4 Cara Membuat Martabak Telur Enak dan Mudah

Cara Membuat Martabak Telur

Resepmakanan.id – Cara membuat martabak telur yang enak adalah salah satu makanan yang menjadi favorit semua orang karena cita rasanya yang gurih. Penjual martabak telur banyak tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Cara membuat martabak telur yang enak ini terletak pada pembuatan kulit martabak nya baru kemudian isinya. Rasa yang enak pada kulit martabak telur dan isi martabak telur juga tidak lain karena cara pengolahan dan bahan yang digunakan untuk membuat martabak telur.

Pada pembuatan martabak telur biasanya menggunakan isian daging cincang dan berbagai bumbu lainnya. Martabak telur menggunakan telur bebek untuk mencampur isian ke kulit martabak, namun ada juga yang menggunakan telur ayam karena tidak suka dengan telur bebek atau memang menghindari telur bebek.

Mungkin Anda akan dengan mudah menemui penjual martabak telur di sekitar Anda, namun apabila Anda mencoba membuat martabak telur sendiri di rumah maka akan terasa lebih nikmat karena hasil buatan sendiri. Berikut ini ada beberapa cara membuat martabak telur yang dapat Anda ikuti di rumah.

Cara Membuat Martabak Telur yang Spesial

martabak telur

Ketika Anda sedang menikmati sore hari bersama keluarga, tentu akan lebih menyenangkan jika ada kudapan yang menemaninya. Salah satu kudapan yang enak untuk dinikmati di sore hari adalah martabak telur spesial. Anda dapat membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti beberapa cara membuat martabak telur di bawah ini.

Bahan untuk membuat martabak telur:
– Tepung terigu protein sedang 200 gram
– Garam ½ sendok teh
– Air bersih secukupnya
– Telur ayam 1 butir
– Minyak untuk menggoreng secukupnya
– Minyak untuk campuran 50 gram
– Daging sapi 250 gram (cincang kecil-kecil)
– Daun bawang segar 5 batang (cuci dan iris halus)
– Bawang putih ukuran sedang 4 siung (kupas dan iris halus)
– Bawang merah ukuran sedang 8 butir (kupas dan iris halus)
– Bawang Bombay 1 butir (kupas dan iris halus)
– Lada bubuk ½ sendok teh
– Penyedap rasa secukupnya
– Telur bebek 4 butir

Cara membuat martabak telur spesial:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat kulit martabak. Siapkan wadah yang berukuran besar. lalu masukkan tepung terigu yang sudah diayak tadi dan dicampurkan dengan garam. Aduk-aduk hingga bahan tercampur rata.
– Selanjutnya adalah masukan 1 butir telur ayam ke dalam adonan tepung. Aduk-aduk kembali hingga rata.
– Kemudian tuangkan air bersih sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan tangan, dan uleni hingga adonan kalis. Anda dapat menambahkan air jika perlu.
– Setelah semua tercampur rata, bagi adonan menjadi 2 bagian dan bentuk menjadi bulatan. Pada permukaan adonan oles menggunakan minyak goreng sedikit dan diamkan selama kurang lebih 13 menit.
– Setelah kurang lebih 13 menit, oles kembali dengan minyak goreng pada bagian luar adonan, kemudian masukan ke dalam baskom dan diamkan kurang lebih 1 jam.
– Langkah berikutnya adalah membuat isian martabak telur. Siapkan wajan dan minyak goreng sedikit, tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay yang sebelumnya sudah diris halus. Tumis hingga beraroma harum.
– Kemudian masukan daging sapi cincang atau daging giling, aduk hingga tercampur rata dan masak sampai daging sedikit matang.
– Selanjutnya masukan daun bawang dan lada bubuk. Aduk kembali dan tumis hingga semua bahan serta daging cincang matang dan bumbu meresap sempurna.
– Langkah terakhir adalah membuat martabak telur. Ambil satu adonan kulit yang sebelumnya sudah dibiarkan selama 1 jam, pipihkan adonan dengan cara menekan adonan menggunakan telapak tangan sedikit memutar hingga adonan menjadi melebar.
– Selanjutnya pegang kedua ujung adonan kulit martabak kemudian putar dari kiri ke kanan hingga adonan menjadi lebih lebar lagi. Lakukan hal tersebut hingga adonan kulit menjadi lebar sesuai keinginan dan adonan kulit pun menjadi tipis.
– Setelah kulit martabak siap, masukan isian martabak secukupnya hingga setengah bagian. Masukan ke dalam telur bebek yang sebelumnya sudah dikocok lepas dan tambahkan garam secukupnya, dan penyedap rasa secukupnya. Aduk-aduk hingga semua adonan tercampur rata.
– Kemudian tuang isian martabak ke atas kulit martabak lipat dengan cara ambil bagian ujung kulit dan lipat ke tengahnya hingga tertutup rata.
– Selanjutnya goreng martabak, jangan lupa untuk membolak balik martabak hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Itulah di atas cara membuat martabak telur yang dapat Anda ikuti di rumah. Anda dapat mengganti isian hanya dengan daun bawang atau sayur lainnya jika Anda tidak menyukai daging cincang. Untuk penggunaan telur bebek, dapat diganti dengan telur ayam jika Anda memang menghindari telur bebek.

Nikmati martabak telur dengan cabai rawit dan secangkir teh untuk menambah hangatnya kebersamaan bersama keluarga di sore hari.

Resep Martabak Telur Mini Isi Tahup>martabak telur

Martabak telur merupakan makanan yang gurih dan disukai oleh semua orang. Martabak telur mempunyai tekstur kulit yang renyah dan isian yang enak serta gurih. Jika biasanya martabak telur mempunyai isian daging cincang, kali ini untuk isian menggunakan tahu putih. Selain tidak kalah enaknya juga dari segi biaya menjadi lebih murah dan pembuatan yang simpel.

Berikut adalah cara membuat martabak telur mini isi tahu yang enak.
Bahan untuk membuat martabak telur:
– Tahu putih atau tahu Cina 1 buah
– Telur ayam atau telur bebek1 butir
– Bawang merah 5 butir
– Bawang putih 2 siung
– Cabai rawit merah 10 buah (optional)
– Daun bawang 2 batang
– Merica bubuk 1 sendok teh
– Garam secukupnya
– Gula pasir secukupnya
– Kulit lumpia siap pakai 20 lembar
– Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara untuk membuat martabak telur isi tahu:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat bumbu halus seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit merah.
– Setelah bumbu dihaluskan, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng sebanyak 2 sendok makan. Tumis bumbu halus hingga beraroma harum, kemudian tambahkan lada bubuk, garam secukupnya, dan gula pasir. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan bumbu matang.
– Selanjutnya masukan tahu yang sebelumnya sudah dihaluskan ke dalam bumbu yang di tumis, aduk rata.
– Masukan irisan daun bawang dan telur ayam atau telur bebek. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan bumbu meresap sempurna pada tahu.
– Langkah terakhir adalah membuat martabak telur dengan kulit lumpia. Siapkan 1 lembar kulit lumpia, tambahkan isian dengan adonan tahu. Bungkus kulit lumpia sehingga membentuk segi empat. Lakukan pada semua bahan martabak.
– Setelah semua kulit lumpia siap dengan isiannya. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Goreng martabak telur kulit lumpia dengan api sedang, goreng hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Itulah cara membuat martabak telur mini isi tahu dengan menggunakan kulit lumpia yang sederhana dan tentunya praktis. Anda dapat membuat kulit martabak yang buat sendiri, bukan dengan menggunakan kulit lumpia. Sajikan martabak telur isi tahu selagi hangat bersama dengan keluarga tercinta untuk menikmati waktu santai di sore hari.

Resep Martabak Telur Mini Isi Sosisfigure style="width: 1200px" class="wp-caption aligncenter">martabak telur mini
Image by: Cookpad.com

Ada berbagai macam jenis untuk isian martabak telur, seperti isi daging cincang, isi sayuran isi tahu, dan lainnya. Kali ini ada resep martabak telur isi sosis yang dapat Anda buat untuk dihidangkan sewaktu ada acara atau hanya untuk camilan di waktu santai Anda. Berikut adalah cara membuat martabak telur mini isi sosis yang dapat Anda ikuti langkah-langkahnya.

Bahan untuk membuat martabak telur:
– Kulit lumpia 10 lembar
– Telur 2 butir
– Sosis 2 buah
– Daun bawang 2 batang
– Penyedap rasa
– Merica bubuk secukupnya

Cara membuat martabak telur mini isi sosis:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan wadah dan pecahkan telur dan masukan ke dalam wadah.
– Selanjutnya masukan merica bubuk bersama penyedap rasa secukupnya.
– Kemudian masukan ke dalam wadah yang berisi telur tadi daun bawang yang sebelumnya sudah diiris tipis serta sosis yang sebelumnya juga sudah diiris tipis. Aduk-aduk hingga merata.
– Langkah selanjutnya adalah siapkan 1 lembar kulit lumpia, tuangkan 1 sendok makan adonan telur dan sosis di atas kulit lumpia. Lipat kulit lumpia sehingga berbentuk segi empat. Lakukan hingga semua adonan habis.
– Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng, goreng martabak telur hingga matang dan berwarna kecokelatan menggunakan api sedang. Angkat dan tiriskan.

Itulah cara membuat martabak telur mini isi sosis yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Anda dapat menyajikan martabak telur bersama cabai rawit dan secangkir teh di sore hari. Nikmati martabak selagi hangat.

Resep Martabak Telur Isi Sayuranp>martabak telur

Ketika Anda tidak menyukai martabak telur isi daging cincang, maka Anda dapat membuat martabak telur isi sayuran yang tak kalah enak dan menyehatkan. Cara membuat martabak telur isi sayuran ini sangat mudah, Anda dapat membuatnya ketika mendadak menginginkan camilan di sore atau malam hari. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan martabak telur isi sayuran.

Bahan untuk membuat martabak telur:
– Kulit lumpia 20 lembar
– Telur 4 butir
– Daun bawang 4 batang
– Kol 100 gram
– Garam secukupnya
– Lada bubuk secukupnya

Bahan untuk membuat acar:
– Mentimun 1 buah
– Cabai rawit secukupnya
– Gula pasir secukupnya
– Garam secukupnya
– Cuka 1 sendok makan
– Air matang ½ gelas

Cara membuat martabak telur isi sayuran:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah potong halus daun bawang serta kol atau kubis.
– Siapkan wadah dan kocok lepas telur dengan menambahkan garam dan lada bubuk secukupnya. Campurkan sayuran yang tadi sudah dipotong halus dengan kocokan telur. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
– Langkah berikutnya adalah membuat acar, ambil daging buah mentimun dan potong sesuai selera. Masukan irisan timun ke dalam wadah bersama cabai rawit, gula, garam, dan cuka. Aduk rata dan tuang air matang, aduk kembali.
– Selanjutnya membuat martabak, siapkan 1 lembar kulit lumpia dan beri isian 1 sendok makan. Lipat kulit membentuk segi empat. Goreng martabaknya hingga berwarna kecoklatan menandakan martabak sudah matang. Angkat dan tiriskan.

Sangat mudah bukan untuk membuat martabak telur isi sayuran yang menyehatkan. Sajikan martabak telur dengan acar dan nikmati martabak telur selagi hangat.

Komentar Disini