5 Cara Membuat Es Buah Manis dan Segar

Cara Membuat Es Buah

Resepmakanan.id – Cara membuat es buah yang manis dan segar merupakan salah satu obat pelepas dahaga Anda ketika cuaca sedang panas. Saat momen bulan puasa Ramadhan es buah biasa disajikan hampir setiap waktu berbuka puasa.

Dalam penyajian es buah terdapat berbagai macam varian rasa. Ada juga yang menyukai es buah segar tanpa menggunakan susu, karena semua tergantung pada selera masing-masing yang membuat es buah.

Di berbagai daerah mempunyai cara membuat es buah sendiri-sendiri, biasanya sesuai dengan buah apa yang dapat diperoleh dengan mudah di daerah tersebut. Berikut adalah macam-macam cara membuat es buah yang dapat Anda ikuti di rumah.

Cara Membuat Es Buah Segar dan Sederhana

es buah

Saat datangnya bulan puasa Ramadhan tentu Anda tidak akan meninggalkan menu berbuka puasa yang memang khas ketika bulan Ramadhan datang, yaitu es buah. Es buah dengan rasa buah yang manis dan segar juga kuah es yang manis akan menghilangkan dahaga setelah Anda seharian berpuasa. Berikut ini adalah cara membuat es buah yang segar dan sederhana yang dapat Anda ikuti.

Bahan untuk membuat es buah:
– Buah naga 100 gram (potong dadu)
– Nanas 100 gram (potong segitiga)
– Melon 100 gram (bentuk bulat)
– Pepaya 100 gram (potong dadu)
– Anggur 100 gram (belah dua)
– Es serut 500 gram
– Air matang 1 liter
– Sirup vanili 5 sendok makan
– Susu kental manis 100 ml

Cara membuat es buah yang enak dan sederhana:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci bersih semua buah sebelum dipotong-potong. Letakkan buah yang sudah dipotong pada wadah atau baskom.
– Selanjutnya siapkan sebuah mangkuk yang diisi dengan air matang, kemudian masukan susu kental manis, dan sirup vanili ke dalam air matang tersebut.
– Kemudian tambahkan buah-buahan ke dalam mangkuk dan beri sirup vanili kembali agar lebih manis.
– Langkah terakhir adalah dengan memberikan es serut di atas buah atau sajikan es serut secara terpisah. Es buah siap pun disajikan.

Itulah cara membuat es buah yang enak dan sederhana. Ada banyak manfaat ketika Anda mengkonsumsi es buah tersebut, kandungan gizi yang terdapat dalam buah akan memberikan banyak nutrisi pada tubuh Anda. Anda juga dapat menggantinya dengan buah-buahan yang lain sesuai stok buah yang Anda miliki.

Es Buah Campur

es buah

Indonesia mempunyai iklim tropis yang ketika sedang musim panas akan terasa sangat panas meskipun di malam hari. Saat cuaca terasa panas pasti yang terlintas dalam pikiran Anda adalah membuat es buah yang segar.

Dari sekian banyak es buah, kali ini ada cara membuat es buah yang dapat membuat tenggorokan Anda merasa lega serta perut Anda akan merasa kenyang. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat es buah campur.

Bahan untuk membuat es buah campur:
– Alpukat 2 buah (kupas dan ambil dagingnya)
– Kelapa muda 1 buah (ambil dagingnya dan sisihkan airnya)
– Biji kolang-kaling secukupnya
– Bubur mutiara secukupnya
– Mangga 1 buah (kupas dan potong kotak-kotak)
– Strawberry 100 gram (belah 4 bagian)
– Anggur secukupnya (belah 4 bagian)
– Apel secukupnya (kupas dan potong kotak-kotak)
– Es batu yang diserut secukupnya

Bahan untuk saus es buah campur:
– Gula pasir 250 gram
– Air matang 250 ml
– Daun pandan 2 lembar
– Sirup rasa sesuai selera Anda

Cara membuat es buah campur:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat saus es buah campur. Siapkan panci, masukan gula pasir, air, dan daun pandan, masak hingga mendidih dan sisihkan.
– Selanjutnya adalah siapkan wadah seperti mangkuk atau gelas, yang pertama di masukan adalah bubur mutiara secukupnya, selanjutnya serutan kelapa muda, alpukat, potongan buah mangga, kolang-kaling, potongan apel, strawberry yang telah dibelah, anggur yang telah dibelah. Atur agar tampilannya terlihat cantik.
– Kemudian tambahkan es buah yang telah diserut, air hula, air kelapa, sirup apabila suka. Es buah campur siap disajikan.

Sangat mudah bukan untuk membuat es buah campur di atas. Apabila Anda tidak menyukai penggunaan sirup, maka Anda dapat menggantinya dengan susu kental manis atau bahkan tidak memakai keduanya. Sajikan es buah campur ketika cuaca sedang panas atau Anda dapat menjadikannya sebagai menu untuk berbuka puasa Ramadhan sebelum menyantap makanan yang berat.

Resep Es Buah Koktail

resep es buah koktail
image by: cpcdn.com

Ada banyak sekali cara membuat es buah yang dapat Anda buat sendiri di rumah, seperti membuat es buah koktail yang akan menyegarkan hari-hari Anda yang terasa panas.

Es buah koktail adalah salah satu sajian yang sudah terkenal di Indonesia, es buah dengan berbagai campuran buah-buahan yang dipadukan menjadi bentuk yang cantik ketika dilihat. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat es buah koktail yang segar.

Bahan untuk membuat es buah koktail:
– Pepaya 200 gram (cetak bulat)
– Melon 200 gram (cetak bulat)
– Semangka 200 gram (cetak bulat)
– Air kapur sirih 1 sendok makan (larutkan untuk 2 gelas air)
– Minuman bersoda 550 ml (manis tanpa warna)
– Es batu secukupnya

Bahan untuk membuat sirup es buah koktail:
– Air masak 1,5 liter
– Gula pasir 200 gram
– Kayu manis 4 cm
– Cengkeh 5 buah
– Garam halus ½ sendok teh
– Air jeruk nipis 5 sendok makan

Cara membuat es buah koktail:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat sirup es buah. Siapkan panci dan masukan semau bahan sirup, rebus hingga mendidih. Angkat dan saring. Sisihkan.
– Selanjutnya adalah siapkan wadah dan beri larutan air kapur sirih. Masukan buah yang sebelumnya sudah dicetak bulat atau dipotong dadu ke dalam larutan dan rendam.
– Setelah direndam, angkat dan cuci bersih buah-buahan.
– Langkah terakhir adalah ketika semua bahan sudah siap, siapkan mangkuk atau gelas

kemudian masukan buah-buahan yang telah direndam air kapur sirih, masukan sirup gula, aduk-aduk hingga rata. Tambahkan es batu secukupnya dan air soda. Es buah koktail yang segar siap disajikan.

Itulah cara membuat es buah koktail yang dapat Anda ikuti, Anda juga dapat menambahkan susu kental manis jika menginginkan. Sajikan es buah koktail bersama keluarga ketika berbuka puasa atau ketika cuaca sedang panas.

<

Resep Es Buah Selasih

Resep Es Buah Selasih
Image by: Cookpad.com

Menyajikan es buah yang menyegarkan ketika ada suatu acara atau ketika berbuka puasa memang hal yang sudah biasa. Salah satunya adalah membuat es buah selasih yang dapat menyegarkan tenggorokan Anda, bahkan ada manfaat lain selain menyegarkan yaitu dapat membantu meredakan panas dalam, mencegah sembelit, dan dapat meredakan batuk. Anda dapat membuat sendiri es buah selasih dengan mengikuti beberapa langkah cara membuat es buah selasih berikut ini.

Bahan membuat es buah selasih:
– Selasih yang sudah mekar 1 bungkus
– Nanas 1 buah (bersihkan dan potong dadu sekitar 1 x 1 cm)
– Semangka 250 gram (potong dadu)
– Melon 250 gram (potong dadu)
– Apel 250 gram (potong dadu)
– Sari kelapa 100 gram
– Air es 700 ml
– Sirup sesuai selera
– Susu kental manis secukupnya
– Es batu secukupnya

Cara membuat es buah selasih:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan wadah dan rendam biji selasih hingga mekar.
– Selanjutnya siapkan wadah dan masukan potongan buah-buahan.
– Setelah biji selasih mekar, masukan biji selasih ke dalam campuran buah-buahan serta tambahkan sari kelapa dalam cangkir.
– Kemudian, larutkan sirup dan air es, aduk hingga rata.
– Setelah larutan sirup selesai, siram ke atas potongan buah dan biji selasih.
– Tambahkan es batu dan susu kental manis, es buah selasih siap untuk disajikan.

Itulah cara membuat es buah selasih yang segar, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan menambahkan beberapa buah-buahan kesukaan Anda. Anda juga dapat menghilangkan es serta susu kental manis jika Anda tidak menyukainya.

<

Cara Membuat Es Buah Naga

es buah

Untuk membuat es buah sangat mudah karena bahan-bahan yang diperlukan ada di sekitar Anda. Seperti buah es buah naga yang mengandung banyak sekali manfaatnya dengan kandungan nutrisi yang dimiliki yaitu vitamin, kalsium, zink, serta mineral.

Tentu Anda tidak akan ragu untuk membuat sajian segar yang mengandung banyak kandungan gizinya bukan? Berikut ini adalah cara membuat es buah naga yang lezat.

Bahan untuk membuat es buah naga:
– Naga merah 2 buah
– Naga putih 2 buah
– Kolang-kaling warna hijau 100 gram
– Biji selasih 25 gram
– Susu kental manis ½ kaleng
– Gula pasir 100 gram
– Air matang 1 liter
– Es batu secukupnya

Cara membuat es buah naga yang lezat:
– Langkah membuat es buah naga yang pertama adalah bersihkan semua buah-buahan, kupas buah naga dan cuci bersih. Selanjutnya potong buah naga berbentuk kotak atau cetak buah naga menjadi bulat dengan pengeruk buah.
– Selanjutnya siapkan gelas dan larutkan gula pasir dengan air hangat, kemudian tuang pada air matang di dalam wadah.
– Kemudian tuang susu kental manis pada air matang, aduk hingga merata. Apabila di rasa kurang manis Anda dapat menambahkan susu kental manis lagi.
– Selanjutnya masukan kolang-kaling yang sebelumnya sudah direbus hingga matang dan buah naga yang sudah dicetak bulat ke dalam wadah yang terdapat campuran air gula dan susu kental manis. Aduk hingga tercampur rata.
– Langkah terakhir adalah masukan biji selasih yang sebelumnya sudah direndam hingga mekar ke dalam gelas saji yang sudah diberi es batu atau es serut.
– Tambahkan campuran buah naga dan es buah naga tabur biji selasih pun siap disajikan.

Sangat mudah bukan untuk membuat es buah naga yang diberi taburan biji selasih yang juga mempunyai manfaat dalam meredakan panas dalam. Jadi, es buah naga tabur selasih ini selain menyegarkan juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. Sajikan es buah naga tabur selasih bersama keluarga tercinta ketika cuaca sedang panas atau untuk sajian berbuka puasa.

Komentar Disini