4 Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Lezat dan Menggugah Selera

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

Resepmakanan.ID – Cara Membuat Manisan Kolang Kaling – Pastinya anda sudah sering sekali melihat kolang kaling yang diolah menjadi apapun. Menariknya kini kolang kaling dibuat menjadi manisan. Asal dari kolang kaling ini sebetulnya berasal dari biji pohon aren.

Dari segi bentuk memang pipih bahkan ada banyak getahnya. Supaya bisa menjadi kolang kaling, pengolahan biji pohon aren pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun kini banyak orang merasa tertarik dengan cara membuat manisan kolang kaling.

Tentunya camilan berupa manisan ini nikmat jika anda konsumsi. Apalagi jika bahan yang dipergunakan untuk membuat manisan ini adalah kolang kaling berkualitas. Seakan mampu menghadirkan manisan yang lezat dan nikmat. Apabila kini anda merasa penasaran sekali dengan langkah cara pembuatan manisan kolang kaling sebaiknya perhatikan penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Fanta

Kali ini cara membuat manisan kolang kaling terbilang mudah dan juga praktis. Dimana resep yang dihadirkan mendapatkan tambahan minuman fanta. Tentu saja dari segi rasa begitu nikmat seakan membuat siapapun merasa tertarik untuk mencobanya. Supaya lebih jelas lagi sebaiknya perhatikan langkah cara membuat manisan kolang kaling fanta berikut ini.

Bahan yang diperlukan:
– Kolang kaling sebanyak 1 kg
– Fanta rasa sesuai selera 500 ml
– Gula pasir kurang lebih 250 gram
– Daun jeruk sebanyak 10 lembar
– Daun pandan sebanyak 1 lembar
– Air panas sekaligus air cucian beras

Cara membuat manisan kolang kaling fanta
1. kolang kaling sebaiknya cuci terlebih dahulu dengan air cucian beras sampai benar bersih… kemudian bilas lagi dengan air yang bersih baru tiriskan.
2. Kolang kaling kini siap untuk direndam dalam air mendidih kurang lebih beberapa menit. Setelahnya angkat dan tiriskan.
3. Kini anda bisa merebus gula, fanta, daun pandan maupun daun jeruk hingga benar mendidih.
4. Kolang kaling pun bisa anda masak kembali sampai benar mendidih kemudian biarkan kurang lebih beberapa menit.
5. Api pun bisa dimatikan selanjutnya dinginkan manisan. Sebaiknya anda menyimpannya dalam kulkas.
6. Kini manisan kolang kaling fanta siap untuk disajikan.

Ternyata bukan hanya fanta saja yang bisa anda pergunakan untuk manisan yang satu ini. Namun anda bisa mengganti fanta ini dengan sirup marjan. Pastinya banyak diantara anda yang merasa penasaran dengan cinta rasa dari manisan kolang kaling yang satu ini.

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Kenyalp>Saat ini memang banyak sekali cara membuat manisan kolang kaling yang telah hadir ditengah kita. Siapa yang tidak merasa tertarik dengan manisan kolang kaling kenyal yang satu ini.

Teksturnya ini nanti memang begitu kenyal dan juga empuk. Inilah mengapa banyak orang menyukai camilan ini. Jika memang merasa penasaran dengan cara pembuatannya. Ikuti saja langkah berikut.

Bahan yang diperlukan:
– Kolang kaling empuk 1 kg
– Gula pasir 400 gram
– Serai 4 batang memarkan
– Daun jeruk 5 lembar sobek-sobek
– Pewarna makanan dengan warna merah 5 tetes
– Pewarna makanan dengan warna hijau 5 tetes
– Garam ½ sendok teh
– Esen mawar 2 sendok teh
– Air kapur sirih 2 sendok makan

Cara membuat manisan kolang kaling kenyal
1. Terlebih dahulu sebaiknya mencuci kolang kaling dengan air bersih.
2. Selanjutnya rendam saja kolang kaling dalam air kapur sirih tadi kurang lebih 1 jam. Lalu cuci dan juga tiriskan.
3. Kukus saja kolang kaling selama 10 menit selanjutnya angkat dan diamkan sampai benar dingin.
4. Kolang kaling pun bisa dimasukkan dalam sebuah wadah selanjutnya tambah dengan serai, daun jeruk, gula, garam dan esen mawar. Kemudian aduk semuanya sampai benar merata dan gula pun bisa terlarut.
5. Sebaiknya anda membaginya menjadi 2 bagian lalu masukkan dalam wadah berbeda. Berikan masing-masing dengan warna merah dan hijau.
6. Kini anda bisa menyimpan manisan dalam toples dan masukkan saja dalam kulkas.
7. Kini kolang kaling pun siap anda sajikan.

Ternyata begitu mudah sekali langkah cara membuat manisan kolang kaling kenyal ini. Siapapun tentunya tertarik untuk membuat manisan yang satu ini. Memang tidak ada salahnya anda mencoba membuat camilan terbaru dengan rasa yang nikmat.

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Kapur Sirih>Cara membuat manisan kolang kaling bervariasi sekali. Dimana semuanya hadir dengan cita rasa yang nikmat dan menyegarkan. Kali ini anda bisa mencoba resep manisan kolang kaling kapur sirih. Jika merasa penasaran sebaiknya simak saja penjelasan berikut.

Bahan yang dibutuhkan:
– Kolang kaling 1 kg
– Air kapur sirih 2 sdm
– Gula pasir 400 gram
– Pewarna merah 5 tetes
– Pewarna hijau 5 tetes
– Daun jeruk 5 lembar sobek-sobek
– Esen mawar 2 sdm
– Serai 4 batang memarkan
– Garam ½ sdt

Langkah mudah membuat manisan kolang kaling kapur sirih
1. Kolang kaling terlebih dahulu dicuci sampai benar bersih. Rendamlah dalam air kapur sirih selama kurang lebih 1 jam. Baru kemudian tiriskan.
2. Kukus saja kolang kaling selama 10 menit selanjutnya angkat dan tiriskan sampai benar dingin.
3. Masukkan dalam sebuah mangkuk kemudian campur dengan daun jeruk, gula, garam, serai dan juga esen mawar. Aduklah semuanya sampai gulanya bisa larut. Jika sudah sebaiknya bagilah menjadi dua bagian.

Masing-masingnya bisa anda beri warna. Kini manisan pun bisa anda masukkan dalam toples dan simpan saja dalam kulkas. Jika memang anda berencana untuk menghidangkannya. Sebaiknya mengambil serai maupun daun jeruk yang ada didalamnya.

Ternyata langkah cara pembuatan manisan kolang kaling kapur sirih ini begitu mudah dan juga praktis. Dimana semua orang bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang telah tersedia.

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Dengan Sirup

Kali ini manisan kolang kaling pun hadir dengan tambahan sirup marjan merah. Dimana dari segi tampilannya terkesan menarik sekali. Hal ini bisa menjadi inspirasi tersendiri bagi anda yang memang suka sekali dengan sirup tersebut.

Kolang kalingnya saa sudah manis apalagi jika ditambah dengan sirup. Jika memang merasa penasaran dengan langkah cara pembuatannya. Ikuti saja langkahnya berikut ini.

Bahan yang diperlukan:
– 2 kg kolang kaling
– 1000 ml air cucian beras
– 100 gram gula pasir
– 500 ml air
– 4 lembar daun pandan
– 20 lembar daun jeruk
– ¼ sdt garam
– 250 ml sirup marjan merah
– 1 sdt pasta pandan

Cara membuat manisan kolang kaling sirup marjan merah
1. Sebaiknya anda memilih kolang kaling yang masih utuh dengan warna yang bening transparan. Kemudian cuci saja sampai bersih dan rendam dalam cucian air beras kurang lebih 24 jam lamanya.
2. Rendaman air beras pun dibuang kemudian cuci kembali kolang kaling sampai bersih dan tiriskan. Cuci kembali dengan menambahkan daun bambu sembari diremas kurang lebih 10 menit.
3. Jika sudah dirasa keset sebaiknya segera buang daun bambu kemudian cucilah kembali kolang kaling tadi. Bersihkan lagi dan masukkan dalam panci air tambah dengan daun jeruk, gula pasir, daun pandan, garam kemudian rebus sampai air mendidih. Jika sudah kolang kaling pun bisa dimasukkan sampai benar empuk dan air pun bisa mengental.
4. Kini sirup dan pasta pandan bisa dituangkan selanjutnya aduk saja sampai benar tercampur merata. Masak saja sampai kuah sirup tadi mengental dan bisa menyerap.
5. Ketika sudah matang sebaiknya segera angkat dan dinginkan. Simpanlah dalam sebuah wadah tertutup dan masukkan dalam kulkas. Kini manisan kolang kaling pun bisa bertahan kurang lebih 2 minggu lamanya.

Ternyata cara membuat manisan kolang kaling sirup marjan merah ini tak kalah mudah dengan yang lainnya. Dimana semua orang bisa mencobanya dirumah. Dari beberapa cara yang telah tersedia semoga saja anda merasa tertarik dengan salah satu resep yang telah tersedia.

Komentar Disini