4 Cara Membuat Manisan Mangga yang Enak dan Lezat

Cara Membuat Manisan Mangga

Resepmakanan.id – Cara membuat manisan mangga terbilang cukup mudah karena manisan ini tentu saja hanya berbahan dasar buah mangga. Tujuan dari pembuatan manisan mangga ini adalah agar memberikan rasa yang berbeda pada buah mangga dan tentu saja buah mangga akan menjadi lebih awet.

Selain menjadi lebih awet, manisan mangga yang menggunakan mangga muda akan merubah rasa asam mangga muda menjadi mangga muda dengan rasa yang manis. Hal tersebut dikarenakan pada pembuatan manisan menggunakan banyak gula pasir yang akan membuatnya manis dan awet ketika disimpan untuk waktu yang lama.

Dalam pembuatan manisan mangga ada berbagai macam cara membuat manisan mangga yang dapat Anda ikuti. Bagi Anda yang ingin membuat manisan mangga maka Anda dapat mengikuti beberapa cara membuat manisan mangga seperti di bawah ini.

Langkah Langkah Cara Membuat Manisan Mangga:

Cara Membuat Manisan Mangga Pedas

manisan mangga

Siapa yang tidak suka dengan manisan mangga, hampir semua orang menyukai manisan mangga. Anda juga dapat membuat manisan mangga sendiri di rumah dengan mudah. Namun, kali ini Anda yang menyukai pedas dapat membuat manisan mangga pedas yang menggiurkan, mungkin terlihat aneh karena manisan yang biasanya manis tetapi pedas. Langsung saja ikuti cara membuat manisan mangga berikut ini.

Bahan untuk membuat manisan mangga:
– Mangga muda 500 gram
– Gula pasir 175 gram
– Air 250 ml
– Garam secukupnya
– Cabai merah keriting 4 buah

Cara membuat manisan mangga pedas:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan mangga. Kupas mangga muda hingga bersih, cuci dan potong mangga sesuai selera Anda. Sisihkan.
– Selanjutnya, siapkan panci dan rebus air, gula pasir, garam, serta cabai merah keriting hingga mendidih. Setelah air mendidih maka matikan api dan biarkan air hingga dingin.
– Setelah air dingin. Siapkan toples kaca dan masukan potongan mangga muda serta larutan gula tadi, tutup toples kaca dengan rapat.
– Kemudian simpanlah toples kaca di dalam lemari pendingin selama semalaman atau sekitar 24 jam.
– Setelah semalaman atau sekitar 24 jam, manisan mangga pedas siap untuk disajikan.

Sangat mudah bukan untuk mengikuti cara membuat manisan mangga pedas seperti di atas. Nikmati langsung setelah di keluarkan dari lemari pendingin agar sensasi nya lebih berasa.

Dalam sekali gigit akan Anda rasakan buah mangga yang dingin, manis, dan pedas. Nikmati manisan mangga pedas ini bersama keluarga ketika siang hari dan ketika cuaca sedang panas untuk menyegarkan tenggorokan Anda.

Cara Membuat Manisan Mangga Sederhana

manisan mangga

Ketika Anda melakukan perjalanan wisata biasanya akan berhenti di tempat pusat oleh-oleh dan Anda akan disajikan dengan berbagai macam makanan. Salah satunya adalah berbagai manisan yang tersedia seperti manisan pepaya, manisan kedondong, dan manisan mangga. Hampir semua orang akan memilih untuk membeli manisan mangga yang original karena rasanya yang manis dan segar.

Namun, jika Anda mempunyai mangga muda di rumah maka Anda dapat membuat manisan mangga muda original dengan mengikuti beberapa cara membuat manisan mangga berikut ini.

Bahan utama untuk membuat manisan mangga:
– Mangga muda 500 gram (kupas, cuci bersih dan potong sesuai selera)
– Kapur sirih secukupnya (larutkan dengan menggunakan air)

Bahan A untuk membuat manisan mangga:
– Gula pasir 125 gram
– Air 75 ml
– Garam secukupnya

Bahan B untuk membuat manisan mangga:
– Gula pasir 150 gram
– Air 300 ml

Cara membuat manisan mangga original:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan wadah berukuran sedang masukan potongan mangga muda bersama larutan kapur sirih. Rendam potongan mangga muda selama kurang lebih 30 menit.
– Setelah direndam selama 30 menit, cuci bersih mangga yang sudah direndam hingga tidak ada sisa kapur sirih. Karena jika masih terdapat kapur sirih, akan membuat manisan mangga menjadi pahit.
– Setelah potongan mangga muda bersih, masukan potongan mangga muda ke dalam toples kaca dan tutup rapat. Sisihkan.
– Selanjutnya siapkan panci dan masukan bahan A seperti gula pasir, air, dan garam secukupnya. Rebus bahan A hingga mendidih. Matikan api dan dinginkan air rebusan.
– Kemudian setelah larutan gula dingin, tuang ke dalam toples yang berisi potongan mangga muda. Biarkan untuk semalaman atau selama 24 jam.
– Setelah mangga muda dibiarkan semalaman, keluarkan potongan mangga muda dari toples dan tiriskan.
– Selanjutnya, siapkan panci dan masukan bahan B seperti gula pasir dan air. Rebus bahan B hingga mendidih. Matikan api dan biarkan dingin.
– Siapkan toples kaca yang baru, kemudian masukkan potongan mangga muda bersama larutan B yang sudah dingin. Masukkan ke dalam lemari pendingin, biarkan hingga dingin atau semalaman. Manisan mangga muda original siap disajikan.

Itulah cara membuat manisan mangga original yang dapat Anda ikuti langkah-langkahnya. Anda dapat membentuk potongan mangga dengan bentuk yang unik, sehingga manisan mangga akan lebih menarik.

Perlu Anda ingat ketika merebus larutan gula jangan sampai berubah menjadi karamel karena akan mempengaruhi rasa dari manisan mangga tersebut.
Sajikan manisan mangga original selagi dingin sehingga akan menyegarkan hari Anda yang panas.

Cara Membuat Manisan Mangga Kering

manisan mangga

Ketika cuaca sedang panas kemudian Anda menikmati manisan mangga maka akan membuat lidah dan tenggorokan menjadi segar. Camilan yang satu ini terbuat dari mangga muda yang biasanya terasa asam maka akan lebih manis dan dapat dikonsumsi sebagai pelepas dahaga.

Kali ini ada manisan mangga kering yang tidak kalah enak dari manisan mangga basah. Berikut cara membuat manisan mangga kering yang dapat Anda ikuti.

Bahan untuk membuat manisan mangga:
– Mangga muda atau mangga mangkal 5 buah
– Citrus acid 30 gram
– Gula pasir 1,5 kg
– Air matang 3 liter
– Sodium benzoat 3,5 gram
– Anti-oxidant 1,5 gram

Bahan untuk merendam manisan mangga:
– Gula pasir 2 kg
– Air matang 3 liter
– Citrus acid 25 gram
– Sodium benzoat 5 gram

Cara membuat manisan mangga kering:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah kupas mangga muda, cuci bersih dan potong sesuai selera Anda. Dapat dipotong dengan bentuk yang unik agar lebih menarik.
– Selanjutnya siapkan panci berukuran besar, masukan air matang dan rebus hingga mendidih. Setelah mendidih tambahkan anti-oxidant kemudian aduk hingga tercampur rata. Setelah tercampur rata, masukan potongan mangga dan rendam potongan mangga hingga beberapa menit atau selama kurang lebih 5 menit. Angkat dan tiriskan.
– Kemudian, siapkan panci berukuran besar dan masukan bahan perendam manisan mangga seperti gula pasir, air matang, citrus acid, dan sodium benzoat rebus hingga mendidih. Setelah mendidih angkat dan biarkan dingin.
– Setelah larutan dingin, masukan potongan mangga ke dalam air perendam dan biarkan selama kurang lebih 12 jam. Setelah 12 jam, angkat dan dinginkan lagi.
– Setelah potongan mangga diangkat, jangan buang air perendam karena nantinya akan dicampurkan bersama air gula dari bahan utama. Kemudian dipanaskan dengan suhu 70 derajat selama kurang lebih 10 menit.
– Diamkan kembali air gula tersebut hingga dingin. Setelah air gula tersebut dingin, maka masukan potongan mangga muda dan rendam selama kurang lebih 12 jam atau semalaman. Angkat dan tiriskan.
– Selanjutnya untuk membuat manisan mangga menjadi kering, dapat di masukan ke dalam oven selama kurang lebih 4 jam dengan suhu sekitar 60 derajat celcius.
– Setelah manisan mangga dipanggang, campur mangga dengan gula sisa dari bahan utama. Aduk hingga merata kemudian panggang kembali kurang lebih 3 jam.
– Setelah dipanggang selama 3 jam, angkat manisan mangga muda dan dinginkan. Setelah dingin masukan ke dalam toples kaca tutup dengan rapat dan simpan ke dalam lemari pendingin. Manisan mangga kering siap disajikan.

Sangat mudah bukan untuk mengikuti cara membuat manisan mangga kering di atas. Memang membutuhkan waktu yang lama, namun usaha Anda dalam membuat manisan mangga kering tidak akan menghianati hasilnya. Rasa dari manisan mangga kering sangat enak untuk dinikmati ketika baru dikeluarkan dari lemari pendingin dan sewaktu cuaca sedang panas.

Cara Membuat Manisan Mangga Tahan Lama

manisan mangga

Biasanya ketika Anda menikmati manisan mangga maka manisan mangga tersebut akan basah, namun kali ini akan dibahas manisan mangga kering yang tanpa menggunakan bahan kimia dan tentu akan terasa lebih sehat.

Meskipun cara membuat manisan mangga kering ini membutuhkan waktu lebih dari satu hari akan tetapi untuk masalah rasa tidak dapat diragukan lagi. Berikut adalah langkah untuk membuat manisan mangga kering tanpa bahan kimia.

Bahan untuk membuat manisan mangga:
– Mangga muda atau mangga mangkal 1 kg
– Gula pasir 250 gram untuk memasak bumbu
– Gula pasir 500 gram untuk melumuri mangga
– Cabai rawit merah secukupnya (haluskan)
– Cabai merah keriting secukupnya (haluskan)
– Air 1 liter
– Garam ½ sendok makan untuk melumuri
– Garam 1 sendok makan untuk merebus bersama bumbu
– Cuka 1 sendok makan

Cara membuat manisan mangga kering tanpa bahan kimia:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah kupas mangga, cuci bersih dan potong mangga secara tipis. Masukan ke dalam wadah besar. Sisihkan.
– Kemudian lumuri mangga dengan ½ sendok teh garam dan cuka. Biarkan selama 5 jam. Angkat mangga dan tiriskan.
– Selanjutnya buang sebagian air, dan sebagian air ditinggal sebagai penguat rasa.
– Langkah berikutnya adalah proses mengolah bumbu. Siapkan panci dan masak air hingga mendidih, tambahkan garam, gula cabai. Diamkan hingga bumbu larut dalam air dan air mendidih. Setelah itu masukan mangga beserta air rendaman. Biarkan selama 12 jam.
– Selanjutnya tiriskan mangga yang sebelumnya sudah direndam selama 12 jam. Air sisa rendaman dapat dipanaskan kembali dan dinginkan. Masukan kembali mangga dan rendam selama semalaman atau 12 jam.
– Kemudian, hari berikutnya tiriskan kembali mangga dari rendaman. Panggang mangga dalam oven sesuai dengan ketebalan potongan mangga.
– Angkat mangga dan campurkan dengan gula pasir, campur sampai merata. Panggang kembali hingga kering. Angkat dan dinginkan. Manisan mangga kering tanpa bahan kimia siap disajikan.

Sangat mudah bukan untuk mengikuti cara membuat manisan mangga kering yang tanpa menggunakan bahan kimia. Anda dapat menyajikan manisan mangga kering ketika cuaca sedang panas atau untuk menikmati waktu luang Anda bersama keluarga tercinta.

Komentar Disini