3 Cara Membuat Kue Ulang Tahun Enak dan Lembut

Cara Membuat Kue Ulang Tahun

Resepmakanan.id – Cara membuat kue ulang tahun sedikit sulit dan bagus tidaknya tergantung oleh kreativitas Anda dalam menghiasnya. Namun, untuk mendapatkan rasa yang enak pada kue ulang tahun tergantung dari base cake yang digunakan.

Membeli kue ulang tahun untuk merayakan hari jadi memang akan menambah spesial hari tersebut. Namun, akan lebih spesial lagi jika resep kue ulang tahun Anda buat sendiri untuk dipersembahkan kepada orang tercinta atau untuk diri sendiri.

Cara Membuat Kue Ulang Tahun yang Enak dan Mudah:

Cara membuat kue ulang tahun memang sedikit sulit dari pada Anda harus membuat cake seperti biasanya dan yang paling sulit adalah ketika harus mendekorasi kue ulang tahun sehingga mempunyai tampilan yang apik dan cantik. Anda dapat membuat kue ulang tahun sendiri di rumah dengan mengikuti cara membuat kue ulang tahun di bawah ini.

Resep Kue Ulang Tahun yang Cantik dan Sederhana

kue ulang tahun

Membuat kue ulang tahun sendiri memang mempunyai tantangan tersendiri pada proses mendekorasi nya. Untuk base cake atau cake dasar yang digunakan memang sedikit berbeda dari bolu panggang biasanya.

Karena tart ulang tahun lebih lembut dan enak. Kali ini kue ulang tahun yang akan dibuat menggunakan butter cream warna kuning dengan baluran cokelat yang terlihat cantik namun sederhana. Berikut adalah cara membuat kue ulang tahun yang cantik dan sederhana.

Bahan untuk membuat tart ulang tahun:
– Tepung terigu protein tinggi 100 gram
– Tepung maizena 40 gram
– Kuning tekur 8 butir
– Cokelat bubuk 60 gram
– Mentega 100 gram
– Gula pasir 200 gram
– Vanila bubuk ¼ sendok teh
– Whipped cream 500 gram
– pewarna makanan secukupnya
– Cokelat masak 100 gram

Cara membuat kue ulang tahun yang cantik dan sederhana:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat tart, siapkan wadah campur tepung terigu, cokelat bubuk, dan tepung maizena aduk hingga merata dan ayak. Sisihkan.
– Siapkan panci dan lelehkan mentega, ketika melelehkan jangan sampai mendidih. Sisihkan.
– Selanjutnya, siapkan wadah dan kocok kuning telur dan gula pasir hingga mengembang dan berbusa, kemudian tambahkan campuran tepung terigu yang tadi sudah diayak. Aduk atau kocok dengan kecepatan sedang hingga adonan tercampur rata.
– Selanjutnya tambahkan mentega yang sebelumnya telah dilelehkan ke dalam adonan, aduk hingga tercampur rata atau kocok dengan mixer menggunakan kecepatan sedang. Pastikan tidak ada mentega yang mengendap pada adonan agar hasil kue nanti lembut.
– Setelah semua bahan tercampur rata, masukan pada loyang yang sebelumnya sudah diolesi dengan margarin kemudian diberi alas kertas roti.
– Kemudian masukan adonan ke dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan. Panggang hingga matang dengan suhu 150 derajat, lakukan tes tusuk untuk mengetahui matang atau belum tart tersebut. Apabila tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi maka dapat dikatakan tart telah matang.
– Angkat dan biarkan dingin sebelum di hias.
– Setelah tart dingin, langkah berikutnya adalah menghias tart menjadi kue ulang tahun. Pertama whipped cream yang berwarna putih bagi menjadi 2 bagian, untuk warna putih dan warna kuning. Letakkan tart pada alas roti dan balut tart menggunakan whipped cream warna putih hingga tidak terlihat bagian tart.
– Selanjutnya pada bagian pinggiran tart semprotkan whipped cream warna kuning sehingga berbentuk bulatan cream kuning melingkar di pinggir tart ulang tahun.
– Pada bagian tepian atas siram dengan menggunakan cokelat masak yang telah dilelehkan. Buat melingkar sehingga terlihat seperti cokelat yang mengalir pada tart.
– Pada bagian permukaan tart dapat ditulisi nama Anda atau nama orang yang berulang tahun beserta dengan lilin ulang tahunnya. Kue ulang tahun siap disajikan.

Itulah cara membuat kue ulang tahun yang sangat sederhana namun tetap terlihat cantik, terlebih tart ulang tahun tersebut adalah buatan Anda sendiri. Untuk membuat tart, Anda dapat mengganti mentega dengan margarin. Penggunaan warna pada tart ulang tahun juga dapat disesuaikan dengan warna favorit Anda.

<

Resep Kue Ulang Tahun Cokelat yang Sederhana

kue ulang tahun

Untuk membuat kue ulang tahun Anda dapat membuat kue ulang tahun dengan base cake yang Anda sukai, dapat berupa brownies, kue lapis Surabaya, atau jenis cake lainnya. Seperti kali ini adalah cara membuat kue ulang tahun dengan base cake cokelat yang disukai oleh banyak orang.

Rasa lembut dari tart dan hiasan butter cream dan cokelat akan membuat kue ulang tahun tersebut terlihat sangat mewah dan menarik. Berikut adalah cara membuat kue ulang tahun cokelat yang dapat Anda ikuti.

Bahan untuk membuat kue ulang tahun cokelat:
– Tepung terigu protein sedang 150 gram
– Kuning telur 8 butir
– Gula pasir 200 gram
– Emulsifier 1 sendok makan
– Cokelat bubuk 50 gram
– Susu bubuk 50 gram
– Cokelat masak 100 gram
– Mentega 150 gram
– Buah cherry untuk hiasan secukupnya

Cara membuat kue ulang tahun cokelat:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan wadah, campur tepung terigu, susu bubuk, dan cokelat bubuk, aduk hingga merata dan ayak. Sisihkan.
– Selanjutnya siapkan wadah dan kocok kuning telur bersama gula pasir dan emulsifier bisa menggunakan ovalet atau BP, kocok menggunakan mixer hingga mengembang dan kental berjejak.
– Setelah adonan mengembang dna kental, masukkan campuran tepung terigu yang sudah di ayak sedikit demi sedikit sambil terus dikocok menggunakan kecepatan sedang.
– Tambahkan mentega yang sebelumnya sudah dilelehkan sedikit demi sedikit, kocok kembali dengan kecepatan sedang atau gunakan teknik aduk balik dengan menggunakan spatula. Pastikan mentega leleh tercampur rata pada adonan jangan sampai ada yang mengendap di adonan.
– Kemudian tuang adonan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi dengan mentega atau margarin dan diberi alas kertas roti. Anda dapat menggunakan bentuk loyang persegi, bulat, atau bentuk hati.
– Masukan loyang ke dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan. Panggang dengan suhu kurang lebih 180 derajat atau sekitar 30 menit, panggang hingga tart cokelat matang. Untuk mengetahui apakah sudah mateng kue yang sedang di kukus, sebaiknya menggunakan sebuah tusuk gigik, jika tusuk gigi yang digunakan untuk mengetahui sudah matang atau tidak dilihat dari menempelnya tusuk gigi itu sendiri. Angkat dan diamkan hingga dingin.
– Setelah dingin, langkah terakhir adalah menghias kue ulang tart cokelat untuk dijadikan kue ulang tahun. Siapkan whipped cream dan oles pada seluruh permukaan tart cokelat. Tutup hingga tidak ada tart yang kelihatan.
– Selanjutnya adalah tambahkan cokelat masak yang diris tipis pada samping tart. Semprotkan butter cream pada permukaan tart dan tambahkan buah cherry di atasnya. Kue ulang tahun cokelat pun siap disajikan.

Nah, sangat mudah bukan untuk mengikuti cara membuat kue ulang tahun cokelat seperti di atas. Apabila Anda tidak mempunyai mentega, maka gantilah dengan margarin yang dilelehkan. Pada saat melelehkan mentega usahakan jangan sampai mendidih untuk hasil tart yang lebih baik.

Anda juga dapat mengganti hiasan dengan butter cream berwarna cokelat dan juga dapat menggunakan cokelat masak leleh yang disiram pada permukaan tart ulang tahun.

<

Resep Kue Ulang Tahun Rasa Tiramisu yang Lezat dan Sederhana

Ada banyak kue dasar untuk membuat kue ulang tahun, salah satunya adalah tiramisu yang sangat menggiurkan dan menggugah selera Anda untuk menikmati kue ulang tahun. Anda dapat membuat tiramisu untuk dijadikan kue ulang tahun Anda yang lezat, simpel, dan sederhana.

Berikut adalah cara membuat kue ulang tahun dengan base cake tiramisu yang dapat Anda ikuti langkah pembuatannya.

Bahan untuk membuat kue:
– Tepung terigu protein sedang 75 gram
– Emulsifier 1 sendok teh
– Gula pasir 60 gram
– Margarin atau mentega 30 gram
– Telur ayam berukuran sedang 3 butir

Bahan untuk membuat vla krim:
– Keju cheddar parut 50 gram
– Cokelat bubuk 1 sendok teh
– Tepung maizena 20 gram
– Gula pasir 20 gram
– Krim bubuk 50 gram
– Susu cair 250 ml
– Air es 100 ml

Bahan untuk larutan kopi:
– Cokelat bubuk untuk taburan secukupnya
– Kopi instan ½ sendok makan
– Gula pasir 1 sendok makan
– Air mendidih 100 ml

Bahan topping:
– Air es 150 ml
– Krim bubuk 75 gram

Cara membuat kue ulang tahun tiramisu yang mudah dan sederhana:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan panci dan lelehkan margarin atau mentega, jangan sampai mendidih. Sisihkan agar dingin.
– Selanjutnya siapkan sebuah wadah dan masukan beberapa bahan seperti telur, emulsifier bisa menggunakan ovalet ataupun TBM, dan gula pasir. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi, kocok hingga mengembang dan kental berjejak.
– Setelah mengembang dan kental, tambahkan tepung terigu yang sebelumnya sudah di ayak sedikit demi sedikit, sambil teris dikocok dengan mixer berkecepatan sedang hingga tercampur rata.
– Selanjutnya, tambahkan margarin atau mentega yang sudah dilelehkan sedikit demi sedikit, kocok dengan kecepatan sedang atau menggunakan teknik aduk balik dengan menggunakan spatula. Pastikan margarin atau mentega leleh tercampur rata dan tidak mengendap.
– Setelah semua bahan tercampur rata, tuangkan pada loyang berukuran 20x20x4 cm yang sebelumnya sudah di oles dengan margarin dan di beri alas kertas roti.
– Kemudian masukkan ke dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan, panggang dengan suhu sekitar 190 derajat dan panggang selama kurang lebih 20 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk, jika tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi itu berarti kue sudah matang. Angkat, keluarkan dari loyang dan biarkan sampai dingin.
– Belah kue menjadi 2 bagian. Sisihkan.

Cara membuat krim:
– Selanjutnya adalah membuat krim, siapkan wadah dan masukan krim bubuk dan air es, kocok sampai mengembang dan tercampur rata. Masukan ke dalam lemari pendingin. Sisihkan.
– Siapkan panci, rebus susu dan gula pasir kemudian aduk-aduk hingga larut.
– Tambahkan keju cheddar parut dan aduk kembali hingga rata. Masukan larutan tepung maizena dan aduk hingga matang serta meletup-letup. Matikan api.
– Campur adonan dengan kocokan krim tadi, kocok hingga merata.
– Kemudian ambil satu lembar kue yang tadi di belah, letakkan pada tatakan kue dan siram adonan di atas bersama kopi yang sudah dilarutkan.
– Setelah itu, tuangkan VLA pada permukaan kue dan tutuplah dengan belahan kue yang satunya. Tutup kembali dengan larutan kopi secara rata.
– Langkah terakhir adalah, semprot bagian atas dengan krim dan bekukan di dalam lemari pendingin. Sajikan dengan memberikan taburan cokelat bubuk di atasnya.

Itulah cara membuat kue ulang tahun tiramisu yang sangat mudah dan tentu sudah terbayang akan kelezatan nya. Anda dapat memberikan ceri sebagai pemanis pada kue ulang tahun. Sajikan kue ulang tahun buatan Anda sendiri untuk sesorang yang spesial.

Komentar Disini