4 Cara Membuat Es Dawet Enak, Segar dan Praktis

Resepmakanan.ID – Cara Membuat Es Dawet – Cuaca yang terbilang panas memungkinkan kita berkeinginan meneguk minuman menyegarkan. Ada berbagai macam rekomendasi minuman yang patut anda nikmati.

Dimana salah satunya adalah es dawet. Mungkin di daerah anda sudah banyak orang menjual jenis es tersebut. Tetapi dari pada harus membelinya, akan lebih baik jika bisa membuatnya sendiri di rumah.

Es dawet seringkali jadi pilihan bagi siapapun yang ingin minuman menyegarkan dengan harga murah. Hadirnya perpaduan rasa gurih dan manis seakan mampu melepaskan rasa dahaga. Kini sudah tersedia berbagai macam resep es dawet paling mudah dan praktis.

Minuman yang satu ini bisa dikatakan sebagai minuman melegenda dimana peminatnya memang banyak. Konon keberadaan dari es tersebut sudah ada sejak dulu. Minuman tradisional ini seringkali menjadi kesukaan anak-anak sampai dengan orang tua sekalipun.

Apalagi banyak sekali penjual es dawet yang berada di pinggiran jalan bahkan pusat perbelanjaan sekalipun. Es tersebut merupakan hasil perpaduan antara dawet serta minuman dari gula pasir dan juga santan. Banyaknya peminat es dawet seakan memungkinkan banyak orang membuka usaha tersebut.

Dengan modal yang terbatas sekalipun sebetulnya anda mampu membuat es dawet menyegarkan. Apalagi keuntungan yang nantinya anda peroleh sangatlah menggiurkan. Inilah mengapa peluang usaha tersebut tidak boleh diremehkan begitu saja.

Jika memang merasa penasaran dengan aneka membuat es dawet. Sebaiknya simak beberapa ulasan berikut ini.

Cara Membuat Es Dawet

Kali ini anda pun bisa memberikan aroma layaknya pandan pada minuman es dawet. Bahan yang dibutuhkan sangatlah praktis terlebih untuk pembuatannya. Siapapun bisa mencobanya sendiri di rumah dengan langkah cara yang sudah tersedia.
Prep Time45 mins
Cook Time45 mins
45 mins
Total Time45 mins
Course: Drinks
Cuisine: Indonesian
Servings: 1
Calories: 465kcal
Cost: $10

Ingredients

  • 4 sdm Tepung tapioca
  • 100 gram Tepung beras
  • 200 gram Gula merah
  • 500 ml Air rebusan pandan
  • 500 ml Air Mineral
  • 300 ml Santan instan 1 bungkus serta air

Instructions

  • Masaklah tapioka, tepung beras sekaligus air pandan sampai benar matanghingga meletup. Jika memang sudah matang sebaiknya angkat lalu dinginkan.
  • Dawet pun siap dicetak menggunakan saringan dan persiapkan air es padabagian bawahnya.
  • Selain itu masaklah air sekaligus gula merah sampai benar mendidih.
  • Masak santan serta air.
  • Semua bahan olahan tadi pun bisa anda campurkan semuanya dengan santan,gula dan dawet.
  • Berikan es batu supaya terasa lebih segar.
  • Kini es dawet pandan sudah siap anda sajikan.

Video

Notes

Begitu segarnya minuman es dawet pandan ini dimana cita rasanya memang beraroma pandan hingga mampu menggugah selera kita.
Siapapun orangnya saya rasa bakalan tertarik setelah mengetahui cita rasanya. Apalagi dari langkah pembuatan terbilang praktis dan mudah sekali.

Resep Es Dawet Kacang Merah

es dawet
image by: Cookpad.com

Bukan hanya air pandan saja yang mampu membuat cita rasa es dawet semakin nikmat. Hal ini memungkinkan anda mencoba kreasi lainnya. Dimana variasi baru yang menggunakan kacang merah seakan menggoda banyak orang untuk mencobanya.

Dari segi bahan yang anda butuhkan juga praktis hingga memungkinkan banyak orang memperolehnya dengan mudah. Sebaiknya ikuti saja resepnya berikut ini.

Bahan dawet:
– Tepung sagu 50 gram
– Tepung beras 100 gram
– Air suji 65 ml
Air 800 ml

Bahan kacang merah:
– Gula merah 100 gram sisir
– Kacang merah 200 gram rebus sampai benar empuk
– Air 500 cc

Bahan untuk sirup gula merah:
– Air 250 cc
– Gula merah 250 gram sisir
– ¼ sdt garam
– Daun pandan 2 lembar

Bahan pelengkapnya:
– Kolang-kaling
– Es serut

Cara membuat es dawet kacang merah
1. Tepung beras dan tepung sagu larutkan bersama dengan air, garam sekaligus air suji. Kemudian rebuslah sampai mengental bahkan bisa meletup-letup. Saat sudah matang sebaiknya tuangkan dalam cetakan dawet yang tadinya sudah anda taruh pada bagian atas baskom berisikan air es. Ada baiknya anda mampu menyisihkannya terlebih dahulu.
2. Kacang merah rebus bersamaan dengan air dan gula hingga empuk kemudian dinginkan.
3. Bahan sirup gula merahnya siap dibuat. Caranya tentu saja dengan mendidihkan gula merah bersama air, garam dan daun pandan di atas nyala api yang kecil sampai benar mendidih.
4. Selanjutnya rebus kuah santannya sembari diaduk sampai mendidih.
5. Campurkan saja semua bahan yang telah jadi. Dawet dengan es serut, sirup gula merah, kacang merah sekaligus kuah santan.
6. Kini es dawet kacang merah sudah siap anda nikmati.

Mencoba kreasi baru resep pembuatan es dawet memang menarik. Terlebih jika bahan yang anda butuhkan ini tergolong praktis. Tentunya banyak orang tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah.

Resep Es Dawet Beras Legit Gula Merah

es dawet
image by: YT

Tak bisa dipungkiri lagi jika es dawet begitu identik dengan yang namanya gula merah. Dimana gula merah mampu membuat cita rasanya semakin manis. Apalagi jika bahan pembuatan dawet berasal dari beras pastinya lebih legit lagi.

Inilah mengapa cita rasa dari es dawet selalu dirindukan banyak orang. Dari sini anda pun mampu membuatnya sesuai resep yang telah tersedia.

Bahan yang diperlukan:
– Kelapa ½ butir ambil air santannya saja
– Tepung tapioka 1 sdm
– Gula pasir 5 sdm
– Gula merah 200 gram
– Pewarna hijau pandan 1 tetes
– Garam ¼ sdt
– Tepung beras 200 gram
– Air 1 liter

Langkah persiapan mudah membuatnya:
1. Persiapkan saja panci yang anti lengket. Kemudian masukkan air 1 liter dan campurkan bersama tepung tapioka, tepung beras sekaligus pewarna hijaunya.
2. Aduk semua sampai merata dan jangan lupa memberikan garam.
3. Api pun bisa dinyalakan kemudian masak menggunakan nyala api kecil hingga mengental.
4. Jika sudah matang sebaiknya anda persiapkan sebuah wadah berisikan air yang dingin. Taruh saja saringan pada bagian atasnya kemudian cetak dawet dengan cara hanya menggosokkan pada saringan. Kemudian sisihkan saja terlebih dulu.
5. Rebuslah gula putih dan gula merah lalu dinginkan.
6. Rebus santan kelapa yang tadinya sudah anda beri sedikit garam kemudian dinginkan.
7. Penyajian dawet beras pun bersamaan dengan santan sekaligus rebusan gula tadi.
8. Kini es dawet bisa anda hidangkan.

Mencoba kreasi baru cara membuat es dawet memang tidak ada salahnya bagi siapapun. Apalagi minuman ini menjadi kesukaan banyak orang. Sebagai minuman melegenda memungkinkan banyak orang tertarik untuk membuat es tersebut.

Resep Es Dawet Susu

es dawet
image by: cookpad.com

Berbagai macam variasi resep es dawet sudah tersedia demi memenuhi semua kebutuhan masyarakat. Apalagi saat ini sudah hadir varian resep terbaru yakni menggunakan tambahan susu.

Pastinya cita rasa terbarunya ini mampu menggugah selera para pecinta es dawet. Supaya anda mampu membuatnya sendiri di rumah. Simak saja uraian lengkapnya di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan:
– Tepung tapioka 5 sdm
– Tepung beras 5 sdm
– Garam ¼ sdt
– Air sari daun pandan 50 ml blender kemudian saring
– Air 200 ml
– Es batu secukupnya
– Pewarna hijau 1 tetes
– Susu beruang ½ kaleng
– Gula pasir 2 sdm
– Gula merah 100 gram
– Daun pandan 1 lembar
– Air 200 ml

Cara membuat es dawet susu
1. Campurkan saja tepung beras, tepung tapioka, garam, air sari daun pandan, air sekaligus pewarna hijau. Aduk hingga merata dan masak sampai mengental serta matang. Cetaklah adonan menggunakan plastik segitiga pencetak dawet. Kemudian cetak adonannya pada wadah yang telah berisikan air dingin.
2. Selanjutnya masak air, gula merah, gula pasir dan daun pandai sampai mengental menggunakan api kecil. Lalu aduk merata angkat saring kemudian dinginkan.
3. Tuangkan saja air gula merah tadi dalam gelas lalu masukkan dawet yang telah anda cetak. Jangan lupa menambahkan es batu dan susu.
4. Kini es dawet susu siap anda sajikan.

Mencoba beberapa cara mudah membuat es dawet ini pastinya menginspirasi banyak orang. Hingga siapapun bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang mudah diperoleh memungkinkan siapapun untuk mencoba resepnya.