6 Cara Membuat Bakso Ikan Gurih dan Lezat

Cara Membuat Bakso Ikan

Resepmakanan.ID – Cara Membuat Bakso Ikan – Biasanya dalam penyajian bakso ini disajikan dalam keadaan masih panas dengan kuah kaldu sapi bening. Selain itu, di campur dengan mie, bihun, taoge, tahu, terkadang juga telur ayam atau puyuh.

Terakhir ditaburi bawang goreng serta seledri. Untuk melengkapi bakso, biasanya di tambahkan kerupuk pangsit diatasnya. Selain itu, semakin majunya kuliner Indonesia, maka telah banyak jenis bakso yang terbuat dari ikan, daging, udang, atau daging ayam.

Berikut beberapa Cara Membuat Bakso Ikan, yang terbuat dari bahan lebih mudah didapat dan murah dibandingkan dengan daging sapi yang semakin mahal setiap harinya. Tidak hanya itu, bakso ikan juga lebih kaya akan nutrisi.

Daftar Isi

Cara Membuat Bakso Ikan Tongkol

figure style="width: 750px" class="wp-caption aligncenter">bakso ikan
image by: smittenkitchendotcom

Terdapat berbagai macam jenis ikan yang dagingnya enak dikonsumsi dan penuh dengan nutrisi, mulai dari ikan air tawar, air payau dan air asin. Salah satu ikan laut atau air asin yang dagingnya enak adalah ikan tongkol.

Ikan jenis ini sering digunakan sebagai bahan kuliner pepes ikan atau ikan asap dan lain sebagainya. Untuk anda yang tertarik untuk mencoba menu lainnya yang masih terbuat dari ikan jenis ini, berikut resep serta cara membuat bakso ikan tongkol.

Bahan-bahan:
– 1 ekor ikan tongkol ukuran sedang yang masih segar
– 1 butir telur ayam
– 1 sendok makan lada atau secukupnya
– 5 sendok makaan tepung terigu
– 7 sendok makan tepung sagu, atau tepung kanji
– 1 bungkus penyedap rasa
– Es batu secukupnya
– 5 siung bawang putih ukuran sedang
– Garam halus secukupnya
– Daun seledri secukupnya
– Saos dan kecap secukupnya
– Bawang goreng secukupnya

Cara membuat:
– Langkah pertama, cuci bersih ikan tongkol, hilangkan tulangnya kemudian giling atau haluskan
– Siapkan sebuah wadah, masukkan gilingan daging ikan tongkol dan tambahkan semua bahan bumbu yang telah anda sediakan. Aduk rata.
– Sementara itu siapkan paanci yang telah diisi dengan air, kemudian masak air hingga mendidih.
– Adonan bakso yang telah tercampur rata, bentuk bulat-bulat dengan ukuran sesuai selera anda dapat besar-besar atau kecil. Anda juga dapat membentuk bakso dengan mudah, dengan cara menggunakan 2 sendok makan untuk membentuknya.
– Masukkan bulatan bakso yang anda bentuk langsung ke dalam air mendidih.
Tunggu hingga bakso mengapung, jika telah mengapung itu artinya bakso telah matang dan anda dapat mengambil dan meniriskannya menggunakan saringan. Bakso ikan siap disajikan dengan kuah panas-panas dan gurih.

Cara Membuat Bakso Ikan Lelefigure style="width: 1000px" class="wp-caption aligncenter">bakso ikan
image by: imageresizer

Ikan lele juga dapat anda jadikan sebagai bahan dasar pembuatan bakso ikan. Apabila anda bosan dengan menu ikan lele yang hanya digoreng, anda dapat mencoba menu bakso ikan lele dengan resep dan Cara Membuat Bakso Ikan lele sebagai berikut.

Bahan-bahan:
– 200 gr daging ikan lele, haluskan
– 2 siung bawang putih, haluskan
– 1 butir telur, ddiambil putihnya saja
– 1 sdt garam atau secukupnya sesuai selera
– ½ sdt gula pasir atau secukupnya
– 50 gram tepung sagu atau tepung kanji
– 25 ml air es

Cara membuat:
– Langkah pertama, anda dapat mencampurkan daging ikan lele yang telah dihilangkan tulangnya dan dihaluskan dengan bahan-bahan lainnya, seperti garam, gula pasir, telur, dan air es.
– Jika dirasa telah tercampur rata anda dapat menambahkan tepung sagu atau tepung kanji, lalu aduk hingga rata dan cicipi rasanya. Apabila masih ada yang kurang anda dapat menambahkan bumbu yang diperlukan.
– Lagkah selanjutnya anda sudah dapat mulai membuat bakso ikan lele dengan menggunakan sendok teh agar mudah dalam membentuk bulatan bakso.

Sementara itu anda harus menyiapkan air dalam panci, dan merebusnya hingga mendidih. Lalu masukkan bulatan bakso yang telah anda buat ke dalam rebusan air tersebut. Tunggu hingga bakso mengapung, apabila sudah dapat langsung diangkat dan ditiriskan. Bakso ikan lele siap untuk disajikan.

Cara Membuat Bakso Ikan Bandengigure style="width: 600px" class="wp-caption aligncenter">bakso ikan
image by: nyt.com

Apabila umumnya ikan ini dijadikan sebagai menu pepes ikan atau hanya digoreng, sekarang ini telah banyak beredar bakso ikan yang terbuat dari salah satunya ikan bandeng. Apabila anda penasaran Cara Membuat Bakso Ikan bandeng dan ingin mencoba membuatnya, anda dapat melihat langkah berikut ini.

Bahan-bahan:
– 500 gram ikan bandeng segar
– 150 gr tepung sagu tani
– 10 gr bubuk jelly agarasa plain
– 1 sendok teh kaldu bubuk atau secukupnya
– ¼ sendok teh merica bubuk atau secukupnya
– 1.5 liter air
– 4 buah bawang putih
– Garam halus secukupnya
– ¼ sendok teh baking powder
– 60 ml air dingin atau es

Cara membuat bakso ikan bandeng:
– Haluskan daging bendeng yang sebelumnya telah dicuci bersih dan dibuang tulangnya. Anda dapat memblender atau menumbuhnya hingga halus.
– Blender daging bandeng tersebut bersama dengan bumbu halus, seperti merica, bawang putih, bubuk jelly, tepung sagu, baking powder, dan garam.
– Lalu uleni sambil masukkan air es sedikit sedikit sampai adonannya kalis.
– Anda dapat memblender adonan hingga merata, kemudian dapat membentuknya bulat-bulat dengan memakai sendok makan atau sendok teh.

Masak air bersih hingga mendidih, masukkan bulatan adonan bakso ikan bandeng ke dalam air mendidih tersebut. Setelah bakso mengapung, anda dapat mengangkatnya. Bakso ikan bandeng siap untuk disajikan dan dinikmati dengan keluarga.

C

Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri

ure style="width: 800px" class="wp-caption aligncenter">bakso ikan
image by: https://images-gmi-pmc.edge-generalmills.com

Ikan tenggiri juga dapat anda gunakan sebagai bahan pembuatan bakso ikan. Hal ini karena ikan tersebut hanya memiliki duri yang sedikit dan banyak dagingnya. Jadi, gampang untuk mengambil dagingnya sebagai bahan dasar bakso. Apabila anda tertarik untuk membuatnya, berikut ini cara membuat bakso ikan tengiri.

– Ikan tengiri 400 gr hilangkan bagian durinya sampai bersih
– Bawang putih 4 butir haluskan
– Putih telur 2 buah
– Merica bubuk 1 sdm
– Tepung tapioca 100 gr (ayak lebih dulu)
– Garam dapur 1 sendok kecil
– Kecap rasa ikan 1 sendok kecil

Cara membuat bakso ikan tengiri:
– Masukkan ikan tengiri bersama bumbu yang sudah dihaluskan (putih telur, bawang putih, garam halus, serta bubuk merica merica)
– Kemudian mixer agar lebih cepat tercampur dan menyatu.
– Lalu masukkan tapioca sembari diaduk.
– Jangan lupa untuk menambahkan kecap asin. Aduk hingga merata.
– Sementara itu rebus air bersih bingga mendidih, kemudian bentuk adonan menjadi bulatan bakso dengan ukuran yang anda inginkan. Selanjutnya masukkan ke dalaam air yang telah mendidih.

Setelah bakso mulai mengapung, angkat dan tiriskan. Bakso ikan tengiri siap disajikan dan dinikmatai sebagai menu makan malam atau siang. Cocok sekali untuk kamu yang menyukai olahan dari daging ikan tengiri. Selain bisa dinikmati dengan campuran kuah dan mie, anda juga bisa menambahkan kerupuk kedalamnya.

C

Cara Membuat Bakso Ikan Tuna

ure style="width: 960px" class="wp-caption aligncenter">bakso ikan
image by: thespruceeats.com

Salah satu jenis ikan yang punya kandungan gizi omega 3 adalah ikan tuna. Jenis kandungan gizi ini sangat penting bagi otak. Sehingga kamu dapat menggunakan jenis daging ikan ini sebagai bahan dasar pembuatan bakso. Cara membuat bakso ikan tuna paling nikmat bisa dilihat pada langkah dibawah ini.

Bahan-bahan:
– 250 gr daging ikan tuna, dipotong kecil-kecil
– 50 gr tepung sagu
– 2 butir telur ayam, diambil putihnya saja
– 1 sdt garam, atau secukupnya
– 1 sdt gula pasir atau secukupnya
– 80 gr es serut

Cara membuat:
– Langkah pertama Cara Membuat Bakso Ikan tuna yaitu dengan menghaluskan daging ikan tersebut dengan menggunakan chopper.
– Campurkan ikan tuna yang telah halus tersebut dengan bumbu halus seperti garam, gula pasir dan putih telur. Kemudian aduk hingga tercampur rata.
– Jangan lupa untuk memasukkan es serut sambil terus diaduk hingga menjadi kalis.
– Tambahkan tepung sagu dan aduk hingga tercampur rata
– Setelah itu, anda dapat langsung membentuk menjadi bulatan bakso dengan ukuran sesuai selera. Anda dapat membentuknya langsung dengan menggunakan tangan atau memakai sendok.
– Masak air bersih hingga mendidih, kemudian masukkan bulatan bakso ikan tersebut ke dalam air mendidih.

Setelah mulai mengapung, angkat bakso lalu masukkan lagi adonan lain sampai habis . Nah, bakso ikan tuna siap disajikan. Tuang terlebih dulu kuahnya baru masukkan bakso dan mie serta taburkan bawang goreng diatasnya.

C

Cara Membuat Bakso Ikan Kakap

ure style="width: 1280px" class="wp-caption aligncenter">bakso ikan
image by: gimmesomeoven.com

Seperti bahan bakso ikan pada umumnya, ikan kakap juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan bakso ikan, berikut resep serta cara membuat bakso ikan kakap.

Bahan-bahan:
– 1 kg daging ikan kakap giling
– 1 butir telur ayam
– 1 sdt merica atau ceukupnya sesuai selera
– 2 gelas belimbing tepung kanji
– 1 bungkus penyedap rasa, dapat memakai merk apa saja sesuai selera
– ½ gelas air dingin atau air es
– 5 siung bawang putih

Cara membuatnya:
– Langkah pertama yang perlu anda lakukan, yaitu dengan menghaslukan bawang putih, dan merica butir dengan menggunakan ulekan.
– Sementara itu anda dapat memanaskan air bersih sekitar 2 hingga 3 liter sesuai yang dibutuhkan.
– Kemudian daging ikan kakap yang telah digiling sebelumnya, dapat anda campurkan dengan bumbu halus dan tambahkan air dingin seckupnya.
– Kemudian masukkan tepung kanji 2 gelas
– Sembari di aduk, tuang secara perlahan sampai habis
– Jangan lupa untuk memasukkan telur dan penyedap rasa, aduk hingga rata.
– Seteah rata dan kalis anda dapat langsung membentuknya bulat-bulat dengan memakai sendok atau alat bantu lainnya.
– Setelah anda membentuk adonan bulat-bulat, lalu masukkan bulatan tersebut dalam air mendidih.
– Tunggu hingga bakso mengapung, yang artinya bakso telah matang, angkat dan tiriskan.
– Bakso ikan kakap siap disajikan selagi masih hangat.

Nah, itulah berbagai macam Cara Membuat Bakso Ikan dengan berbagai variasi jenis ikan yang dapat dengan mudah anda temukan di pasaran. Ikuti langkah demi langkahnya agar hasil bakso ikan yang anda buat terasa nikmat. Anda juga bisa menikmati bakso ikan dengan nasi hangat diwaktu siang hari. Selamat memasak. Semoga dapat membantu.

Komentar Disini