4 Cara Membuat Kulit Lumpia Enak dan Renyah

Cara Membuat Kulit Lumpia

Resepmakanan.idCara membuat kulit lumpia memang sedikit susah karena biasanya mereka enggan membuat kulit lumpia disebabkan kulitnya yang mudah sobek. Sebelum membahas kulit lumpia, lebih baik Anda mengerti terlebih dahulu apa itu lumpia.

Lumpia adalah salah satu jenis makanan ringan yang berasal dari Semarang. Makanan ringan tersebut banyak ditemukan di daerah Semarang dan berisi rebung serta isian lainnya, jadi ketika seseorang berkunjung ke Semarang sudah dapat dipastikan akan membeli oleh-oleh lumpia khas Semarang.

Lumpia dikatakan enak memang terletak pada isiannya, namun cara membuat kulit lumpia juga salah satu kunci lumpia tersebut enak dan tampilannya pun menjadi lebih menarik.

Ada banyak penjual yang menjual kulit lumpia, namun bagi Anda yang ingin membuat lumpia sendiri maka lebih baik kulit lumpia juga dibuat sendiri karena hasil akhirnya akan lebih sehat dan ukuran kulit lumpia pun dapat kita sesuaikan sendiri. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat kulit lumpia.

Gimana Cara Membuat Kulit Lumpia?

Resep Kulit Lumpia yang Sederhana dan Praktis

kulit lumpia

Lumpia adalah kudapan yang berasal dari Semarang dengan isian rebung yang enak, lumpia dari Semarang sudah terkenal di seluruh Indonesia yang membuat siapa pun jika berkunjung ke Semarang maka akan membeli lumpia sebagai oleh-oleh.

Salah satu kunci dari lumpia yang enak terletak pada kulitnya, Anda dapat membuat kulit lumpia sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat kulit lumpia yang dapat Anda ikuti langkah pembuatannya.

Bahan untuk membuat kulit lumpia:
– Tepung terigu yang berkualitas 100 gram
– Telur ayam berukuran sedang 2 butir (pecahkan dan ambil putih telur saja)
– Minyak goreng 1 sendok makan
– Garam secukupnya
– Air matang secukupnya

Cara membuat kulit lumpia:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan wadah untuk membuat adonan utama. Masukan tepung terigu dan tambahkan garam secukupnya. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
– Setelah tercampur rata, masukan putih telur dan aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
– Setelah putih telur tercampur rata, tuang air sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung dan aduk-aduk hingga tercampur rata dan adonan menjadi kalis.
– Selanjutnya, apabila kekenyalan adonan sudah pas, diamkan adonan selama kurang lebih 45 menit.
– Jika adonan sudah didiamkan selama 45 menit, siapkan teflon dan oles terlebih dahulu dengan menggunakan margarin agar tidak lengket.
– Setelah panas, ambil adonan menggunakan sendok sayur sedikit saja agar kulit lumpia menjadi tipis dan hasilnya agar renyah.
– Ketika menggoreng, bolak balik kan kulit lumpia supaya tidak gosong dan kulit dapat matang secara merata. Angkat dan sisihkan.

Sangat mudah bukan untuk membuat kulit lumpia yang renyah seperti di atas. Dengan kulit lumpia yang renyah dan gurih seperti di atas ditambah dengan isian lumpia, tentu lumpia yang Anda buat akan menjadi lebih enak. Lebih enak ketika sudah membuat kulit langsung digunakan untuk membuat lumpia.

Resep Kulit Lumpia Basah yang Praktis

kulit lumpia

Ketika Anda sedang menikmati waktu santai Anda pada sore hari, tentu akan sangat nikmat jika ditambah dengan kudapan yang gurih. Ada banyak kudapan yang dapat disajikan, salah satunya adalah lumpia.

Lumpia mempunyai rasa yang enak dan gurih dan sangat cocok untuk menemani waktu santai Anda. Namun, sebelum Anda membuat lumpia lebih baik buatlah kulit lumpia terlebih dahulu dengan mengikuti cara membuat kulit lumpia berikut ini.

Bahan untuk membuat kulit lumpia:
– Tepung terigu berkualitas bagus 150 gram
– Telur ayam berukuran sedang 2 butir (pecahkan dan ambil putih telurnya saja)
– Minyak goreng atau margarin 1 sendok makan
– Garam secukupnya
– Air matang 300 ml atau menggunakan santan encer agar kulit lumpia jadi lebih renyah dan gurih

Cara membuat kulit lumpia basah yang praktis:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan wadah untuk bahan utama. Masukan tepung terigu bersama garam secukupnya. Aduk hingga merata.
– Selanjutnya, siapkan wadah yang berbeda dan masukan putih telur kemudian kocok lepas sebentar saja.
– Setelah putih telur dikocok lepas, masukan sebagian kocokkan putih telur ke dalam adonan tepung terigu, aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
– Tuang sedikit demi sedikit santan encer atau air matang pada adonan di atas, sambil terus diaduk hingga semua bahan dapat tercampur secara merata.
– Setelah semua bahan dipastikan tercampur rata, siapkan teflon dan panaskan menggunakan api kecil. Oles teflon dengan margarin atau minyak goreng secukupnya agar ketika adonan digoreng menjadi tidak lengket.
– Selanjutnya adalah ambil adonan kulit lumpia sedikit dan goreng pada teflon hingga menjadi setengah matang.
– Setelah adonan kulit lumpia matang, angkat kulit lumpia dan dinginkan kulit lumpia sebelum digunakan.

Sangat mudah bukan untuk mengikuti cara membuat kulit lumpia basah seperti di atas. Dengan membuat kulit lumpia sendiri maka Anda akan yakin jika bahan yang digunakan untuk pembuatan kulit lumpia terjamin kualitasnya sehingga aman untuk kesehatan. Gunakan kulit lumpia untuk membuat lumpia isi rebung, sosis, daging cincang, atau lain sebagainya.

Resep Kulit Lumpia Kering untuk Pisang Cokelat

lumpia

Ada banyak jajanan yang mempunyai rasa gurih dan enak, salah satunya adalah pisang cokelat atau yang akrab disebut dengan piscok. Piscok adalah makanan ringan dengan pisang bertabur coklat kemudian dibalut dengan kulit lumpia yang kering.

Rahasia dari renyahnya pisang coklat sewaktu digigit berasal dari kulit lumpia kering yang dibuat dengan benar. Anda dapat membuat kulit lumpia kering untuk membuat pisang coklat yang renyah dengan mengikuti cara membuat kulit lumpia berikut ini.

Bahan untuk membuat kulit lumpia kering:
– Tepung terigu berkualitas bagus 100 gram
– Telur ayam berukuran sedang 1 butir (pecahkan dan ambil putih telurnya)
– Garam secukupnya
– Minyak goreng 50 ml atau secukupnya
– Air secukupnya atau 1 gelas

Cara membuat kulit lumpia kering untuk pisang coklat:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan gelas yang berisi air, tambahkan garam secukupnya dan pastikan garam benar-benar larut dengan sempurna. Sisihkan.
– Selanjutnya adalah siapkan wadah untuk membuat adonan, masukan tepung terigu bersama putih telur. Uleni adonan menggunakan tangan Anda dan uleni hingga adonan menjadi menggumpal dan sedikit kalis.
– Langkah berikutnya adalah yang paling penting. Pada adonan tuang sedikit air garam yang sebelumnya sudah dilarutkan, uleni sehingga tekstur adonan merata. Jika belum merata, maka tuang lagi air larutan garam dan uleni kembali adonan hingga merata.
Lakukan hal tersebut jika adonan hingga tekstur adonan menjadi bisa dituang namun tidak terlalu encer. Proses tersebut adalah untuk membentuk serat pada adonan, karena jika larutan garam dituang sekaligus maka adonan tidak akan mempunyai serat dan akan mudah robek ketika digoreng.
– Langkah terakhir adalah tambahkan minyak goreng secukupnya pada adonan dan aduk-aduk hingga merata. Adonan sudah siap untuk digoreng.
– Selanjutnya siapkan teflon yang anti lengket dan panaskan terlebih dahulu teflon menggunakan api kecil.
– Kemudian untuk menggoreng, siapkan kuas yang mempunyai dimensi sedikit besar kurang lebih sebesar telapak tangan Anda. Celupkan kuas tersebut pada adonan dan oleskan di atas permukaan teflon sehingga membentuk lingkaran.
Yang perlu diperhatikan adalah sewaktu mengoles adonan jangan di atas api tetapi angkat terlebih dahulu teflon baru kemudian oles adonan. Jangan sampai terlalu tebal namun juga jangan terlalu tipis.
– Setelah mengoles adonan di atas teflon, letakan teflon di atas api dan biarkan kulit lumpia menjadi kering dan matang. Jika pinggiran kulit sudah mengelupas berarti kulit tersebut telah matang. ANgkat dan lakukan seperti itu hingga adonan habis.
– Setelah adonan matang, biarkan dingin dan dapat ditumpuk dengan memberi taburan tepung sedikit agar kulit lumpia tidak lengket satu sama lain. Kulit lumpia kering pun siap digunakan untuk membalut pisang cokelat.

Nah, itulah cara membuat kulit lumpia kering untuk membungkus pisang cokelat. Kulit lumpia yang enak akan membuat pisang coklat pun menjadi lebih enak. Kulit lumpia buatan sendiri mungkin berbeda jika dibandingkan dengan buatan pabrik, namun jika membuat sendiri Anda akan merasa yakin kualitas bahan pembuatan kulit lumpia tersebut.

Resep Kulit Lumpia Kering dan Renyah

kulit lumpia
Image by: abcdfestival.com

Hampir semua orang menyukai lumpia yang kering dan renyah atau krispi. Letak kerenyahan tersebut adalah terdapat pada kulit lumpia yang kerenyahannya bisa bertahan lama. Membuat kulit lumpia yang krispi terbilang cukup mudah asalkan Anda benar-benar mengikuti cara pembuatannya. Berikut ini adalah cara membuat kulit lumpia kering dan renyah yang dapat Anda ikuti langkah pembuatannya.

Bahan untuk membuat kulit lumpia:
– Air matang 200 ml
– Tepung terigu berkualitas 200 gram
– Minyak sayur 2 sendok makan (untuk mengoles teflon)
– Telur ayam 150 ml (untuk putih telurnya saja)
– Garam secukupnya
Cara membuat kulit lumpia yang kering dan renyah:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan wadah yang cukup besar, masukan garam secukupnya dan tepung terigu yang sebelumnya boleh di ayak terlebih dahulu. Aduk adonan hingga tercampur rata.
– Kemudian masukan putih telur, aduk kembali hingga merata.
– Setelah putih telur tercampur rata, tuang air matang sedikit demi sedikit sambil diaduk atau diuleni dengan menggunakan tangan.
– Setelah air matang habis, tetap uleni adonan hingga tercampur rata selama kurang lebih 15 menit.
– Setelah diuleni 15 menit, maka diamkan adonan selama kurang lebih 40 menit.
– Langkah berikutnya setelah adonan didiamkan selama 40 menit, siapkan teflon dan tuang 2 sendok makan minyak goreng. Panaskan menggunakan api kecil.
– Siapkan kuas dan celupkan kuas pada adonan, kemudian oleskan pada teflon dengan membentuk lingkaran. Sewaktu Anda mengoles adonan dengan kuas, angkat terlebih dahulu teflonnya kemudian oles adonan baru kemudian letakan teflon di atas kompor.
– Goreng adonan hingga matang atau pinggiran kulit lumpia terkelupas, angkat dan tiriskan. Tumpuk dengan sebelumnya diberi taburan tepung agar tidak lengket. Lakukan hingga adonan habis dan kulit lumpia siap digunakan.

Sangat mudah akan untuk mengikuti cara membuat kulit lumpia yang kering dan renyah seperti di atas. Anda dapat langsung menggunakan kulit lumpia atau Anda juga dapat menyimpannya untuk digunakan dilain waktu. Usahakan juga ketika Anda membalik kulit lumpia hanya 1 kali saja jika bagian kulit lainnya sudah berwarna kekuningan.