3 Cara Membuat Gado Gado Enak dan Lezat

Cara Membuat Gado Gado

Resepmakanan.id – Cara membuat gado gado yang enak dan sederhana banyak diminati oleh kalangan ibu-ibu sebagai bentuk variasi dalam menyajikan sayuran untuk makanan sehari-hari.

Gado gado adalah makanan khas Indonesia yang berisi berbagai jenis sayur-sayuran yang telah direbus terlebih dahulu kemudian dicampur menjadi satu dan di atasnya disiram sambal kacang tanah yang telah dihaluskan dan diberi irisan telur serta bawang goreng. Gado-gado yang mirip seperti salad ini dapat disantap bersama lontong atau dengan nasi putih.

Cara membuat gado gado yang enak cukup mudah, karena semua bahan tersedia di sekitar Anda. Ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengkonsumsi gado gado tersebut, yaitu kandungan gizi dari makanan ini cukup lengkap karena menggunakan sayuran yang banyak seperti kangkung, kentang, mentimun, serta sayuran lainnya, sehingga akan sangat cocok untuk Anda yang vegetarian. Sekarang ini ada banyak cara membuat gado-gado yang bumbunya sesuai dengan daerah masing-masing.

Untuk Anda yang ingin makan gado-gado dapat membelinya di pedagang kaki lima atau warung makan yang menjual gado-gado. Namun, untuk memberi kepuasan tersendiri lebih baik Anda mencoba untuk cara membuat gado gado sendiri di rumah ketika akan ada acara khusus atau hanya sebagai variasi makanan sehari-hari. Berikut ini ada beberapa resep gado-gado yang enak dan praktis.

Cara Membuat Gado Gado yang Enak dan Sederhana

gado gado

Ketika Anda dan keluarga harus mengkonsumsi sayur-sayuran yang banyak, mungkin Anda akan merasa bosan. Maka resep gado-gado dapat dijadikan alternatif untuk Anda dalam menyajikan sayuran yang lebih enak dan berbeda dari biasanya.

Anak Anda pun akan tertarik cara mencoba gado gado yang terdapat banyak sayur di dalamnya namun dengan saus kacang tanah yang tidak pedas. Berikut ini ada cara cara membuat gado gado yang enak dan sederhana yang dapat Anda ikuti.

Bahan untuk sayuran membuat gado-gado:
– Kentang 5 buah (rebus dan potong berbentuk dadu)
– Tempe 1 potong yang berukuran 10 x 10 cm (goreng)
– Mentimun 2 buah
– Taoge 100 gram (rendam air panas)
– Kol atau kubis 100 gram (kukus hingga matang)
– Kangkung 1 ikat (kukus hingga matang)

Bahan untuk saus kacang atau sambal gado-gado:
– Kacang tanah 200 gram
– Cabai merah 5 buah
– Cabai rawit 2 buah
– Kencur 1 cm
– Bawang putih berukuran besar 3 siung
– Jeruk nipis 1 buah
– Gula merah atau gula Jawa 1 kerat atau secukupnya
– Garam secukupnya
– Minyak goreng secukupnya untuk menumis
– Kecap manis : secukupnya

Cara membuat gado-gado yang enak dan sederhana:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah bersihkan kacang tanah dan goreng menggunakan api kecil. Goreng hingga matang.
– Setelah selesai menggoreng kacang tanah, selanjutnya panaskan sedikit minyak goreng. Tumis cabai merah, cabai rawit, dan bawang putih. Tumis bumbu hingga beraroma harum.
– Setelah bumbu selesai di tumis, angkat bumbu, tiriskan, dan ulek bumbu hingga halus seperti cabai merah, cabai rawit, bawang putih, kencur, gula merah, serta garam secukupnya. Ulek hingga benar-benar halus.
– Tambahkan kacang tanah yang sebelumnya sudah digoreng, ulek kembali hingga halus. Anda dapat menggunakan blender jika tidak bisa mengulek bumbu dan kacang tanah. Sisihkan.
– Selanjutnya tambahkan air matang dan jeruk nipis pada ulekan kacang tanah dan bumbu, aduk-aduk hingga tercampur rata.
– Langkah yang terakhir adalah menyajikan gado-gado, siapkan piring saji dan letakkan sayuran yang telah dikukus sebelumnya. Atur dengan rapi agar terlihat menarik, tuang sambal atau saus gado-gado secukupnya, kecap manis sedikit, serta beri taburan bawang goreng agar lebih gurih.
– Tambahkan kerupuk di atasnya atau emping dan gado-gado siap dihidangkan.

Sangat mudah bukan untuk cara membuat gado gado seperti di atas. Anda dapat menambah cabai agar sambal gado-gado menjadi super pedas. Untuk sayuran yang digunakan, Anda dapat menambah beberapa jenis sayuran sesuai dengan selera Anda. Buatlah sambal gado-gado yang enak, karena kelezatan gado-gado terletak pada sambal kacang tanahnya. Anda dapat menyajikan gado-gado dengan nasi putih atau lontong.

Resep Gado-Gado Siram Khas Jawa Timur yang Lezat

gado gado

Ketika cuaca sedang panas tentu akan membuat Anda menginginkan makanan yang pedas manis bukan? Maka cobalah cara membuat gado gado siram khas Jawa Timur yang akan membuat hari Anda yang panas menjadi lebih bersemangat karena kesegaran dari selada keritingnya yang memang tidak direbus, serta rasa pedas manis dari sambal kacang tanahnya. Berikut ini adalah cara membuat gado gado siram khas Jawa Timur yang lezat.

Bahan untuk membuat gado-gado siram:
– Tahu goreng 3 buah (potong berbentuk dadu)
– Tempe goreng 3 buah ( potong bentuk dadu)
– Telur ayam rebus 3 butir (belah menjadi 2 bagian)
– Kentang berukuran besar 300 gram (rebus kemudian potong berbentuk dadu)
– Tomat berukuran sedang 2 buah
– Mentimun 3 buah (potong kira-kira setebal ½ cm)
– Daun selada keriting 2 ikat (iris sesuai selera)
– Taoge 50 gram (seduh dengan air mendidih, tiriskan)
– Kacang panjang 1 ikat (rebus hingga matang, tiriskan dan potong-potong berukuran 3 cm)
– Daun kol 150 gram (rebus hingga matang, tiriskan dan potong sesuai selera)
Bahan untuk membuat saus atau sambal kacang:
– Kacang tanah 2000 gram (sangrai atau goreng hingga matang, buang kulit arinya, dan tumbuk hingga halus)
– Kacang mede 50 gram (sangrai atau goreng hingga matang dan tumbuk hingga halus)
– Santan 350 ml
– Bawang putih 5 siung
– Cabai merah keriting 2 buah
– Daun jeruk 3 lembar
– Cabai rawit 2 buah
– Gula merah 75 gram
– Garam secukupnya
– Air asam Jawa 3 sendok makan
– Kaldu bubuk secukupnya

Bahan pelengkap untuk gado-gado:
– Lontong (kupas dan potong sesuai selera)
– Kerupuk udang secukupnya
– Emping goreng secukupnya
– Bawang goreng secukupnya

Cara membuat gado-gado siram khas Jawa Timur yang lezat:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat saus kacang atau sambal kacang. Bawang putih, cabai keriting, dan cabai rawit dihaluskan kemudian tumis hingga harum. Kemudian masukkan daun jeruk serta tumis kembali hingga harum.
– Setelah bumbu harum, tuang santan bersama kacang tanah dan kacang mede tumbuk dan aduk hingga rata.
– Tambahkan irisan gula merah, garam, air asam jawa, dan kaldu bubuk, aduk-aduk hingga mendidih dan rasa sudah pas maka angkat dan tiriskan. Jika sambal masih terlalu kental, tambahkan sedikit air matang.
– Langkah terakhir adalah penyajian gado-gado siram, siapkan piring saji kemudian letakkan sayur-sayuran yang sebelumnya sudah di rebus kecuali selada keriting, tahu goreng, tempe goreng, telur rebus, dan lontong yang sudah dipotong dengan rapi. Selanjutnya tuangkan saus kacang di atas permukaan sayur hingga semua sayur tertutup oleh saus kacang.
– Tambahkan taburan bawang goreng di atasnya, dan kerupuk.

Itulah di atas cara cara membuat gado gado siram khas Jawa Timur yang sangat enak dan banyak disukai oleh semua orang. Dari segi tampilan juga gado-gado ini sangat menarik dengan saus kacang yang menyelimuti semua sayuran dan selada keriting yang segar menambah tampilan gado-gado semakin menarik.

Apabila tidak mendapatkan kacang mede, maka gunakan kacang tanah seluruhnya. Anda juga dapat mengganti lontong dengan nasi putih. Sajikan gado-gado siram khas Jawa Timur bersama keluarga tercinta.

Resep Gado-Gado Khas Solo yang Sehat dan Gurih

gado gado

Siapa yang tidak mengetahui Solo? Banyak kuliner khas Solo yang terkenal karena kreativitas dan keberagaman kuliner yang enak dan mempunyai ciri khas tersendiri. Seperti makanan sehat yang satu ini, yaitu gado-gado khas Solo yang terkenal menyehatkan dan gurih. Cara membuatnya gado gado khas Solo ini pun tak begitu sulit, berikut adalah langkah untuk cara membuat gado gado khas Solo yang dapat Anda ikuti.

Bahan untuk membuat gado-gado:
– Tempe ½ papan (goreng dan potong bentuk dadu)
– Tahu China ½ buah (goreng dan potong bentuk dadu)
– Kol 100 gram (bersihkan dan iris sesuai selera)
– Wortel 1 buah (kupas kulitnya dan iris sesuai selera)
– Kentang berukuran besar 1 buah (bersihkan, rebus dan potong bentuk dadu)
– Mentimun 1 buah (potong dengan tebal ½ cm)
– Buncis 50 gram (bersihkan dan potong dengan panjang 3 cm)
– Telur ayam 1 buah (rebus dan belah menjadi 2 bagian)
– Daun selada keriting 1 ikat (petiki daunnya)
– Kerupuk merah secukupnya

Bahan untuk membuat sambal kacang tanah:
– Kacang tanah 150 gram (sangrai atau goreng hingga matang, tumbuk kacang hingga halus)
– Kemiri 3 butir
– Bawang putih 3 siung
– Santan sedang 300 ml
– Cabai rawit merah 5 buah
– Gula merah 2 sendok makan
– Garam secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Cara membuat gado-gado khas Solo:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat sambal kacang. Haluskan semua bumbu-bumbu kemudian campurkan bersama kacang tanah yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Aduk hingga rata kemudian tambahkan santan dan aduk kembali hingga rata.
– Langkah berikutnya adalah siapkan wajan dengan api sedang kemudian masak bumbu kacang sambil terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah. bumbu kacang dimasak hingga mendidih, dan mengental itu tandanya sudah matang. Angkat dan sisihkan.
– Selanjutnya adalah untuk penyajian gado-gado khas Solo, siapkan piring saji dan

letakkan tempe goreng secukupnya, tahu goreng secukupnya, telur rebus, sayuran lainnya, atur dengan rapi kemudian siramlah dengan sambal kacang tadi. Siram hingga seluruh permukaan tertutup oleh sambal bumbu kacang. Beri taburan bawang goreng, Gado-gado khas Solo yang sehat dan lezat pun siap disajikan.

Nah, itulah di atas cara membuat gado-gado khas Solo yang mudah. Untuk merebus sayuran Anda dapat merebus nya secara bersamaan, namun pilihlah yang mempunyai tingkat kematangan hampir sama seperti kol dengan buncis, dan untuk kentang bisa direbus bersama wortel. Anda juga dapat menambahkan berbagai jenis sayuran lainnya ke dalam resep gado-gado seperti taoge, kangkung, dan sebagainya.

Tambahkan juga kerupuk udang atau emping goreng sebagai pelengkap. Sajikan juga gado-gado khas Solo dengan lontong atau nasi putih. Hidangkan gado-gado khas Solo yang sehat ini untuk keluarga Anda tercinta.

Komentar Disini