5 Cara Membuat Tahu Bulat Sederhana dan Crispy

Cara Membuat Tahu Bulat

Resepmakanan.id – Cara membuat tahu bulat yang lezat dan gurih memang banyak dicari oleh masyarakat karena tahu bulat merupakan salah satu jenis makanan yang merakyat. Selain rasanya yang enak, Anda juga bisa memanfaatkan resep ini sebagai salah satu sumber penghasilan dengan menekuni bisnis kuliner.

Selain untuk dijadikan camilan di rumah yang lezat dan bergizi, Anda juga menjadikan tahu bulat sebagai menu sajian saat ada tamu datang ke rumah. Tahu bulat juga bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan makanan yang memiliki rasa lebih lezat dari tahu bulat yang belum diolah.

Keluarga juga pastinya lebih menyukai tahu bulat yang diolah karena bisa digunakan cara membuat tahu bulat sebagai camilan ataupun sebagai lauk saat makan. Dengan mencoba berbagai jenis olahan tahu bulat anak-anak juga akan mendapatkan gizi yang baik, mengingat tahu merupakan salah satu sumber protein nabati yang bagus.

Cara Membuat Tahu Bulat Kopong

Cara Membuat Tahu Bulat kopong

Cara membuat tahu bulat kopong ini cukup mudah karena hanya membutuhkan sedikit bahan-bahan untuk bisa membuat tahu bulat yang lezat dan gurih. Sangat cocok digunakan sebagai camilan sehat sehari-hari untuk keluarga Anda.

Digunakan sebagai lauk juga sangat cocok sebagai teman nasi dan sayur, sehingga selera makan menjadi meningkat. Berikut ini resep tahu bulat kopong yang bisa Anda buat sendiri dengan mudah di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tahu putih mentah 5 buah, atau sekitar 300 gram
– Telur 1 butir Baking soda 1 sdt
– Baking powder 1 sdt
– Kaldu bubuk 1 sdt Garam ½ sdt

Langkah-langkah membuat tahu bulat kopong:
– Langkah yang pertama adalah peras tahu putih dengan menggunakan kain saringan sampai airnya atus.
– Kemudian campurkan tahu dengan menggunakan bahan-bahan lainnya.
– Lalu uleni bahan-bahan yang sudah dicampurkan tadi hingga kalis. Proses menguleni ini membutuhkan proses yang cukup lama, yakni minimal 10 menit. Saat menguleni tidak boleh berhenti, harus terus-menerus hingga teksturnya agak kenyal.
– Jika sudah diuleni hingga teksturnya kenyal selanjutnya bentuk tahu menjadi bola-bola.
– Lalu diamkan bola-bola tahu tadi selama tiga jam. Kemudian goreng tahu di minyak yang memiliki suhu tidak terlalu panas pada awalnya.
– Setelah tahu-tahu tadi terlihat seperti bola-bola yang lebih besar segera besarkan api dan lanjutkan digoreng hingga kering. Ini bisa diamati dengan adanya gelembung letupan yang terbentuk pada minyak yang semakin sedikit.
– Saat tahu bulat yang digoreng sudah berwarna kecokelatan dan kering segera diangkat. Jika kulit tahu belum benar-benar kering namun sudah diangkat akan menyebabkan tahu menjadi kempis lagi.
– Jika sudah diangkat, tahu yang masih panas ini bisa segera disajikan.

Cara membuat tahu bulat kopong bisa Anda jadikan sebagai resep pilihan di rumah yang lezat dan pastinya bergizi. Rasanya yang lezat bisa Anda jadikan sebagai camilan sehat pada saat berkumpul sehari-hari. Selain tahu bulat kopong, ada juga jenis camilan tahu bulat yang lain, yakni tahu bulat isi telur puyuh.

<

Tahu Bulat Isi Telur Puyuh

Cara Membuat Tahu Bulat telur puyuh

Cara membuat tahu bulat isi telur puyuh juga cukup mudah, bahan-bahan yang digunakan juga tidak terlalu banyak. Sehingga Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Dengan membuat sendiri tentunya bisa disesuaikan dengan keinginan dan selera masing-masing. Berikut ini resep tahu bulat isi telur puyuh yang mudah untuk dibuat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tahu 3 potong
– Telur puyuh 10 butir
– Garam secukupnya
– Gula sesuai selera
– Penyedap rasa secukupnya

Langkah-langkah membuat tahu bulat isi telur puyuh:
– Langkah yang pertama hancurkan tahu hingga benar-benar halus, kemudian tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa.
– Lalu rebus telur puyuh dan kupas kulitnya hingga bersih.
– Jika sudah dikupas hingga bersih selanjutnya bentuk bulat dan isi dengan telur puyuh kemudian goreng hingga berwarna kecokelatan.
– Saat sudah matang, tahu bulat isi telur puyuh siap dihidangkan dengan saos ataupun boncabe.

Cara membuat tahu bulat isi telur puyuh ini sangat cocok dihidangkan saat masih hangat, karena rasanya yang krispi. Namun, jika Anda ingin menyajikannya saat sudah dingin juga tidak apa-apa. Tergantung pada selera masing-masing.

Dan yang pasti disajikan dalam keadaan dingin atau panas sama-sama memiliki rasa yang enak dan gurih. Selain, resep tahu bulat isi telur puyuh, jenis resep tahu bulat yang lain yakni tahu bulat bumbu oat

<

Tahu Bulat Bumbu Oat

tahu bulat

Cara membuat tahu bulat bumbu oat juga terbilang mudah. Bahkan bagi yang belum terbiasa memasak bisa membuat tahu bulat bumbu oat ini dengan tidak kesulitan. Selain itu, rasanya yang berbeda dari jenis tahu bulat yang lain menjadikannya disukai oleh banyak orang. Berikut ini resep tahu bulat bumbu oat yang mudah untuk Anda buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan untuk membuat tahu bulat bumbu oat:
– Tahu putih 1 buah
– Telur ayam 1 butir
– Bawang putih 3 siung
– Tepung terigu 1 sdm
– Tepung sagu 1 sdm
– Garam secukupnya
– Merica bubuk secukupnya
– Kaldu bubuk secukupnya
– Minyak untuk menggoreng

Bahan oat:
– Oat 2 sdm
– Bawang putih cincang 3 siung
– Cabai bubuk 1 sdm
– Garam ½ sdt
– Mentega 1 sdm

Langkah-langkah membuat tahu bulat bumbu oat:
– Langkah yang pertama adalah buat tahu bulat terlebih dahulu.
– Kemudian haluskan tahu dan bawang putih hingga benar-benar halus. Lalu campurkan semua bahan dan aduk-aduk hingga rata.
– Jika sudah diaduk hingga rata selanjutnya panaskan minyak di wajan.
– Sambil menunggu minyak di wajan panas, buatlah adonan tahu menjadi bulat-bulat. Masak di api sedang hingga matang. Jika sudah matang angkat dan tiriskan.
– Selanjutnya buat bumbu oat.
– Panaskan mentega, lalu tumis bawang putih cincang hingga berwarna kecokelatan. Tambahkan oat, cabai bubuk, dan garam, aduk-aduk hingga rata.
– Masukkan tahu bulat ke dalam bumbu tersebut, aduk-aduk secara perlahan. Jika sudah matang segera angkat dan sajikan.

Cara membuat tahu bulat bumbu oat ini cukup mudah namun rasa yang dihasilkan sangat lezat. Tahu bulat yang memiliki rasa gurih ini juga sangat cocok digunakan sebagai lauk, sehingga rasa masakan menjadi lebih nikmat dengan tambahan lauk tahu bulat bumbu oat ini. Selain resep tahu bulat bumbu oat, resep tahu bulat lain yang tidak kalah lezat ada resep tahu bulat kress.

Tahu Bulat Kressp>tahu bulat

Cara membuat tahu bulat kress ini juga cukup mudah untuk dibuat. Bahan yang digunakan juga cukup mudah ditemukan. Rasanya yang renyah menjadikan tahu bulat kress sangat cocok sebagai camilan sehari-hari keluarga Anda.

Selain gurih, tahu bulat kress juga memiliki kandungan protein nabati yang tinggi. Berikut ini langkah-langkah membuat tahu bulat kress yang mudah untuk dilakukan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tahu Cina putih 1 buah, bisa diganti dengan tahu kuning
– Bawang putih 3 siung
– Lada bubuk secukupnya
– Telur 1 butir
– Baking powder ¼ sdt
– Penyedap rasa secukupnya
– Garam secukupnya
– Minyak goreng secukupnya
– Tepung roti

Langkah-langkah membuat tahu bulat kress:
– Langkah yang pertama haluskan tahu putih, kemudian peras atau saring agar kadar airnya berkurang dan sisihkan.
– Lalu haluskan bawang putih.
– Selanjutnya campurkan tahu, bawang putih, baking powder, lada bubuk, dan telur jadi satu. Aduk-aduk hingga rata. Lalu bentuk bulat seperti bakso dan sisihkan.
– Jika sudah dibulat-bulat kemudian gulungkan di atas tepung roti hingga rata.
– Goreng bulatan tahu yang sudah jadi hingga berwarna kuning kecokelatan. Lebih bagus lagi jika digoreng sampai terendam minyak. Jika sudah matang segera angkat dan tiriskan.
– Tahu bulat kress yang renyah siap untuk dihidangkan.

Resep membuat tahu bulat kress ini sangat mudah, sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam mempraktikannya. Selain lezat, gizi harian keluarga juga akan tercukupi karena kandungan protein pada tahu bulat sanat baik untuk kesehatan semua anggota keluarga. Selain tahu bulat kress ada juga jenis tahu bulat lain, yakni tahu bulat sate.

Tahu Bulat Sate>tahu bulat

Resep membuat tahu bulat sate ini menggunakan campuran telur puyuh, sehingga rasanya lebih lezat. Selain telur puyuh, Anda juga bisa menggunakan telur ayam sebagai penggantinya jika pembuatannya dalam jumlah banyak.

Kandungan protein yang dimiliki tentunya lebih banyak, karena ada tambahan yakni telur puyuh. Berikut ini langkah-langkah membuat tahu bulat sate yang mudah untuk Anda lakukan sendir di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tahu putih 3 potong
– Tepung terigu 1 sdm
– Telur puyuh mentah 1 butir
– Penyedap rasa secukupnya
– Garam secukupnya
– Lada bubuk ½ sdt
– Daun bawang 1 tangkai
– Bawang putih 2 siung
– Daun jeruk 1 lembar
– Saos tomat/sambal jika yang suka cocolan

Langkah-langkah membuat tahu bulat sate:
– Langkah yang pertama adalah cincang bawang putih, daun jeruk, dan daun bawang hingga halus.
– Kemudian hancurkan tahu putih. Dan buat menjadi adonan dengan dicampur bersama tepung terigu, telur puyuh, dan cincangan bahan pada poin ke 1. Selain itu, bumbu seperti lada, penyedap rasa, dan garam juga dicampurkan. Aduk-aduk hingga tercampur dengan rata.
– Lalu buat bulatan-bulatan kecil.
– Panaskan minyak dan goreng tahu bulat hingga berwarna kecoklatan.
– Kemudian tata di tusukan sate. Tambahkan saos atau sambal sesuai dengan selera. Tahu bulat sate siap untuk disajikan.

Resep membuat tahu bulat sate ini cukup mudah dan membutuhkan bahan yang tidak terlalu banyak. Anda bisa memvariasikan bumbunya dengan jenis bumbu yang lain, misalnya kecap cengek atau yang lainnya.

Sehingga rasanya bisa beragam dari waktu ke waktu. Keluarga yang menikmati masakan tahu bulat sate yang Anda miliki juga akan merasa senang karena rasanya yang nikmat dan beragam.

Itulah beberapa cara membuat tahu bulat yang bisa Anda buat dengan mudah dan membutuhkan bahan yang sederhana. Mengingat tahu merupakan makanan sejuta umat, maka peluang bisnis kuliner melalui tahu bulat juga masih terbuka lebar.

Komentar Disini