4 Cara Membuat Perkedel Kentang Enak dan Gurih

Cara Membuat Perkedel Kentang

Resepmakanan.id – Cara membuat perkedel kentang sangatlah mudah, karena hanya menggunakan bahan dasar kentang, tepung, dan telur. Makanan satu ini sering dijadikan sebagai pelengkap menu utama di meja makan.

Perkedel kentang juga sering dijumpai pada warung makan tradisional atau warteg. Apabila masyarakat Padang menyebutnya dengan paragede yaitu makanan dengan bahan utama kentang yang empuk. lembut dan lezat.

Perkedel Padang adalah yang ter lezat menurut orang-orang yang pernah merasakan perkedel Padang di rumah makan Padang, hal tersebut karena resep perkedel Padang berbeda dari resep perkedel di daerah lain. Cara membuat perkedel kentang pun sekarang ini sudah banyak variasinya, ada perkedel kentang ayam, perkedel kentang rebus, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana dan Enak:

Tentu bagi Anda dengan membuat perkedel kentang sendiri di rumah akan lebih menghemat biaya dan waktu ketika harus berjalan ke warung makan hanya untuk mendapatkan perkedel. Berikut ini ada beberapa cara membuat perkedel kentang dengan berbagai variasi yang dapat Anda ikuti di rumah.

Resep Perkedel Kentang Praktis dan Sederhana

perkedel kentang

Ketika Anda bingung untuk membuat lauk apa yang cocok disajikan untuk keluarga tercinta. Maka membuat perkedel kentang adalah solusi yang baik karena hampir semua orang akan menyukai makanan yang satu ini. Anda dapat mengikuti cara membuat perkedel kentang yang praktis dan sederhana berikut ini.

Bahan untuk membuat perkedel kentang:
– Kentang 500 gram
– Telur ayam 1 butir (pecahkan dan pisah antara kuning dan putih telur)
– Bawang putih 1 siung (iris halus dan goreng)
– Bawang merah 5 butir (iris halus dan goreng)
– Garam dapur ½ sendok teh
– Merica bubuk ¼ sendok teh
– Gula pasir secukupnya
– Daun bawang secukupnya (iris halus)
– Daun seledri secukupnya (iris halus)
– Minyak goreng secukupnya

Cara membuat perkedel kentang yang praktis dan sederhana:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah kupas kentang dan cuci hingga bersih. Selanjutnya potong kentang dengan ukuran sedang.
– Setelah kentang dipotong, siapkan panci dan rebus kentang hingga empuk kemudian tiriskan.
– Selanjutnya haluskan kentang dalam keadaan panas yang sebelumnya sudah direbus, haluskan menggunakan garpu atau dapat menggunakan alat bantu lainnya.
– Setelah halus, tambahkan ke dalam adonan kentang bawang putih dan bawang merah yang sebelumnya sudah digoreng, daun seledri, daun bawang, kuning telur, serta garam. Aduk hingga merata.
– Kemudian tambahkan merica bubuk dan gula pasir secukupnya untuk memperkuat rasa perkedel kentang. Aduk kembali hingga tercampur rata.
– Setelah dipastikan semua adonan tercampur rata, ambil sedikit adonan perkedel kentang dan bentuk bulat agak pipih. Lakukan hingga semua adonan habis.
– Setelah semua adonan dibentuk, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya. Celupkan perkedel pada putih telur yang sebelumnya sudah dikocok lepas lalu goreng perkedel dengan menggunakan api sedang. Goreng perkedel hingga berwarna kekuning emasan itu menandakan perkedel sudah matang. Angkat dan perkedel pun siap disajikan.

Sangat mudah dan praktis bukan untuk mengikuti cara membuat perkedel kentang di atas. Anda dapat menyajikan perkedel kentang bersama cabai rawit, saus sambal, atau sambal buatan Anda sendiri. Sajikan perkedel kentang selagi hangat untuk menu tambahan di meja makan Anda.

Resep Perkedel Kentang Khas Padang yang Spesial

perkedel kentang

Membuat perkedel kentang bagi Anda mungkin adalah hal yang biasa, namun tidak untuk resep perkedel kentang khas Padang yang satu ini. Memang jika dilihat dari cara pembuatan hampir sama yaitu direbus atau digoreng, yang membedakannya adalah ada pada bumbu yang digunakan. Anda dapat mencobanya sendiri di rumah dengan mengikuti langkah membuat perkedel kentang khas Padang di bawah ini.

Bahan untuk membuat perkedel kentang:
– Kentang 600 gram
– Bawang putih berukuran sedang 2 siung
– Bawang merah berukuran sedang 3 butir
– Daun bawang segar secukupnya
– Daun seledri secukupnya
– Penyedap rasa ayam 1 sendok teh
– Pala bubuk 1/6 sendok teh
– Merica bubuk secukupnya
– Minyak goreng secukupnya
– Garam dapur secukupnya
– Telur ayam 1 butir (pecahkan dan pisah antara kuning dan putih telur)

Cara membuat perkedel kentang khas Padang:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah kupas kulit kentang dan cuci bersih. Kemudian potong kecil agar mudah saat dihaluskan. Sisihkan.
– Selanjutnya kupas bawang merah dan bawang putih kemudian iris tipis kedua bawang tersebut. Sisihkan.
– Iris tipis daun bawang dan daun seledri yang sebelumnya sudah dicuci bersih.
– Selanjutnya siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Goreng kentang yang sudah dipotong kecil sampai matang dengan menggunakan api sedang. Angkat dan tiriskan.
– Selagi masih panas, haluskan kentang hingga benar-benar lembut. Sisihkan.
– Kemudian, minyak pada wajan diambil dan sisakan sedikit untuk menumis bawang merah dan bawang putih. Tumis hingga beraroma harum dan matang. Angkat dan tiriskan.
– Selanjutnya, masukan tumisan bawang merah dan bawang putih, daun seledri, dan daun bawang ke dalam kentang yang sebelumnya sudah dihaluskan. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
– Masukan penyedap rasa, garam dapur secukupnya, 1 butir kuning telur, pala bubuk, dan lada bubuk secukupnya. Aduk kembali sampai tercampur rata.
– Setelah semua adonan tercampur rata, ambil sedikit adonan perkedel dan bentuk bulat atau oval sesuai selera. Bentuk adonan hingga habis.
– Kemudian, panaskan minyak goreng untuk menggoreng. Sebelum menggoreng, celupkan perkedel kentang pada putih telur yang sebelumnya sudah dikocok lepas lalu goreng hingga matang atau berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Sangat mudah bukan untuk mengikuti cara membuat perkedel kentang khas Padang seperti di atas. Ketika Anda sedang menggoreng perkedel, agar tidak hancur maka jangan terlalu sering membolak balik perkedel ketika digoreng.

Jadi, ketika menggoreng biarkan satu sisi perkedel berubah warna baru nanti dibalik untuk menggoreng sisi perkedel yang lainnya. Nikmati perkedel selagi hangat dengan saus sambal atau dengan cabai rawit.

Resep Perkedel Kentang Ayam Saus Pedas Manis yang Super Lezat

perkedel

Jika biasanya membuat perkedel kentang hanya dengan kentang direbus kemudian dihaluskan dan diberi bumbu bawang putih, merica bubuk, dan nanti dibalut menggunakan kocokan putih telur.

Namun, saat ini membuat perkedel kentang tidak hanya menggunakan kentang saja Anda dapat membuat perkedel kentang dengan menambahkan daging sapi, daging ayam, sosis, dan lain sebagainya. Kali ini ada resep perkedel kentang ayam yang dapat Anda buat di rumah dengan mengikuti cara membuat perkedel kentang di bawah ini.

Bahan untuk membuat perkedel kentang ayam:
– Kentang berukuran besar 3 buah
– Daging ayam giling atau cincang 100 gram
– Bawang putih 4 siung (cincang halus)
– Bawang merah 4 butir (potong halus)
– Garam dapur secukupnya
– Lada bubuk secukupnya
– Minyak untuk menggoreng secukupnya
– Daun bawang 1 batang
– Telur ayam 1 butir (pecahkan pada wadah dan kocok lepas sebagai bahan pencelup)

Bahan untuk Saus Pedas Manis:
– Air bersih 180 ml
– Cuka beras 120 ml
– Gula pasir 3 sendok makan
– Kecap ikan 3 sendok makan
– Bawang putih 3 siung (cincang kasar)
– Cabai bubuk ½ sendok makan
– Tepung maizena ½ sendok the (larutkan dengan 4 sendok makan air)

Cara membuat perkedel kentang ayam:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah kupas kentang dan potong menjadi beberapa bagian. Goreng atau rebus kentang hingga kentang lunak. Angkat kentang dan masukan kentang ke dalam wadah kemudian lumatkan hingga kentang benar-benar halus. Sisihkan.
– Siapkan wajan dan panaskan minyak secukupnya, tumis bawang merah dan bawang putih hingga beraroma harum. Masukan daging ayam cincang bersama garam secukupnya dan lada bubuk secukupnya. Aduk dan masak hingga daging ayam cincang matang dan bumbu meresap sempurna. Angkat dan sisihkan.
– Selanjutnya masukan tumisan daging ayam giling ke kentang yang sudah dihaluskan, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan irisan daun bawang dan aduk kembali hingga rata.
– Ambil sedikit adonan perkedel kentang dan bentuk bulat atau oval sesuai selera. Bentuk adonan perkedel hingga semua habis.
– Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng untuk menggoreng. Sebelum menggoreng semua adonan perkedel yang habis dibentuk celupkan ke dalam wadah berisi telur yang sebelumnya sudah dikocok lepas.
Goreng perkedel dengan menggunakan ukuran api yang sedang saja, dan goreng hingga benar-benar matang dengan warna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
– Langkah berikutnya adalah membuat saus pedas manis, siapkan wajan dan rebus semua bahan kecuali tepung maizena. Rebus hingga mendidih menggunakan api kecil.
– Setelah air rebusan berkurang setengah, tuang larutan maizena dan aduk hingga merata serta mengental dan meletup-letup. Angkat dan tuang pada wadah untuk disajikan bersama perkedel kentang ayam.

Nah itulah di atas cara membuat perkedel kentang ayam pedas manis yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Anda juga bisa menggunakan dagi ayam dan sapi sebagai penggantinya. Sajikan perkedel kentang ayam pedas manis selagi hangat dan nikmati bersama nasi putih bersama keluarga tercinta.

Resep Membuat Perkedel Kentang Sayuran Merah untuk Anak Usia 1 Tahun

perkedel jamur

Bagi Anda yang bingung ketika akan menyajikan makanan untuk si buah hati yang kebetulan juga sedang susah makan, maka membuat perkedel kentang sayuran merah dapat dijadikan alternatif untuk Anda. Berikut adalah cara pembuatannya.

Bahan untuk membuat perkedel kentang:
– Kentang 300 gram (kupas, kukus dan haluskan)
– Wortel 50 gram (kupas dan cincang halus)
– Bayam merah 75 gram (rebus, peras dan cincang halus)
– Kuning telur 1 butir
– Tepung terigu 1 sendok makan
– Bawang merah goreng 1 sendok makan (haluskan)
– Lada bubuk ½ sendok teh
– Garam 1 sendok teh
– Minyak goreng 200 ml

Bahan pelapis perkedel sayuran:
– Telur ayam 1 butir (kocok lepas)
– Tepung panir 100 gram

Cara membuat perkedel kentang sayuran merah:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan wadah dan campur kentang halus bersama semua bumbu hingga tercampur rata.
– Setelah semua adonan tercampur rata, ambil sedikit adonan dan bentuk bulat hingga adonan habis.
– Celupkan perkedel ke dalam telur kocok, kemudian lumuri dengan tepung panir hingga merata. Masukan ke dalam lemari pendingin selama 30 menit.
– Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng, goreng perkedel hingga matang atau kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

Sangat mudah bukan untuk membuat perkedel kentang sayuran merah seperti di atas. Sajikan perkedel selagi hangat untuk lauk makan buah hati Anda.

Komentar Disini