Bisnis

Cak Imin Dukung Anies Revisi Omnibus Law UU Ciptaker: Belum Terlihat Manfaatnya

Resepmakanan.id – Calon presiden 01, Anies Baswedan berjanji akan merevisi Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja apabila ia terpilih jadi presiden.

Menurut dia, omnibus law justru menyebabkan penderitaan bagi beberapa kelompok pekerja, teristimewa bagi merekan yang digunakan bekerja dengan sistem kemitraan atau outsourcing. 

Anies juga menyebut, permasalahan omnibus law ada pada dampak signifikan yang dirasakan oleh kelompok pekerja dengan pola kemitraan ini akibat adanya omnibus law. 

“Masalah pekerja outsourcing adalah salah satu bukti bahwa omnibus law ini bermasalah,” ujar Anies ketika berbicara di acara Desak Anis lalu Slepet Imin di dalam JI-Expo, Kemayoran, Ibukota Indonesia Pusat, pada Mulai Pekan (29/1/2024).

Selain itu, ia juga mengatakan, omnibus law terjadi lantaran setiap pembuatan kebijakan setiap saat bergantung pada langkah pemerintah pusat. Menurutnya, pola aturan seperti ini menjadikan omnibus law menjadi kontroversial kemudian melanggar prinsip keadilan. 

“Adanya hubungan antara kewenangan pusat, provinsi, serta tempat yang mana semuanya diserahkan untuk pusat, namun pada implementasinya justru memunculkan sejumlah masalah,” paparnya.

Selama tiga tahun penerapan omnibus law, kata dia, banyak hal yang digunakan perlu diperbaiki. “Selain permasalahan yang mana terkait dengan hubungan industrial, terdapat aspek-aspek lain dalam dalamnya yang dimaksud perlu diperbaiki,” tambah Anies.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar, calon perwakilan presiden nomor urut 1, menambahkan bahwa omnibus law perlu direvisi dikarenakan hingga pada waktu ini belum terlihat faedah yang digunakan didapat pasca aturan yang disebutkan disahkan.

Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, juga mengakui bahwa partainya turut berkontribusi di pengesahan omnibus law, namun beliau menegaskan bahwa aturan yang dimaksud akan menjadi prioritas utama untuk direvisi apabila terpilih nanti. “Omnibus law termasuk di prioritas untuk direview,” tegasnya.

(Sumber: Suara.com)

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button