3 Cara Membuat Bakso Kenyal dan Empuk

Cara Membuat Bakso

Resepmakanan.id – Cara membuat bakso yang enak dan lezat banyak dicari oleh masyarakat, khususnya yang ingin mulai usaha kuliner atau sekadar dijadikan sebagai menu makanan di rumah.

Bakso merupakan makanan favorit sejuta umat bagi masyarakat Indonesia. Rasa bakso nya yang lezat dipadukan dengan kuah yang segar dan kaya rasa menjadikan bakso sangat digemari oleh masyarakat.

Bakso juga sangat cocok dijadikan sebagai menu makan sehari-hari di rumah. Karena kandungan protein hewani yang tinggi dari bakso dan zat besi dari sayuran pelengkapnya. Oleh karena itu cara membuat bakso yang enak dan lezat bisa Anda jadikan sebagai panduan untuk membuat bakso yang nikmat.

Sehingga orang yang menikmatinya akan merasa ketagihan untuk makan bakso Anda lagi. Berikut ini langkah-langkah membuat resep bakso yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Membuat Bakso Ayam Telur Puyuh

bakso telur puyuh

Cara membuat bakso ayam telur puyuh ini banyak dicari karena bentuk bakso nya yang unik, yakni dengan tambahan telur puyuh. Sehingga selain mendapatkan protein dari daging sapi Anda juga akan mendapatkan manfaat protein dari telur puyuh.

Rasanya yang nikmat akan membuat Anda mencoba bakso telur puyuh ini berulang kali. Berikut ini langkah-langkah cara membuat bakso ayam telur puyuh yang enak di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Paha ayam fillet 500 gram, potong-potong kecil
– Garam kasar 1 sdm
– Telur 1 butir
– Es serut 175 gram
– Penyedap rasa ½ sdt
– Bawang putih 3 siung, dihaluskan
– Merica bubuk ½ sendok
– Bawang putih yang sudah digoreng 1 sdm
– Bawang merah yang sudah digoreng 1 sdm
– Tepung terigu aren 125 gram
– Telur puyuh 48 butir, direbus dan kupas kulitnya

Bahan pelengkap:
– Daging sengkel segar 500 gram, dipotong-potong kecil
– Garam kasar 4 sdt
– Telur 1 butir
– Es serut 250 gram
– Penyedap rasa ½ sdt
– Bawang putih 3 siung, haluskan terlebih dahulu
– Merica bubuk ½ sdt
– Bawang putih yang sudah digoreng 1 sdm
– Bawang merah yang sudah digoreng 1 sdm
– Tepung sagu aren 125 gram

Bahan kuah:
– Tulang sapi 1.500 gram
– Air 5.000 ml Seledri 4 tangkai, diikat
– Daun seledri 4 batang
– Bawang putih 10 siung, digoreng utuh lalu di memarkan
– Garam 7 sdt
– Merica bubuk 1 sdt
– Gula pasir 1 sdt
– Penyedap rasa 1 sdt
– Bawang merah goreng 50 gram
– Mi telur 250 gram, diseduh
– Seledri 4 tangkai, diiris halus untuk taburan
– Bawang merah goreng 4 sdm untuk taburan

Langkah-langkah membuat bakso ayam telur puyuh:
– Untuk membuat bakso, giling bahan ayam bersama dengan garam ke dalam food processor sampai halus.
– Kemudian masukkan es serut, telur, penyedap rasa, merica bubuk, bawang putih, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng. Lalu bahan-bahan tersebut digiling sampai teksturnya menjadi lembut.
– Selanjutnya tambahkan tepung sagu dan giling rata adonan tersebut hingga terlihat kalis dan lembut.
– Ambil adonan lalu masukkan telur puyuh nya. Lalu buat menjadi bola bola kecil berbentuk bulat. Lantas jika sudah jadi adonan bulat menyerupai bentuk bola keci, lalu masukkan kedalam air hangat terlebih dahulu, Jika bakso sudah terlihat mulai penuh maka rebus hingga matang. Jika sudah matang langsung diangkat.
– Lalu tambahkan bahan pelengkap dan kuah bakso. Bakso siap untuk disajikan.

Cara membuat bakso ayam telur puyuh tadi bisa untuk membuat bakso sebanyak 12 porsi. Porsi ini cukup banyak untuk bisa disantap semua anggota keluarga bahkan para tamu sekalipun. Caranya yang mudah dan rasanya yang enak menjadikan banyak orang yang mulai mencoba membuatnya.

Bakso Malang Lengkap

bakso malang
image by: soloevent.id

Cara membuat bakso malang juga mudah untuk dilakukan sendiri di rumah ataupun untuk tujuan bisnis kuliner. Cita rasa yang ditawarkan juga tidak berbeda dengan bakso ayam telur puyuh.

Kandungan protein hewani yang ada pada bakso Malang menjadikan sehat anggota keluarga yang mengonsumsi. Berikut ini cara membuat bakso Malang lengkap yang bisa Anda coba dengan mudah.

Bahan untuk bakso:
– Daging sengkel segar 500 gram, dipotong-potong kecil
– Garam kasar 4 sdt
– Putih telur 50 gram
– ½ sdt poly powder
– Es serut 225 gram
– Penyedap rasa 1 sdt
– Bawang putih 1 siung, haluskan terlebih dahulu
– Merica bubuk ½ sdt
– Bawang putih yang sudah digoreng 1 sdm
– Bawang merah yang sudah digoreng 1/2 sdm
– Tepung sagu aren 250 gram

Bahan untuk pangsit:
– Telur 1 butir
– Garam 1 sdt
– Tepung sagu 100 gram
– Daun bawang 1 batang, iris dengan pisau sampai halus
– Kulit pangsit 24 lembar
– Baking powder ¼ sdt
– Minyak untuk menggoreng

Bahan kuah:
– Bawang putih goreng 25 gram
– Bawang merah goreng 50 gram, haluskan
– Garam 75 gram
– Gula pasir 25 gram
– Merica bubuk 1 sdm
– Penyedap rasa 1 sdt

Bahan untuk sambal:
– Cabai rawit merah segar 100 gram
– Bawang putih 5 siung
– Garam ½ sdt
– Air 250 ml

Bahan pelengkap:
– Bihun 100 gram, seduh kemudian tiriskan
– Mi telur 100 gram, seduh lalu tiriskan

Langkah-langkah membuat bakso Malang lengkap:
– Langkah yang pertama adalah menyiapkan daging dan garam kemudian masukkan ke dalam food processor. Giling daging dan garam selama beberapa saat sampai terlihat lembut.
– Kemudian bahan-bahan seperti bawang putih goreng, putih telur, poly powder, merica bubuk, dan bawang merah goreng dimasukkan. Kembali giling hingga menjadi lembut.
– Kemudian siapkan tepung sagu dan masukkan. Kemudian giling rata lagi sampai lembut dan kalis. Lalu bagi adonan menjadi dua bagian.
– Bagian yang pertama dibentuk bulat kemudian masukkan ke dalam air hangat. Jika sudah rebus hingga panas dan tiriskan.
– Selanjutnya adalah membuat pangsit. Satu bagian sisa dari adonan tadi diberi telur, tepung sagu, daun bawang, dan garam. Lalu adonan yang sudah ditambahkan bahan-bahan tersebut diaduk hingga rata. Hasil dari adonan dibagi dua, satu bagian diisikan ke dalam pangsit. Lipat menjadi dua bentuk, yakni bentuk limas dan panjang.
– Lalu kukus pangsit tersebut di atas api sedang selama kurang lebih 20 menit hingga matang. Sedangkan untuk pangsit yang panjang goreng di atas api sedang hingga warnanya berubah dan matang.
– Bagian dari sisa adonan pangsit tadi tambahkan dengan baking powder dan dibentuk bulat. Kemudian goreng di atas api sedang hingga matang dan renyah.
– Untuk membuat sambal, rebus cabai merah dan bawang putih. Kemudian di belender sampai menjadi halus dengan tambahan air sebanyak 100ml dari sisa air rebusan tersebut. Beri sedikit garam dan aduk-aduk hingga rata.
– Langkah yang terakhir tata ke dalam mangkok, bola-bola bakso, pangsit, bumbu kuah, bakso yang digoreng, sambal, dan pelengkap. Siap untuk disajikan.

Cara membuat bakso Malang lengkap ini bisa untuk enam porsi. Sehingga cukup dijadikan sebagai menu makan siang atau makan malam. Untuk porsi yang lebih besar Anda bisa mempertimbangkannya sendiri.

Bakso Tahu Kuah

bakso tahu

Cara membuat bakso tahu kuah menjadi resep yang banyak dicari karena mudah dibuat dan memiliki rasa yang nikmat. Ciri khasnya adalah dilengkapi dengan tahu, sehingga berbeda dari jenis bakso yang lain. Bakso ini sangat cocok disantap bersama anggota keluarga dalam berbagai acara. Berikut ini langkah-langkah membuat bakso tahu kuah yang enak dan lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tahu putih kotak kecil 15 buah, potong berbentuk segitiga
– Kulit pangsit 10 lembar, goreng hingga matang
– Seledri 4 tangkai, iris halus
– Bawang merah goreng 100 gram

Bahan untuk isi:
– Ikan tenggiri 100 gram, dihaluskan terlebih dahulu
– Daun bawang 1 batang
– Bawang putih 2 siung, dicincang halus
– Ayam giling 100 gram
– Putih telur 2 Tepung sagu 100 gram
– Penyedap rasa ¼ sdt
– Garam ¾ sdt
– Merica bubuk ¼ sdt
– Gula pasir ¼ sdt
– Bawang goreng 1 sdm

Bahan untuk kuah:
– Air kaldu ayam 3.000 ml Bawang putih 10 siung, goreng dan memarkan Daun bawang 2 batang, potong satu cm
– Kaldu ayam 2 buah blok
– Garam 4 sdt
– Merica bubuk ½ sdt
– Gula pasir 1 sdt

Bahan untuk sambal:
– Cabai rawit merah 20 buah, rebus
– Garam ¼ gram

Langkah-langkah membuat bakso tahu kuah:
– Langkah yang pertama untuk membuat isi. Siapkan satu ekor hewan tenggiri, daun bawang, bawang putih, ayam sudah di giling, air dingin atau es, telur bagian putihnya, tepung terigu, garam, bumbu penyedap rasa, bubuk merica, minyak goreng dan terakhir gula pasir, Jika sudah disiapkan bahan diatas lalu masukkan atau campurkan semua bahan tadi diatas hingga menjadi satu kemudian diaduk hingga rata.
– Lalu kemudian siapkan tahu dan belah pada bagian tahunya untuk disiikan. Kerok sedikit tahu bagian sisi diagonal lalu beri isinya.
– Kukusan dipanaskan terlebih dahulu, lalu kukus tahu yang sudah diberi isi di atas api sedang selama kurang lebih 20 menit hingga benar-benar matang.
– Menunggu matang, siapkan air kaldu, daun bawang, dan bawang putih, kemudian tambahkan gula pasir. Masak hingga benar-benar pulang.
– Ambil mangkok dan tata ke dalam mangkok tersebut pangsit goreng, tahu, pelengkap dan juga kuahnya yang lezat.

Cara membuat bakso tahu kuah ini bisa disuguhkan untuk makan 10 anggota keluarga dengan total sepuluh porsi. Cukup untuk dijadikan sebagai menu makan siang ataupun makan malam. Bakso ini bisa dinikmati di rumah ataupun di luar rumah. Yang terpenting adalah cara pembuatannya yang sesuai prosedur sehingga rasa yang diberikan juga nikmat.

Itulah beberapa cara membuat bakso yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Dengan mengikuti petunjuk yang sudah diberikan maka bakso yang Anda buat akan nikmat dan lezat.

Sehingga bagi Anda yang hendak mendirikan bisnis kuliner maka perhatikan cara pembuatannya dengan cermat. Agar bisa membuat kuliner bakso yang lezat sehingga para pengunjung akan menjadi pelanggan setia.

Komentar Disini