3 Cara Membuat Tempe yang Benar

Cara Membuat Tempe

Resepmakanan.id – Cara membuat tempe dari kedelai terbilang sedikit ribet, karena lamanya proses dalam pembuatannya. Tempe sendiri adalah makanan yang banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia. Karena selain mempunyai rasa yang gurih ketika di olah, tempe yang terbuat dari kedelai ini mengandung banyak protein nabati yang sangat baik untuk metabolisme tubuh.

Banyak olahan dari tempe yang ditemukan di rumah makan dan dengan banyak macam olahan seperti steak tempe, tempe penyet, dan lain sebagainya. Mungkin dalam benak Anda berpikir, bagaimana cara membuat tempe kedelai yang benar. Kenapa hanya dari kedelai dapat menjadi tempe yang sangat enak. Di bawah ini akan ada cara membuat tempe yang baik dan benar.

Yang perlu Anda perhatikan adalah mengikuti resep dengan baik dan gunakan takaran yang sudah ditentukan. Karena apabila tidak sesuai dengan takaran yang benar, maka hasil tempe nantinya akan tidak enak atau malah menjadi gagal untuk menjadi tempe.

Cara Membuat Tempe yang Enak

tempe

Ketika Anda menikmati sebuah olahan dari tempe, tentu Anda akan berpikir kenapa tempe begitu enak dan murah. Ya, harga yang terjangkau dan enak membuat tempe banyak disukai oleh semua orang, terlebih kandungan protein nabati yang baik yang membuat nilai dari tempe meskipun murah tetapi tidak murahan. Berikut cara membuat tempe yang dapat Anda ikuti jika ingin membuat tempe di rumah.

Alat dan Bahan untuk Membuat Tempe:
– Baskom
– Saringan
– Dandang untuk mengukus
– Kipas angin
– Sotel kayu
– Tampah
– Kompor
– Kacang kedelai secukupnya
– Ragi tempe
– Daun pisang atau kantong plastik

Cara membuat tempe:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan semua peralatan hingga bersih dan kering.
– Selanjutnya, cucilah kedelai hingga benar-benar bersih dari kotoran.
– Kemudian, rendam kacang kedelai selama kurang lebih 13 sampai 18 jam.
– Apabila kacang kedelai sudah lunak, kupas kulit kacang kedelai.
– Bilas kacang kedelai dengan air.
– Kemudian, siapkan panci dan beri air. Rebus kacang kedelai yang sudah dibilas dengan air untuk menghilangkan kulitnya.
– Setelah direbus, tiriskan di tampah dan kipasi dengan kipas angin agar kedelai tidak terlalu panas.
– Selanjutnya, masukan ragi tempe ke dalam kacang kedelai, aduk hingga merata.
– Setelah ragi tercampur rata pada kacang kedelai, maka kacang kedelai siap dibungkus.
– Masukan kacang kedelai tadi pada daun pisang atau plastik. Untuk ukuran ketebalannya sesuai dengan selera Anda.
– Langkah terakhir, untuk mendapatkan hasil tempe yang baik maka membutuhkan waktu untuk fermentasi selama dua hari menggunakan suhu kamar. Usahakan untuk kacang kedelai sudah tertutup jamur dan rapat.

Itulah cara membuat tempe yang dapat Anda ikuti di rumah atau hanya untuk pengetahuan Anda. Tempe selain mengandung protein nabati juga mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu kinerja untuk lebih maksimal. Atau mungkin Anda mulai tertarik untuk membuat tempe dan ingin membuat usaha tempe, maka ikuti langkah-langkahnya seperti di atas.

Membuat Tempe yang Enak dan Berkualitas

tempe
iamge by: jadiberita.com

Tempe adalah salah satu makanan dari Indonesia yang disukai oleh semua orang, bahkan di luar negeri pun tempe sudah banyak yang mengkonsumsinya. Alasan orang menyukai tempe sudah pasti karena rasa dan kandungan protein nabati serta kalsiumnya yang sangat baik untuk tubuh.

Mengkonsumsi tempe adalah salah satu alternatif bagi Anda yang menghindari protein hewani. Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba membuat tempe sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat tempe yang enak dan berkualitas.

Alat untuk membuat tempe:
– Baskom
– Tampah
– Saringan
– Kompor
– Dandang
– Kipas angin
– Sotel kayu

Bahan untuk membuat tempe:
– Kacang kedelai
– Ragi tempe
– Daun pisang atau plastik

Cara membuat tempe yang enak dan berkualitas:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci kedelai agar semua kotoran hilang. Mencuci kedelai sampai benar-benar bersih adalah salah satu kunci untuk keberhasilan dalam membuat tempe. Karena tempe akan berkualitas baik jika saat proses pencucian kedelai benar-benar bersih.
– Langkah berikutnya adalah merendam kacang kedelai yang telah dibersihkan. Merendam kedelai dilakukan untuk dapat memilih kedelai yang berkualitas baik atau tidak, jika berkualitas baik maka kedelai akan tenggelam. Sebaliknya jika kedelai mengambang maka kualitas kedelai tersebut jelek dan Anda dapat menghilangkan kedelai yang mengambang tersebut. Selain menyeleksi, proses perendaman juga untuk memudahkan saat pengelupasan kulit kacang kedelai. Rendam kedelai selama semalaman agar air meresap ke kedelai dan kedelai menjadi lunak.
– Cara membuat tempe yang berikutnya adalah cuci kembali kedelai yang sudah direndam. Cuci kedelai sambil diremas-remas untuk membantu dalam menghilangkan kulit ari. Setelah kulit ari dirasa sudah terkelupas lakukan pencucian kembali hingga kulit ari dan kotoran lainnya hilang terbawa air.
– Kemudian, siapkan panci yang sesuai dengan banyaknya kedelai. Lebih baik gunakan panci besar dan rebus kacang kedelai menggunakan air yang bersih bukan air dari PDAM karena biasanya mengandung kaporit yang akan mengganggu proses fermentasi. Rebus kacang kedelai hingga kedelai benar-benar matang.
– Setelah kedelai matang, cara membuat tempe berikutnya adalah hilangkan uap panas dari kacang kedelai dengan cara dikipas. Lebih baik ketika akan mendinginkan kedelai yang masih panas dengan menggunakan tampah karena mempunyai permukaan yang lebar.
– Selanjutnya adalah proses pemberian ragi pada kedelai. Setelah kedelai benar-benar dingin dan kering. Untuk ragi silakan gunakan takaran yang pas, sedangkan untuk ukuran berat 2KG kacang kedelai, membutuhkan sekitar 2 sendok makan ragi tempe. Taburkan ragi di atas kedelai dan aduk hingga tercampur rata antara ragi dan kedelai.
– Langkah berikutnya adalah proses membungkus tempe, dapat dilakukan dengan menggunakan daun pisang atau plastik sesuai keinginan Anda. Atau dapat juga Anda bentuk tempe dengan cetakan. Untuk cara membungkusnya adalah dengan memasukan kedelai dalam pembungkus. Jika menggunakan plastik maka berikan lubang-lubang kecil agar ragi tempe dapat memperoleh sedikit udara. Dan jangan terlalu banyak lubang yang malah akan mengakibatkan tempe kurang putih.
– Kemudian ketika proses fermentasi, biarkan tempe yang belum jadi pada suhu ruang. Untuk proses fementasi pada tempe usahakan di tempat yang suhunya sedikit hangat, dan diamkan selama kurang lebih 1 hari atau 24 jam. Dalam menumpuk tempe jangan terlalu banyak, karena akan membuat tempe terlalu panas dan menjadi cepat matang.
Selanjutnya apabila Anda menginginkan proses pembuatan tempe yang lebih cepat, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Cara membuat tempe yang lebih cepat:
– Langkah pertama yang Anda lakukan adalah rendam terlebih dahulu kedelai kering hingga mengembang.
– Kemudian setelah mengembang, siapkan panci dan rebus kedelai sampai mendidih. Setelah mendidih biarkan rebusan kedelai selama beberapa menit.
– Selanjutnya dinginkan kedelai lalu remas-remas kedelai hingga kulit ari terkelupas.
– Setelah dipastikan semua kulit terkelupas, rebus kembali kedelai dengan menambahkan cuka makan sedikit saja.
– Ketika sudah mendidih, tiriskan kedelai hingga mengering dengan meletakan kedelai di atas tampah agar cepat kering, karena tampah mempunyai permukaan yang lebar.
– Selanjutnya ketika kedelai sudah sedikit dingin dan kering, tambahkan ragi tempe pada kedelai dan aduk hingga tercampur rata.
– Setelah ragi tempe dan kedelai tercampur rata, masukan kedelai ke dalam wadah, dapat menggunakan daun pisang atau dengan plastik bening yang diberi sedikit lubang untuk membiarkan udara masuk.
– Lakukan penyimpanan tempe pada tempat yang bersih serta tertutup rapat dengan menggunakan kertas. Jika tempe dinyatakan sudah bisa dimakan, maka akan keluar air dari kertas penutupnya.
– Lalu tempe dibiarkan hingga bener-benar diselimuti badan tempe oleh warna putih, hal ini menandakan fermentasi berhasil dan sempurna. Diamkan sekitar 24 jam atau semalaman.

Itulah cara membuat tempe agar tempe mempunyai kualitas yang baik dan cara membuat tempe yang lebih cepat serta praktis. Tempe dikatakan berhasil ketika setelah 24 jam bungkus tempe dibuka, maka Anda akan mendapatkan tempe berwarna putih karena jamur hasil fermentasi. Setelah selesai, maka tempe sudah siap untuk diolah menjadi beberapa olahan sesuai selera Anda.

Membuat Tempe Biji Kara atau Tempe Benguk

tempe

Tempe merupakan makanan yang sering diolah sebagai lauk baik digoreng, dibacem, dijadikan keripik dan lain sebagainya. Kandungan protein nabati yang sangat baik untuk tubuh, membuat tempe banyak disukai oleh semua orang.

Ada beberapa tempe yang tidak terbuat dari kacang kedelai, tetapi terbuat dari biji kara benguk dan terbuat dari ampas kacang gude untuk daerah Lombok dan juga Daerah Bali Timur. Berikut adalah cara membuat tempe biji kara atau tempe benguk.

Bahan untuk membuat tempe benguk:
– Biji koro benguk secukupnya
– Air bersih secukupnya
– Ragi tempe secukupnya
– Daun pisang atau daun jati untuk membungkus

Cara untuk membuat tempe benguk:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masak biji koro benguk dengan cara direbus selama kurang lebih 60 menit dan hingga mendidih. Campurkan abi gosok ke dalam air rebusan untuk menghilangkan getah yang dapat menyebabkan rasa pahit pada tempe. Angkat dan tiriskan biji koro benguk.
– Selanjutnya adalah biji koro benguk dibuka dan lepaskan bagian kulit benguk serta bersihkan juga bagian dalamnya.
– Kemudian siapkan baskom dan tuang air bersih ke dalam baskom. Rendam biji koro benguk yang telah dilepas kulitnya dan yang sudah dibersihkan kulitnya di dalam air baskom. Diamkan rendaman biji koro benguk selama kurang lebih 3 hari. Setelah 3 hari, angkat dan tiriskan.
– Setelah direndam selama 3 hari, cara membuat tempe biji koro benguk selanjutnya adalah campur biji koro benguk dengan ragi kemudian langsung bungkus menggunakan daun pisang atau daun jati.
– Selanjutnya, letakkan tempe biji koro benguk di tempat yang kering dan berudara.

Diamkan selama kurang lebih 2 hari sampai tempe biji koro benguk jadi. Sangat mudah bukan cara membuat tempe biji koro benguk di atas. Perlu Anda ketahui jika tempe biji koro benguk ini memiliki kandungan lemak serta protein yang cukup rendah dan mempunyai kandungan karbohidrat lebih tinggi di bandingkan dengan tempe biji kedelai, jadi cara membuat tempe benguk dapat dijadikan opsi ke dua setelah tempe kedelai.

Komentar Disini