4 Cara Membuat Manisan Pepaya Segar dan Menyehatkan

Cara Membuat Manisan Pepaya

Resepmakanan.ID – Akankah anda sudah pernah mencicipi kelezatan cara membuat manisan pepaya? Dari rasa aslinya saja sudah manis apalagi jika kita membuatnya menjadi manisan. Pastinya bisa membuat kita merasa ketagihan untuk mengkonsumsinya.

Buah papaya ini memang mudah anda peroleh bahkan dari segi harga juga terbilang murah. Inilah mengapa anda bisa mencoba membuat manisan menyegarkan. Kali ini sudah tersedia beragam varian cara membuat manisan pepaya yang bakalan memikat hati para pecinta kuliner.

Tentu saja buah pepaya ini bukan hanya nikmat anda makan secara langsung namun seringkali dijadikan sebagai olahan beragam variasi. Baik itu dibuat menjadi jus buah atau bahkan manisan sekalipun.

Kini sudah tersedia beragam pilihan cara membuat manisan pepaya yang bakalan membuat anda merasa ketagihan. Sekarang ini manisan seakan menjadi panganan yang tengah populer. Bahkan banyak sekali masyarakat yang menyukai olahan tersebut.

Manisan menjadi salah satu makanan dengan cita rasa lezat dan juga manis. Apalagi rasa dasar dari buah pepaya ini memang manis. Tentunya bakalan terasa semakin manis dan juga lezat. Kali ini sudah tersedia berbagai macam cara untuk membuat manisan buah pepaya. Jika memang merasa penasaran, sebaiknya ikuti saja beberapa resep yang sudah tersedia.

Cara Membuat Manisan Pepaya Basah

manisan pepaya basah
image by: 123rf.com

Memang ada banyak sekali variasi manisan buah pepaya yang kini telah hadir di tengah kita. Kali ini variannya hadir dengan manisan pepaya basah. Mungkin banyak diantara anda yang mengenal manisan kering. Tetapi kali ini anda bisa mencobanya, dimana dari segi rasa tak kalah nikmat.

Bahan yang diperlukan:
– Pepaya mengkal 1 buah
– Garam 4 sdm + air 1 liter larutkan
– Kapur sirih 3 sdt + air 1 liter larutkan
– Gula pasir 1 kg

Cara membuat manisan pepaya basah:
1. Buah pepaya kupas kulitnya kemudian cuci sampai bersih dan belah. Biji yang berada pada bagian tengahnya sebaiknya bersihkan terlebih dahulu. Buah pepaya bisa anda potong dengan ukuran sedang saja.
2. Garam pun siap dilarutkan ke dalam 1 liter air kemudian aduk sampai merata dan sisihkan.
3. Kapur sirih pun juga dilarutkan dalam air 1 liter aduk sampai merata dan juga sisihkan.
4. Kini potongan dari daging pepaya pun bisa anda masukkan dalam larutan air garam ini. Ada baiknya anda membiarkan sampai benar layu selanjutnya tiriskan.
5. Ketika anda sudah selesai merendamnya kini rendam lagi potongan daging pepaya ini dalam air kapur sirih. Kurang lebih selama 12 jam lamanya sampai benar bersih baru kemudian tiriskan.
6. Sekarang potongan dari buah pepaya yang telah terendam dalam air kapur pun siap dipindahkan pada wadah yang baru.
7. Alangkah baiknya jika anda bisa memberikan taburan gula kurang lebih 500 gram kemudian aduk hingga tercampur rata. Biarkan saja kurang lebih 2 jam lamanya sampai bisa berair. Kini anda bisa segera meniriskannya dan menyisihkan airnya.
8. Buatlah air gula dengan mencampurkan potongan daging pepaya bersama dengan gula yang ditambah pula dengan 500 gram gula pasir.
9. Sekarang air gula pun bisa anda rebus sampai benar mengental, angkat dan juga dinginkan.
10. Potongan daging buah pepaya kini disiram dengan air gula. Jika sudah anda bisa menyimpannya dalam sebuah toples dan biarkan kurang lebih satu malam sampai bisa berair. Jika sudah tiriskan lagi potongan dari daging buah pepaya.
11. Sekarang manisan buah pepaya basah siap anda santap.

Ternyata mudah sekali langkah cara membuat manisan pepaya basah ini. Dimana siapapun tentunya bisa melakukannya sendiri di rumah. Buat anda pecinta manisan dan suka dengan buah pepaya sudah seharusnya mencoba membuatnya.

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering

manisan pepaya kering
image by: 123rf.com

Jika tadi anda sudah mencoba membuat manisan buah pepaya basah. Kali ini anda pun bisa juga mencoba untuk membuat manisan buah pepaya kering. Dimana dari segi rasanya juga tak kalah manis dan lezat. Siapapun pastinya akan merasa ketagihan jika sudah mencobanya. Supaya anda tidak merasa penasaran lagi, alangkah baiknya segera mencoba untuk membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan:
– Pepaya mengkal 10 kg
– Garam 15 gram
– Kapur sirih 300 gram
– Gula pasir 5 kg
– Air bersih matang seperlunya
– Natrium benzoat secukupnya

Langkah praktis membuat manisan pepaya kering:
1. Persiapkan dulu pepaya muda kemudian kupas dan pisahkan saja biji dari bagian dagingnya. Potonglah buah sesuai dengan selera.
2. Persiapkan larutan yang berupa campuran dari kapur sirih 300 gram dengan air 150 liter.
3. Potongan pepaya mengkal pun siap di masukkan dalam larutan baru selanjutnya diamkan kurang lebih 35 menit.
4. Angkat saja ketika tekstur dari potongan buah pepaya ini semakin keras.
5. Potongan pepaya pun bisa anda cuci sampai benar bersih supaya mampu hilangkan campuran dari rasa kapur sirihnya.
6. Jika sudah maka potongan pepaya pun siap direbus dalam air yang mendidih selama 5 menit. Baru kemudian angkat lalu tiriskan.
7. Persiapkan larutan gula dengan adanya perbandingan air sebanyak 1 liter dan gula kurang lebih 1 kg.
8. Ketika larutan tersebut sudah tercampur maka natrium benzoat pun bisa dimasukkan kemudian larutan bisa di didihkan.
9. Potongan buah pepaya mengkal masukkan saja ke dalamnya. Tunggu kurang lebih selama 11/2 jam lamanya baru api dimatikan.
10. Kini sudah siap memasuki proses pengeringan. Dimana anda bisa mengeringkannya di bawah terik sinar matahari kurang lebih 3 hari lamanya. Jika dirasa sudah kering tentunya bisa anda simpan dalam wadah.

Cara membuat manisan pepaya kering ini pastinya bisa anda coba. Dimana kali ini dari segi rasanya ternyata juga nikmat dan juga lezat. Pastinya buat anda yang suka dengan manisan kering perlu mencobanya.

Cara Membuat Manisan Pepaya Warna Warni

manisan pepaya
image by: 123rf.com

Semuanya itu memang tidak ada hal yang tak mungkin jika anda pandai berkreasi. Dimana manisan buah pepaya kering pun bisa anda tampilkan berwarna-warni. Siapa yang tidak tertarik dengan manisan buah ini jika tampilannya semakin unik. Tentunya penggemar buah pepaya pun semakin takjub dan ingin mencoba untuk membuatnya.

Bahan yang anda siapkan:
– Pepaya yang sudah tua sebanyak 2 buah
– Gula pasir sebanyak 2 kg
– Kapur sirih sebanyak 60 kg
– Garam halus cukup 5 sdm
– Air matang secukupnya saja

Cara membuat manisan pepaya kering warna-warni
1. Buah pepaya sebaiknya dikupas terlebih dahulu baru kemudian belah menjadi dua bagian. Jangan lupa juga untuk membuang bijinya.
2. Buah pepaya bisa anda iris dengan tipis sesuai keinginan.
3. Kapur sirih kini bisa anda larutkan dalam 15 liter air. Barulah rendam irisan dari buah pepaya ini didalamnya dan diamkan saja sampai benar mengeram.
4. Angkatlah rendaman dari pepaya ini baru kemudian cuci sampai bersih dengan air.
5. Kini buah pepaya pun siap anda rebus dalam air sampai mendidih selama 5 menit. Jika sudah kemudian angkat dan tiriskan.
6. Ada baiknya anda didihkan sampai larut garam bersama gula pasir ditambah juga dengan 2 liter air di atas nyala api sedang.
7. Jangan sampai lupa untuk menambahkan pewarna makanan sesuai dengan selera.
8. Masukkan saja buah papaya yang telah ditiriskan dalam larutan. Baru aduk lagi sampai merata kurang lebih 1 jam. Angkat dan juga tiriskan.
9. Selanjutnya manisan dari buah papaya ini siap anda jemur di bawah teriknya sinar matahari sampai benar kering kurang lebih 3 hari.
10. Kini manisan buah papaya pun siap anda sajikan.

Ternyata ada banyak sekali cara membuat manisan buah papaya yang telah tersedia. Memang sudah seharusnya anda mencoba untuk membuat manisan pepaya yang satu ini. Dari segi rasanya pasti bisa membuat anda merasa ketagihan untuk mencicipinya.

Cara Membuat Manisan Pepaya Pedas Manis

manisan pepaya
image by: 123rf.com

Cara membuat manisan pepaya tidak selalu begitu saja. Sekarang ini anda bisa mencoba membuat manisan pepaya dengan cita rasa pedas manis. Buat anda yang suka dengan rasa ini tentu saja bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Ikuti saja langkah cara yang sudah tersedia berikut ini.

Bahan yang diperlukan:
– Pepaya matang 1 buah
– Cabai merah 100 gram
– Gula pasir 250 gram
– Asam sitrat ¼ bungkus
– Air panas ½ liter
– Garam 2 sdm
– Penggurih manisan 1 bungkus

Cara mudah membuat manisan pepaya pedas manis
1. Pepaya dikupas kemudian potong tipis.
2. Taburi dengan garam dan remas pepaya sampai lemas kemudian tiriskan.
3. Air panas dituangkan baru kemudian aduk selama beberapa saat selanjutnya peras pepaya sampai airnya bisa berkurang banyak.
4. Masukkan lagi gula, asam sitrat dan PG kemudian aduk sampai merata.
5. Cabai direbus kemudian ulek kasar.
6. Kini anda bisa masukkan cabai dalam manisan yang telah jadi.
7. Sekarang manisan pepaya pun sudah siap disajikan.

Itulah tadi beberapa cara membuat manisan pepaya yang bisa anda coba. Dimana anda bisa membuatnya sendiri dirumah berdasarkan pada resep yang telah tersedia. Semoga saja dengan cara yang satu ini bisa membuat anda semakin suka dengan yang namanya manisan buah pepaya.

Komentar Disini