4 Cara Membuat Brownies Enak dan Lembut

Cara Membuat Brownies

Resepmakanan.id – Cara membuat brownies kukus maupun yang dipanggang sama-sama mudah dan akan menghasilkan rasa yang sama-sama lezatnya. Brownies sangat disukai oleh semua orang, rasanya yang manis sedikit pahit sangat cocok disantap bersama teh hangat atau kopi.

Karena banyaknya orang yang menyukai resep kue satu ini, membuat pedagang brownies memutar otak dalam membuat variasi brownies yang akan diminati pembeli. Hal tersebut dapat dibuktikan dari banyaknya variasi brownies di Indonesia, bahkan hampir setiap toko kue mempunyai menu andalan untuk brownies.

Banyak yang tidak mengetahui jika brownies adalah kue yang memang padat atau tidak mengembang seperti apa yang selama ini banyak dipasarkan. Namun, karena ada orang yang lebih menyukai brownies dengan tekstur yang lembut seperti sponge cake, akhirnya banyak penjual yang membuat brownies menggunakan bahan pengembang sehingga brownies akan seperti sponge cake.

Cara Membuat Brownies Sederhana Tapi Enak:

Berikut ini akan ada beberapa resep brownies yang dimasak dengan cara dikukus maupun dipanggang dengan berbagai varian rasa.

Resep Cara Membuat Brownies Kukus Cokelat yang Super Lezat

brownies coklat

Resep kali ini di mulai dari cara membuat brownies kukus cokelat yang super lezat dengan cara pembuatan yang terbilang mudah. Brownies kukus mempunyai tekstur yang lembut dan rasa cokelat yang meleleh di mulut.

Bagi Anda yang menginginkan brownies kukus yang lezat, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dari pada harus beli di toko. Berikut ini adalah cara membuat brownies kukus yang mudah dan lezat.

Bahan untuk membuat brownies:
– Telur ayam 6 butir
– Gula pasir 225 gram
– Vanili bubuk secukupnya
– Garam secukupnya
– Emulsifier ½ sendok teh (SP atau TBM atau Ovalet)
– Tepung terigu protein sedang
– Cokelat bubuk berkualitas 50 gram
– Minyak goreng 175 ml
– Dark Cooking Chocolate 100 gram (lelehkan)
– Susu kental manis warna cokelat 75 ml

Cara membuat brownies kukus cokelat:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencampur tepung terigu dan cokelat bubuk. Ayak dan sisihkan.
– Kemudian campur dark cooking chocolate yang sudah leleh dengan minyak goreng. Sisihkan.
– Selanjutnya dalam wadah, kocok telur, gula pasir, emulsifier, vanili bubuk, dan garam hingga mengembang dan kental berjejak.
– Apabila adonan sudah kental berjejak maka selanjutnya, masukan campuran dari tepung terigu dan cokelat bubuk sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata atau Anda bisa tetapi menggunakan mixer menggunakan kecepatan terendah.
– Kemudian tuang campuran dari dark cooking chocolate dan minyak goreng sedikit demi sedikit. Aduk balik hingga rata dan homogen menggunakan spatula atau Anda tetap bisa menggunakan mixer dengan kecepatan paling rendah.
– Setelah tercampur rata, bagi adonan menjadi 3 bagian.
– Masukan susu kental manis ke dalam bagian pertama, aduk rata dan sisihkan.
– Kemudian, tuangkan adonan bagian kedua ke dalam loyang berukuran 20x20x7 cm yang sudah dioles margarin dan dialasi menggunakan kertas roti.
– Kukus adonan di dalam kukusan yang sebelumnya air dalam kukusan sudah mendidih. Kukus menggunakan api sedang selama kurang lebih 10 menit.
– Setelah 10 menit, tuang adonan bagian pertama yang sudah dicampur dengan susu kental manis. Kukus kembali selama kurang lebih 10 menit.
– Yang terakhir, tuang kembali adonan terakhir dan kukus selama kurang lebih 20 menit atau sampai matang.
– Setelah 20 menit, lakukan tes tusuk gigi yang bersih. Apabila sudah tidak lengket di tusuk gigi maka brownies siap diangkat dari kukusan.
– Diamkan brownies hingga dingin, baru kemudian Anda dapat mengeluarkannya dari loyang.

Sangat mudah bukan untuk mengikuti cara membuat brownies kukus cokelat di atas. Resep di atas dapat dijadikan alternatif apabila Anda tidak mempunyai oven. Apabila Anda menggunakan kukusan biasa, bungkus tutup kukusan menggunakan kain bersih agar air tidak menetes ke adonan.

Jangan terlalu sering untuk membuka tutup kukusan dan gunakan api sedang, karena jika terlalu besar permukaan brownies akan bergelombang. Agar lebih nikmat menyajikan brownies dengan secangkir teh.

Resep Brownies Panggang Sederhana dan Lezat

Brownies coklat

Setelah di atas membahan brownies kukus cokelat yang mudah dan enak. Kali ini ada cara membuat brownies panggang yang sederhana dan lezat. Brownies biasa juga disajikan saat ada acara atau hanya sekadar untuk camilan bersama keluarga tercinta. Anda dapat membuat sendiri di rumah dengan mengikuti beberapa langkah untuk pembuatan brownies panggang berikut ini.

Bahan untuk membuat brownies:
– Tepung terigu 120 gram
– Baking powder ½ sendok teh
– Vanili bubuk ½ sendok teh
– Gula pasir atau gula halus 150 gram
– Margarin 200 gram
– Dark cooking chocolate 200 gram (potong-potong)
– Garam halus ¼ sendok teh
– Telur ayam berukuran besar 3 butir
– Emulsifier 1 sendok teh
– Potongan almond 60 gram
– Cokelat chips 40 gram

Cara membuat brownies panggang:
– Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah campur tepung terigu, gula bubuk, baking powder, dan vanili bubuk. Aduk rata dan ayak. Sisihkan.
– Kemudian panaskan margarin hingga meleleh jangan sampai mendidih. Selanjutnya masukan potongan dark cooking chocolate serta garam. Aduk-aduk sampai cokelat meleleh dan merata. Angkat dan dinginkan. Sisihkan.
– Dalam wadah, kocok telur dan emulsifier sampai mengembang dan kental tak berjejak.
– Kemudian masukan campuran tepung terigu serta gula bubuk yang sudah diayak sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga rata menggunakan spatula atau juga dapat menggunakan mixer dengan kecepatan paling rendah.
– Setelah itu, masukan campuran dari margarin dan dark cooking chocolate ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula atau menggunakan mixer. Aduk balik dan pastikan semuanya tercampur homogen.
– Setelah tercampur rata, tambahkan potongan cokelat chips, lalu aduk hingga menjadi rata.
– Aduk hingga menjadi rata, lalu tuang adonan kedalam loyang yang sudah disiapkan, jangan lupa diolesi oleh margarin dan dialasi kertas roti, Lalu taburkan potongan dari kacang Almond
– Lalu bahan adonan tadi dipanggang didalam oven selama kurang lebih 45 menit atau sampai brownies nya menjadi matang. Lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi yang bersih, jika sudah tidak lengket maka brownies sudah matang.
– Setelah matang, keluarkan dari loyang dan biarkan dingin. Potong sesuai selera Anda.

Sangat mudah bukan untuk mengikuti cara membuat brownies panggang yang enak. Sedikit tips, untuk memperoleh rasa yang lebih legit biarkan brownies panggang semalaman. Anda juga dapat merubah toppingan jika Anda tidak menyukai dengan almond. Nikmati brownies dengan secangkir teh atau kopi.

Cashew Nuts Choco Chips Fudgy Brownies

Cara Membuat Brownies chips

Resep kali ini adalah membuat brownies tanpa menggunakan mixer, jadi bagi Anda yang sedang malas memasak dapat menggunakan resep ini. Meskipun tanpa mixer namun rasanya sangat lezat. Dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut dan lembap di bagian dalam. Berikut untuk cara membuat brownies cashew nuts choco chips fudgy.

Bahan untuk membuat brownies:
– Unsalted butter 8 sendok makan
– Tepung terigu protein sedang 1 cup
– Cokelat bubuk ¼ cup
– Baking powder ½ sendok teh
– Garam ½ sendok teh
– Cokelat chips ½ cup
– Kacang mete 1 gelas (cincang kasar)
– Gula pasir 1 ¼ gelas
– Cokelat masak pekat atau DCC 200 gram
– Telur ayam berukuran besar 3 butir

Siapkan sebuah loyang dengan bentuk persegi dengan memiliki ketinggian 4cm

Cara membuat brownies cashew nuts choco chips fudgy:
– Langkah pertama untuk membuat brownies adalah dengan memanaskan oven 180 derajat. Siapkan sebuah loyang dengan bentuk persegi dengan memiliki ketinggian 4cm. Kemudian olesi loyang tersebut dengan margarin hingga menjadi rata, lalu alasi loyang tersebut dengan kertas roti, lalu olesi kembali loyang yang sudah di olesi margarin dan kertas roti, lalu kemudian di sisihkan.
– Kemudian, campur tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, serta garam. Ayak dan sisihkan.
– Selanjutnya lelehkan unsalted butter dan dark cooking chocolate, Aduk rata. Setelah meleleh masukan gula pasir dan aduk kembali hingga rata dan gula larut.
– Kemudian masukan telur, aduk hingga tercampur rata.
– Setelah rata, masukan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk dan aduk kembali asal rata saja. Jangan diaduk secara berlebihan.
– Setelah tercampur rata langsung masukan kacang mete cincang dan cokelat chips. Aduk hingga rata.
– Setelah semua tercampur rata, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles tadi.
– Panggang adonan ke dalam oven selama kurang lebih 60 menit atau sampai tidak lengket ketika dilakukan tes tusuk gigi.
– Setelah matang, angkat dan biarkan selama 30 menit baru kemudian keluarkan dari loyang dan potong-potong sesuai selera.

Itulah cara membuat brownies yang sangat lezat. Biarkan brownies semalaman agar rasa lebih nikmat dan Anda juga dapat mengganti kacang mete dengan kacang tanah, kenari, almond, atau kacang-kacangan yang lainnya. Sajikan brownies bersama secangkir teh hangat atau kopi panas.

Resep Brownies Tape yang Super Lezat

Cara Membuat Brownies tape yang super lezat

Banyak variasi brownies yang enak, salah satunya adalah brownies tape yang memiliki rasa tak kalah enak dengan brownies cokelat biasanya. Aroma tape ketika brownies sedang dipanggang sangat menggoda dan akan memanjakan lidah Anda dengan rasa tapenya.

Meskipun menggunakan bahan dasar tape tetapi tetap seperti namanya yaitu brownies, sehingga warnanya juga akan cokelat karena menggunakan campuran cokelat batang. Berikut untuk cara membuat brownies tape.

Bahan untuk membuat brownies tape:
– Margarin 125 gram
– Cokelat masak pekat 225 gram (potong kecil-kecil)
– Telur ayam berukuran besar 3 butir
– Gula pasir atau gula halus 125 gram
– Tape singkong 150 gram (haluskan dan buang sumbunya)
– Tepung terigu protein sedang 50 gram
– Cokelat bubuk 25 gram
– Susuk bubuk 25 gram
– Baking powder ¼ sendok teh
– Cokelat keping untuk taburan 25 gram

Cara membuat brownies tape panggang:
– Langkah pertama adalah lelehkan margarin, jangan sampai mendidih dan tambahkan potongan dari cokelat masak pekat. Aduk-aduk hingga rata. Kemudian masukan tape singkong yang sudah dihaluskan, aduk kembali hingga rata. Sisihkan dan biarkan mengental.
– Dalam wadah lain, kocok telur dan gula pasir selama kurang lebih 2 menit atau tercampur rata.
– Setelah itu, masukan campuran margarin sedikit demi sedikit dan kocok hingga merata.
– Kemudian tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder. Masukan campuran tepung sambil diayak dan kocok secara perlahan hingga tercampur rata.
– Selanjutnya tuang adonan ke dalam loyang berukuran 30x10x4 cm yang sebelumnya sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Berikan taburan cokelat keping secara rata.
– Panggang menggunakan api di bawah suhu 180 derajat sampai matang atau lakukan tes tusuk gigi.
– Setelah matang, angkat dan keluarkan dari loyang. Potong sesuai selera.

Nah, itulah cara membuat brownies tape yang lezat. Anda dapat membiarkan brownies semalaman untuk rasa yang lebih nikmat. Anda juga dapat mengganti taburan dengan keju atau sesuai dengan selera Anda. Sajikan brownies dengan teh hangat atau kopi panas.

Komentar Disini