Kesehatan

Cegah Petugas KPPS Tumbang Kelelahan, Puskesmas Buka 24 Jam di tempat Hari pemilihan

Resepmakanan.id – Kementerian Aspek Kesehatan (Kemenkes) RI ingatkan ada layanan kegawatdaruratan Public Safety Center atau PSC 119, mengingat kerja petugas Grup Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di area hari Pemilihan Umum 2024 dapat berlangsung 24 jam.

Melalui PSC 119 ini Kemenkes akan menyiapkan prasarana layanan kesehatan, lengkap dengan tenaga kebugaran untuk petugas KPPS yang dimaksud alami kendala di tempat hari pemungutan suara.

Kepala Pusat Krisis Bidang Kesehatan Dr. Sumarjaya mengungkapkan sudah menyiapkan prasarana dan juga mobilisasi tenaga juga PSC 119. PSC 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat untuk masyarakat, termasuk anggota KPPS, yang mana membutuhkan layanan kesehatan.

Ada 352 PSC yang mana membantu penanganan kondisi tubuh pada kecelakaan atau situasi kritis ini pada seluruh Indonesia.

“Kesiapan kegawatdaruratan pada waktu ini kita mempunyai PSC namanya jadi merupakan respons cepat, ya, memberikan respons terhadap publik yang mana membutuhkan dan juga juga petugas jikalau terjadi hal yang digunakan tidak ada diinginkan berkaitan dengan kesehatan,” kata Dr. Sumarjaya melalui rilis yang digunakan diterima suara.com, Rabu (14/2/2024).

Dr. Sumarjaya juga mengingatkan Kemenkes menyediakan Emergency Medical Tim (EMT). Tim yang mana dibentuk untuk memberikan pelayanan medis kemampuan fisik ketika kegawatdaruratan kebugaran ini memiliki miliki 13.000 tenaga cadangan kemampuan fisik (TCK).

Setiap TCK-EMT miliki formasi lengkap dalam antaranya dokter, perawat, tenaga farmasi, tenaga logistik, tenaga administrasi, lalu pengemudi ambulans. Saat ini, terdapat 458 TCK-EMT yang dimaksud telah terjadi tersebar di dalam Indonesia.

“Jadi, ini kesiapsiagaan berbasis EMT di area mana tenaga kebugaran cadangan ini mempunyai formasi lengkap ada dokternya perawatnya kemudian itu telah tersebar ke seluruh Indonesia,” lanjut Dr. Sumarjaya.

 Sejumlah warga pada waktu menyalurkan hak pilih pemilihan raya 2024 di area TPS yang dimaksud berada di dalam Keraton Kanoman Cirebon, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Fathnur Rohman)
Sejumlah warga ketika menyalurkan hak pilih Pemilihan Umum 2024 pada TPS yang berada di area Keraton Kanoman Cirebon, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Fathnur Rohman)

Dr. Sumarjaya mengatakan, pada hari pemungutan suara, puskesmas akan mengungkap dengan sistem rujukan. Jika terjadi kegawatdaruratan di area tempat pemungutan pernyataan (TPS), penduduk dapat menghubungi PSC 119.

Selanjutnya, PSC akan memberikan respons cepat dengan memberikan pertolongan pertama. “Yang merespons cepat pada TPS itu nanti adalah 119. Jadi, pertolongan pertamanya jikalau terjadi kegawatdaruratan, baru nanti akan dengan segera ke tempat-tempat sarana pelayanan kesehatan, apakah nanti itu bisa jadi pada puskesmas ataupun ke rumah sakit,” jelas Dr. Sumarjaya.

Di sisi lain Direktur Pelayanan Aspek Kesehatan Primer dr. Obrin Parulian juga mengakui tidaklah ada tenaga kebugaran yang mana stand by pada lokasi, tapi selama hari pemilihan umum seluruh Puskesmas Indonesia akan dibuka 24 jam, siap melayani melayani 5.741.127 anggota KPPS yang dimaksud tersebar pada 820.161 TPS.

“Untuk dalam setiap TPS, apakah ada posko? Itu tidak, tapi nanti akan ada kesiagaan ini semua dibangun, termasuk penempatan kelompok terdekat setiap TPS, kita ada mapingnya nanti, termasuk kesiagaan ambulans, yah. Jadi, kalau ada perkara PSC mendapatkan informasi, PSC turun juga ditangani dalam tempat atau kalau perlu rujukan, nanti sistem rujukannya bergerak,” jelas dr. Obrin.

Direktur Kesejahteraan Usia Produktif lalu Lanjut Usia dr. Nida Rohmawati menyatakan membagikan tips untuk menjaga kebugaran bagi anggota KPPS dikarenakan salah satu keberhasilan pesta demokrasi ditentukan oleh anggota KPPS. Tips menjaga kebugaran bagi anggota KPPS cukup dengan menerapkan 4C, yakni cukup tidur, cukup minum, cukup makan, serta cukup olahraga.

“C yang digunakan pertama adalah cukup tidur minimal 6-8 jam sehari. C yang kedua cukup minum 6-8 gelas setiap hari lantaran dehidrasi kekurangan minum itu menjadi faktor risiko terjadinya kesakitan serta kematian. C yang digunakan ketiga cukup makan jangan cuma makan snack tapi lupa makan. C yang digunakan keempat adalah cukup olahraga, minimal olahraga 30 menit sehari,” jelas dr. Nida.

dr. Nida juga menganjurkan untuk tiada terlalu banyak mengkonsumsi kafein kemudian minuman manis juga tiada mengkonsumsi minuman beralkohol dan juga minuman berenergi.

“Tubuh sudah ada kelelahan metabolismenya ditambah minuman berenergi digenjot lagi dan juga iya tubuhnya jadi terpaksa tidak ada kelelahan lagi. Minum alkohol bukan dianjurkan juga kurangi minuman manis, kopinya boleh 2 cangkir sehari nggak usah lebih-lebih,” kata dr. Nida.

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button