3 Cara Membuat Kue Lapis Enak dan Kenyal

Cara Membuat Kue Lapis

Resepmakanan.id – Cara membuat kue lapis yang enak adalah menggunakan tepung beras namun kembali lagi menurut selera masing-masing dan menurut resep dari daerah masing-masing. Ada juga kue lapis yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu dan tepung kanji.

Kue lapis sendiri merupakan jajanan tradisional yang tergolong ke dalam kue basah yang sangat enak. Tekstur dari kue lapis ini sangat kenyal dengan warna-warni yang menarik sehingga dapat membuat siapa pun akan tergoda untuk mencobanya.

Cara membuat kue lapis yaitu dengan cara adonan yang diberi warna disusun secara berlapis sehingga kue lapis ini akan mempunyai warna yang menarik. Kue lapis biasa disajikan ketika ada acara tertentu atau hanya sekadar untuk camilan di sore hari untuk mengisi waktu luang.

Anda dapat membuat kue lapis sendiri di rumah dengan mudah karena akan lebih praktis dan tentu saja akan lebih hemat dibandingkan harus membelinya di toko-toko kue. Di bawah ini ada beberapa resep cara membuat kue lapis yang dapat Anda ikuti.

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras yang Paling Enak

kue lapis

Hampir semua orang menyukai jajanan tradisional yang dijual di pasar atau pedagang di pinggir jalan. Banyak resep kue tradisional yang enak, salah satunya adalah kue lapis. Kue lapis sendiri adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung beras.

Teksturnya yang kenyal dan warnanya yang menarik membuat semua orang menyukai kue tradisional yang satu ini. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue lapis, dapat mengikuti cara membuat kue lapis dari tepung beras berikut ini.

Bahan untuk membuat kue lapis:
– Tepung beras 185 gram
– Gula pasir 150 gram
– Garam ½ sendok teh
– Pewarna hijau 7 tetes
– Santan dari ½ butir kelapa 800 ml
– Vanili bubuk 1/8 sendok teh

Cara membuat kue lapis tepung beras yang kenyal dan enak:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat adonan untuk kue lapis. Siapkan wadah ukuran yang sedikit lebih besar untuk membuat bahan adonan. Masukan tepung beras, garam, vanili bubuk, dan gula pasir. Aduk-aduk campuran bahan hingga tercampur rata.
– Selanjutnya masukan santan yang sudah disiapkan sebelumnya, tuang sedikit demi sedikit ke dalam campuran adonan tepung beras sambil terus diaduk-aduk hingga merata dan adonan menjadi licin.
– Kemudian bagi adonan menjadi dua bagian apabila adonan sudah tercampur dengan rata. Untuk adonan bagian pertama biarkan agar berwarna putih. Selanjutnya adonan yang kedua tambahkan pewarna makanan warna hijau, aduk-aduk hingga merata. Sisihkan.
– Langkah berikutnya adalah membuat kue lapis tepung beras, siapkan loyang yang akan digunakan untuk mengukus kue lapis. Alasi loyang dengan menggunakan plastik dan sebelum diberi alas plastik oles loyang dengan minyak goreng. Siapkan panci kukusan dan masukan loyang ke dalam panci kukusan, biarkan loyang menjadi benar-benar panas.
– Kemudian setelah loyang benar-benar panas tuang sedikit adonan putih ke dalam loyang dengan menggunakan sendok sayur. Kukus adonan putih selama kurang lebih 5 menit atau sampai adonan memiliki tekstur yang sedikit mengeras.
– Selanjutnya tuang kembali adonan yang berwarna hijau dengan menggunakan sendok sayur. Kukus kembali adonan hingga adonan hijau menjadi sedikit mengeras.
– Setelah adonan hijau mengeras, maka tuang kembali adonan putih sehingga menutupi adonan hijau. Kukus kembali hingga adonan putih mengeras atau sekitar 5 menit. Lakukan hal tersebut hingga adonan kue lapis habis.
– Kemudian setelah semua adonan kue lapis habis, untuk membuat kue lapis menjadi benar-benar matang maka kukus kue lapis selama kurang lebih 10 menit.
– Setelah dikukus sekitar 10 menit dan kue lapis matang, matikan kompor dan angkat loyang kue lapis. Diamkan kue lapis hingga benar-benar dingin.
– Potong kue lapis sesuai selera Anda setelah kue lapis tersebut dingin. Letakkan pada piring saji atau agar tidak lengket Anda dapat membungkusnya dengan plastik.

Sangat mudah bukan untuk mengikuti cara membuat kue lapis tepung beras seperti di atas. ketika membuat kue lapis lebih baik gunakan panci kukusan yang mempunyai lubang kecil-kecil dan lebih baik untuk tutup panci kukusan terbuat dari kaca.

Namun jika Anda tidak mempunyai tutup panci yang terbuat dari kaca, lebih baik bungkus tutup panci menggunakan kain yang bersih agar air tidak menetes pada adonan kue lapis.
Pastikan juga kue lapis benar-benar keras sebelum Anda menuangkan adonan berikutnya. Sajikan kue lapis tepung beras bersama secangkir teh hangat atau secangkir kopi.

Resep Kue Lapis Tepung Terigu yang Sederhana dan Nikmat

kue lapis

Jajanan tradisional kue lapis adalah jajanan yang mempunyai tekstur kenyal serta tampilannya yang menarik dengan warna berlapis. Kue tradisional ini biasanya dibuat dengan menggunakan tepung beras, namun kali ini Anda harus mencoba resep dan cara membuat kue lapis dengan menggunakan tepung terigu. Selain bahan yang digunakan mudah ditemukan, cara membuatnya pun sangat mudah. berikut adalah langkah untuk membuat kue lapis tepung terigu yang dapat Anda ikuti.

Bahan untuk membuat kue lapis tepung terigu:
– Tepung terigu 500 gram
– Santan yang diambil dari ½ butir kelapa 1.750 ml
– Gula pasir 300 gram
– Cokelat bubuk 2 sendok
– Garam secukupnya
– Air daun suji 50 ml

Cara membuat kue lapis tepung terigu:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat adonan kue lapis. Siapkan wadah dan masukan tepung terigu, garam, dan gula pasir. Aduk hingga tercampur rata.
– Kemudian tuang santan yang sudah disiapkan sebelumnya secara sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan tepung tidak ada yang menggumpal.
– Selanjutnya setelah semua bahan tercampur rata, bagi adonan menjadi 3 bagian di wadah yang berbeda. Pada adonan pertama tambahkan cokelat bubuk yang sebelumnya sudah dicairkan dengan sedikit air dan aduk hingga merata. Kemudian pada adonan yang kedua tambahkan air daun suji, aduk hingga tercampur rata. Dan untuk adonan yang ketiga biarkan menjadi warna putih.
– Langkah berikutnya adalah membuat kue lapis. Selanjutnya panci untuk kukusan dan loyang disiapkan yang akan digunakan untuk mengukus kue lapis. Oles loyang dengan minyak goreng sedikit hingga merata, kemudian alasi loyang menggunakan plastik agar kue lapis nanti tidak lengket.
– Panaskan loyang dalam panci kukusan hingga benar-benar panas. Kemudian tuang adonan berwarna putih sedikit dengan menggunakan sendok sayur, kukus adonan hingga mengeras atau sekitar 5 menit.
Selanjutnya tuang adonan berwarna hijau untuk lapisan yang kedua, kukus kembali hingga mengeras atau sekitar 5 menit. Tuang kembali adonan warna cokelat dengan menggunakan sendok sayur untuk lapisan ketiga. Kukus hingga mengeras. Lakukan hal tersebut sampai adonan habis.
– Setelah adonan habis, Anda dapat kukus kue lapis untuk memastikan kematangannya selama kurang lebih 10 menit.
– Setelah matang, matikan kompor dan angkat kue lapis biarkan hingga dingin. Setelah dingin maka potong kue lapis sesuai selera Anda dan kue lapis tepung terigu siap untuk disajikan.

Nah, itulah di atas resep dan cara membuat kue lapis tepung terigu yang dapat Anda ikuti. Perhatikan ketika membuat adonan karena jika Anda tidak menuangkan santan sedikit demi sedikit dikhawatirkan tepung terigu ada yang masih menggumpal dan akan membuat kue lapis menjadi tidak lembut.

Sajikan kue lapis tepung terigu bersama secangkir teh atau secangkir kopi panas untuk mengisi waktu bersantai Anda bersama keluarga.

Resep Kue Lapis Tepung Ketan yang Enak dan Sederhana

kue lapis ketan

Kue lapis adalah jenis kue basah yang mempunyai ciri khas tersendiri yaitu warna yang berlapis dan menarik serta harga yang cukup murah. Hal tersebut membuat hampir semua orang menyajikan kue lapis ketika sedang ada acara atau hanya untuk dijadikan camilan bersama keluarga.

Apabila bisanya kue lapis dibuat dengan menggunakan tepung beras, kali ini Anda dapat membuat kue lapis dengan menggunakan tepung ketan. Berikut adalah resep dan cara membuat kue lapis tepung ketan yang enak dan sederhana.

Bahan untuk membuat kue lapis:
– Tepung beras ketan 100 gram
– Tepung kanji 150 gram
– Santan kelapa 800 ml
– Gula pasir 350 gram
– Pewarna makanan cokelat
– Garam ½ sendok teh
– Cokelat bubuk 1 sendok makan
– Daun pandan 2 lembar

Cara membuat kue lapis tepung beras ketan:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat adonan kue lapis, siapkan wadah berukuran sedang dan masukan santan kelapa. Rebus santan kelapa bersama gula pasir, garam, dan daun pandan yang sebelumnya sudah di cuci bersih. Aduk-aduk secara perlahan hingga gula larut dan santan pun mendidih. Matikan kompor dan sisihkan.
– Selanjutnya siapkan wadah dan masukan tepung beras ketan bersama tepung kanji, aduk hingga tercampur rata.
– Kemudian tuang santan sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung, aduk-aduk hingga merata dan adonan menjadi kalis serta lembut.
– Bagi adonan menjadi dua bagian dalam wadah yang berbeda.
– Pada adonan pertama tambahkan pewarna cokelat dan cokelat bubuk, aduk hingga merata. Untuk adonan kedua biarkan berwarna putih.
– Langkah berikutnya adalah membuat kue lapis, siapkan loyang untuk mengukus kue lapis. Oles loyang dengan minyak goreng dan beri alas plastik.
– Masukan loyang dalam panci kukusan dan panaskan loyang hingga benar-benar panas. Tuang sedikit adonan berwarna putih menggunakan sendok sayur ke dalam loyang, kukus hingga adonan menjadi mengeras atau sekitar 5 menit.
– Setelah adonan putih mengeras, tuang sedikit adonan berwarna cokelat menggunakan sendok sayur, kukus kembali hingga adonan menjadi keras. Setelah mengeras, tuang adonan berwarna putih dan kukus kembali hingga mengeras. Lakukan hal tersebut hingga adonan kue lapis habis.
– Setelah adonan kue lapis habis dan untuk memastikan adonan matang maka kukus adonan kue lapis selama kurang lebih 10 menit atau sampai kue lapis benar-benar matang.
– Setelah matang, angkat kue lapis dan biarkan kue lapis menjadi dingin. Selanjutnya potong kue lapis sesuai selera dan sajikan menggunakan piring saji.

Sangat mudah bukan untuk membuat kue lapis tepung beras ketan seperti di atas. Cara membuat kue lapis menggunakan tepung beras ketan dan campuran kanji akan membuat kue lapis menjadi lembut dan kenyal. Anda dapat mengganti warna kue lapis sesuai dengan selera. Nah untuk bisa menikmati hidangan kue lapis lebih nikmat ditemani secangkir teh hangat dan secangkir kopi.

Komentar Disini