5 Cara Membuat Cimol Agar Tidak Meletus

Cara Membuat Cimol

Resepmakanan.id – Cara membuat cimol menjadi salah satu resep yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Rasa cimol yang lezat dan gurih membuat banyak orang menyukainya.

Cimol merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji dan dibentuk bulat-bulat. Sebutan cimol sendiri berasal dari bahasa Sunda aci digemol yang artinya kanji yang dibuat bulat-bulat. Anda juga bisa memanfaatkan keahlian membuat cimol sebagai salah satu bisnis kuliner yang menguntungkan, karena cimol merupakan jenis jajanan yang disukai banyak orang.

Makanan khas yang yang berasal dari Jawa Barat ini biasanya banyak dijual di pinggir jalan. Bahan dasarnya adalah adonan tepung kanji yang dibuat bulat-bulat lalu digoreng.
Cimol ini biasa disajikan dengan bumbu-bumbu tambahan agar rasanya lebih lezat.

Namun, bagi Anda yang tidak suka bumbu-bumbu yang tambahan bisa membuat cimol dengan rasa original. Ciri khas cimol memiliki rasa kenyal yang sangat cocok disantap pada saat masih panas. Berikut ini cara membuat cimol yang mudah dan lezat.

Cara Membuat Cimol Goreng Ebi

cimol

Cara membuat cimol goreng ebi ini sangat mudah untuk dilakukan sendiri. Udang ebi sebagai tambahannya membuat rasa cimol berbeda dari cimol yang dijual di pasaran. Cimol goreng ebi memiliki rasa gurih dan lezat, sangat cocok digunakan sebagai camilan sehat untuk anggota keluarga. untuk penggunaan udang ebinya bisa Anda takar sesuai dengan selera masin-masing. Berikut ini langkah-langkah membuat cimol goreng ebi yang mudah di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung kanji 500 gram
– Tepung terigu 100 gram
– Udang ebi 50 gram
– Penyedap rasa 1 sachet
– Air secukupnya
– Minyak goreng

Langkah-langkah membuat cimol goreng ebi:
– Langkah yang pertama campurkan tepung terigu, udang ebi, tepung kanji, dan penyedap rasa.
– Kemudian tambahkan air panas dan uleni sampai kalis. Lalu diamkan adonan selama 10-15 menit.
– Langkah berikutnya bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil, lalu rendam ke dalam minyak goreng kurang lebih dua menit. Tiriskan adonan sebentar saja.
– Selanjutnya panaskan minyak dan goreng sampai adonan berwarna kecokelatan. Setelah warnanya agak cokelat dan mengembang angkat dan tiriskan.
– Untuk bumbunya bisa ditambah dengan bumbu bubuk rasa balado, pedas, jagung manis, dan lain-lain.
– Cimol goreng ebi siap untuk disajikan.

Resep cimol goreng ebi ini terbuat dari bahan-bahan yang sederhana sehingga mudah diperoleh. Langkah-langkah membuatnya juga cukup mudah, sehingga bagi Anda yang belum terbiasa membuat cimol bisa mengikuti dengan baik.

Pastinya semua anggota keluarga akan menyukai cimol goreng ebi yang Anda buat. Selain cimol goreng ebi, jenis cimol lain yang tidak kalah lezat ada cimol pedas isi ayam boncabe.

Cimol Pedas Isi Ayam Boncabe

cimol

Cara membuat cimol pedas isi ayam boncabe ini bisa Anda coba sendiri di rumah. Rasanya yang pedas pasti banyak orang yang menyukainya. Berbeda dari jenis cimol lain yang biasanya tidak dilengkapi dengan isi, cimol pedas isi ayam boncabe ini diisi dengan ayam boncabe yang pastinya lezat dan menggugah selera. T

ingkat pedas pada cimol bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Berikut ini langkah-langkah membuat cimol pedas isi ayam boncabe yang mudah untuk dibuat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung tapioka 8 sdm
– Tepung terigu 4 sdm
– Garam ½ sdt
– MSG ¼ sdt
– Kaldu bubuk ¼ bungkus
– Bawang putih 2 siung
– Daun bawang 2 helai
– Ayam secukupnya
– Boncabe 2 bungkus
– Minyak untuk menggoreng
– Air secukupnya

Langkah-langkah yang dibutuhkan:
– Langkah yang pertama haluskan bawang putih dan potong kecil-kecil daun bawang. Lalu masukkan semua bahan kecuali ayam dan boncabe ke dalam wadah yang telah disiapkan.
– Langkah selanjutnya masak air sampai mendidih. Masukkan air mendidih dikit demi sedikit kedalam campuran tepung. Aduk-aduk adonan hingga kalis dan bisa dibentuk. Apabila adonan terlalu basah bisa ditambah dengan tepung tapioka.
– Selanjutnya ambil sedikit adonan, pipihkan dan beri daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil dan boncabe. Lalu bulatkan dengan tangan hingga daging ayam dan boncabe tertutup.
– Panaskan minyak menggunakan api kecil dan masukkan cimol sambil diaduk-aduk terus agar tidak meledak. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
– Cimol pedas isi ayam boncabe siap untuk disajikan.

Resep cimol pedas isi ayam boncabe bisa menjadi pilihan menu camilan yang sehat dan bergizi. Daging ayam sebagai sumber protein hewani sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar kuat beraktivitas dan tetap sehat.

Karena rasanya yang pedas dan gurih pasti semua orang akan menyukainya. Selain resep cimol pedas isi ayam boncabe, jenis cimol lain yang bisa Anda coba adalah cimol goreng daging tenggiri yang tidak kalah lezat.

Cimol Goreng Daging Tenggiri>Cara Membuat Cimol daging tenggiri

Cara membuat cimol daging tenggiri bisa Anda coba saat ingin membuat camilan yang sehat untuk keluarga tercinta. Selain lezat dan gurih, cimol goreng daging tenggiri ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Dengan kandungan gizi yang tinggi ditambah rasanya yang lezat, menjadikan cimol goreng daging tenggiri sebagai camilan yang tepat untuk keluarga Anda. Berikut langkah-langkah membuat cimol goreng daging tenggiri yang mudah.

Bahan-bahan yang digunakan:
– Daging tenggiri ¼ kg, dihaluskan
– Tepung terigu ¼ kg
– Telur 1 butir
– Garam ½ sdt
– MSG ½ sdt
– Masako ½ bungkus
– Air
– Bumbu halus
– Kemiri 2 butir
– Bawang putih 3 siung
– Ketumbar ½ sdt

Langkah-langkah membuat cimol goreng daging tenggiri:
– Langkah yang pertama campurkan semua bahan dan bumbu yang sebelumnya sudah dihaluskan. Lalu tuangkan air sedikit demi sedikit jangan sampai terlalu encer.
– Kemudian panaskan minyak di wajan dan tuangkan 1 sdt adonan cimol. Lakukan hingga wajan yang digunakan untuk menggoreng penuh. Aduk-aduk hingga cimol matang merata.
– Anda bisa menambahkan taburan bon cabai atau saus sebagai bumbu pelengkap agar lebih lezat.
– Cimol goreng daging tenggiri siap untuk disajikan.

Cara membuat cimol daging tenggiri memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera. Hal ini dikarenakan bumbu rempah-rempah yang digunakan, sehingga rasanya kaya rempah. Sangat cocok disantap pada saat cimol masih panas. Selain cimol goreng daging tenggiri, jenis cimol lain yang tidak kalah lezat ada cimol goreng balado.

Cimol

Cimol Goreng Balado

class="aligncenter" src="https://waktuku.com/wp-content/uploads/2016/11/Cara-Membuat-Cimol.jpg" alt="Cara Membuat Cimol goreng balado" width="700" height="460" />

Cara membuat cimol goreng balado ini cukup sederhana, sehingga Anda bisa mencobanya dengan mudah. Walaupun cara membuatnya dan bahan-bahan yang digunakan sederhana, namun rasanya sangat lezat.

Rasa balado yang khas menjadikan rasa cimol lebih nikmat. Membuat orang yang sudah memakannya ingin mencobanya lagi. Berikut ini langkah-langkah membuat cimol goreng balado yang mudah dan lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung tapioka 6 sdm
– Tepung terigu 3 sdm
– Bawang putih 3 siung, digeprek
– Daging ayam giling 50 gram
– Lada bubuk ¼ sdt
– Garam 1 sdt
– Air panas secukupnya
– Bumbu balado 1 sachet

Langkah-langkah membuat cimol goreng balado:
– Langkah yang pertama campurkan tepung tapioka, tepung terigu, lada, bawang putih, garam, dan daging ayam giling.
– Kemudian aduk-aduk hingga merata sambil diberi air hangat secukupnya dan aduk-aduk lagi hingga kalis.
– Selanjutnya bentuk bulat-bulat seperti bakso dan masukkan ke dalam air yang mendidih selama 5 menit.
– Setelah lima menit, biarkan sebentar di dalam mangkuk dan buang air rebusannya.
– Panaskan minyak di dalam wajan dan goreng cimol yang sudah direbus tadi kurang lebih lima menit.
– Kemudian taburkan bumbu balado atau rasa lain sesuai dengan selera masing-masing.
– Cimol goreng balado siap untuk disajikan.

Resep cimol goreng balado bisa Anda coba di rumah sebagai camilan pilihan keluarga. Caranya yang mudah dan bahan-bahannya yang sederhana membuat Anda tidak akan kesulitan membuatnya sendiri di rumah, walaupun sebelumnya Anda belum pernah membuat cimol. Selain cimol goreng balado, Anda juga bisa membuat cimol goreng saus kacang yang tidak kalah lezat.

Cimol

Cimol Goreng Saus Kacang

lass="aligncenter wp-image-413 size-full" src="https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/12/cimol.jpg" alt="Cara Membuat Cimol saus kacang" width="650" height="325" srcset="https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/12/cimol.jpg 650w, https://resepmakanan.id/wp-content/uploads/2017/12/cimol-300x150.jpg 300w" sizes="(max-width: 650px) 100vw, 650px" />

Cara membuat cimol goreng saus kacang juga bisa Anda buat sebagai salah satu menu camilan yang lezat dan menyehatkan. Sausnya kacangnya yang dibuat sendiri dengan racikan sesuai selera membuat cimol goreng saus kacang sangat disukai semua anggota keluarga. Berikut ini langkah-langkah membuat cimol goreng saus kacang yang mudah di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tepung sagu 100 gram
– Telur ayam 1 butir
– Minyak goreng 1 sdm
– Penyedap rasa 1 sdm
– Merica secukupnya
– Air es secukupnya
– Daun bawang

Langkah-langkah membuat cimol goreng saus kacang:
– Langkah yang pertama campurkan tepung, penyedap rasa, lada bubuk, minyak goreng, dan telur. Kemudian aduk-aduk hingga merata. Tambahkan sedikit air hingga adonan kalis. Ciri adonan yang sudah kalis bisa dibentuk menjadi bulatan-bulatan.
– Langkah yang selanjutnya bentuk bulatan-bulatan adonan yang sudah kalis atau dibentuk sesuai selera. Kemudian panaskan minyak di atas penggorengan dan goreng cimol dengan api sedang.
– Goreng cimol hingga matang sambil di aduk-aduk agar tidak meledak. Ciri cimol yang sudah matang adalah ada adonan yang merekah saat digoreng. Tunggu sebentar dan angkat.
– Langkah berikutnya untuk membuat saus, campurkan 2 sdm bumbu kacang, 1 sachet saus sambal, dan saus tomat. Kemudian tambahkan lada, penyedap rasa, dan air hangat 2 sdm. Aduk-aduk hingga mengental.
– Sajikan cimol yang masih hangat bersama dengan bumbu saus kacang.

Cara membuat cimol goreng saus kacang bisa Anda buat dengan mudah. Saus kacangnya yang lezat dan gurih akan menemani cimol panas yang tidak kalah lezat. Perpaduan antara cimol panas dengan saus kacang yang kental gurih akan menjadikan rasanya lebih nikmat.

Itulah beberapa cara membuat cimol yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Rasa cimol yang lezat dan gurih pasti membuat semua anggota keluarga akan menyukainya. Terlebih lagi cimol merupakan camilan sehat yang banyak dikenal oleh masyarakat, sehingga bagi Anda yang ingin memulai bisnis kuliner bisa memilih cimol sebagai salah satu menunya.

Komentar Disini