkreasi membuat minuman ini.

Es Kopyor Agar-Agar

es kopyor
image by: cookpad.com

Supaya anda mampu menikmati kesegaran dari es kopyor ternyata tidak perlu lagi merogoh kocek terlalu dalam. Dimana anda mampu mencoba resep praktis es kopyor dari agar-agar.

Tentunya resep ini lebih unik jika kita bandingkan dengan yang lainnya. Apalagi dari segi tekstur memang mirip dengan es kelapa kopyor yang asli. Jika penasaran sebaiknya anda menyimak resep yang sudah tersedia di bawah ini.

Bahan I:
– Santan kental instan 450 ml
– Air 200 ml
– Gula pasir 100 gram
– Agar-agar plain 1 bungkus

Bahan II:
– Air matang dingin sebanyak 4 liter
– Es batu seperlunya
– Sirup cocopandan seperlunya

Cara mudah membuat es kopyor agar-agar:
1. Campurkan agar-agar bersama dengan air. Kemudian aduk merata sampai tiada lagi yang menggumpal. Selanjutnya tuangkan santannya.
2. Masak saja agar-agar sembari diaduk hingga mendidih lalu angkat kemudian sisihkan.
3. Es batu masukkan dalam air matang lalu tuangkan agar-agar pada bagian atas bongkahan es batu tadi. Ketika sudah dituang kemudian tarik ke bawah menggunakan garpu supaya mampu memberikan bentuk serabut kopyor. Sebaiknya lakukan langkah tersebut sampai agar-agar benar habis.
4. Saat penyajiannya sebaiknya tuangkan sirup dalam gelas. Jika sudah selanjutnya tuangkan agar-agar kopyor sekaligus air dalam gelasnya.
5. Kini es kopyor agar-agar pun siap untuk dinikmati. Boleh juga jika anda berkeinginan menambahkan bahan pelengkap yang lainnya.

Variasi cara membuat es kopyor memang banyak sekali. Apalagi kini anda bisa memberikan bahan pelengkap lain yang mampu menambah cita rasanya. Siapapun orangnya tentu saja semakin tertarik dengan minuman menyegarkan yang satu ini.

Es Kopyor Tanpa Santan

es kopyor

Mencoba resep yang baru memang menarik untuk dilakukan. Apalagi kini anda mampu mencoba salah satu resep menarik yakni cara membuat es kopyor tanpa menggunakan santan.

Siapa sangka ternyata dari segi rasa tak kalah nikmat dengan yang lain. Anda hanya perlu berkreasi untuk menciptakan cita rasa nikmat dan menyegarkan.

Bahan yang diperlukan:
– Gula pasir 6 sendok makan
– Susu kental manis putih 2 sachet
– Es batu 2 buah
– Agar-agar 1 bungkus
– Air 1 liter
– Garam ¼ sendok the
– Sirup seperlunya

Cara membuat es kopyor tanpa santan:
1. Campurkan saja air, susu kental manis, agar-agar, garam dan gula. Selanjutnya aduk merata sampai tiada lagi yang menggumpal.
2. Masak campurannya ini sampai mendidih selanjutnya angkat.
3. Saat agar-agar masih belum keras sebaiknya letakkan es batu dalam wadah lalu tuangkanlah campuran agar-agar ini dibagian atasnya sedikit demi sedikit. Kemudian tariklah dengan garpu agar mampu membentuk serabut.
4. Sirup bisa dilarutkan bersama segelar air lalu tuangkan kopyor sintetis tadi secukupnya.

Bisa juga anda berikan tambahan es batu supaya rasanya lebih menyegarkan.
Langkah cara pembuatan es kopyor tanpa santan yang tergolong praktis ini memungkinkan siapapun membuatnya.

Dari segi bahan yang anda butuhkan tentu saja mudah didapatkan. Inilah mengapa anda mampu membuat minuman menyegarkan tanpa perlu bingung memikirkan bahannya.

Es Kopyor Cokelat

es kopyor
image by: pinterest.com

Jika tadi anda sudah menyimak cara membuat es kopyor tanpa santan ternyata kali ini bisa juga membuat es kopyor tanpa sirup. Sesuatu yang terbilang unik dan berbeda memang patut anda coba supaya mengerti bagaimanakah cita rasanya.

Kali ini dalam hal penyajiannya bisa dilakukan baik bersama santan encer maupun susu cokelat. Semua tergantung pada kesukaan anda sendiri. Lebih jelasnya sebaiknya menyimak penjelasan berikut.

Bahan yang dibutuhkan:
– Air 700 cc
– Gula pasir 200 gram
– Nutrijell cokelat 1 sachet
– Sirup seperlunya
– Susu kental manis cokelat 1 sachet
– Es batu

Langkah mudah pembuatan es kopyor cokelat:
1. Semua bahan campurkan kemudian aduk merata sampai tiada lagi yang menggumpal.
2. Rebus saja semua bahannya menjadi satu sampai mendidih selanjutnya angkat.
3. Sebelum jelinya ini mengental sebaiknya anda letakkan es batu dalam wadah berukuran besar lalu tuangkan sedikit demi sedikit. Saat dituang sebaiknya tarik jeli menuju bagian bawah menggunakan garpunya agar mampu membentuk serabut kopyor.
4. Persiapkan wadah lalu tuang saja sirup cocopandan sekaligus kopyor sintetis dan masukkan air serta es batu. Pada bagian atasnya bisa anda tuangi dengan susu kental manis cokelat.

Dengan berbagai macam cara membuat es kopyor yang telah tersedia ini. Semoga saja anda mampu mempraktekkan salah satu resep paling praktis. Dimana anda bisa mencoba membuat salah satu yang dirasa menarik dan sesuai kesukaan.

Mengapa harus merasa bingung dan penasaran jika anda mampu membuat sendiri. Dari pada membelinya di luar rumah tentu akan lebih berhemat jika membuat sendiri.