Lifestyle

Biodata serta Profil Mensos Risma: Miris, Tak Diajak Jokowi Bagi-bagi Bansos

Resepmakanan.id – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini sedang menjadi sorotan. Pasalnya, Mensos Risma kerap tak hadir ketika Presiden Jokowi membagi-bagikan bansos untuk warga kurang mampu di area berbagai area Indonesia. Padahal sudah ada menjadi tugas Risma sebagai Mensos untuk mengontrol pembagian bansos terhadap warga.

Sementara itu, Presiden Jokowi terpantau baru hanya menyerahkan bantuan pangan untuk warga yang dimaksud tinggal di area sekitar Gudang Bulog Purwomartani, Sleman, DIY pada Hari Senin (29/1/2024).

Namun pada pembagian bansos tersebut, tak tampak batang hidung Risma. Absennya Risma di beberapa kesempatan pembagian bansos oleh Presiden Jokowi pun menjadi pertanyaan besar. Termasuk muncul isu keretakan hubungan Presiden Jokowi dengan Mensos Risma akibat partai politik.

Kendati demikian, pihak Istana secara langsung memberikan klafirikasi terkait ketidakhadiran Risma di pembagian bansos. Alasannya, pembagian bansos oleh Jokowi melibatkan Bulog lalu Badan Pangan.

“Mungkin akibat pembagian bansos ini terkait dengan cadangan pangan ya. Kita sudah ada libatkan Bulog dan juga Badan Pangan,” kata Koordinator Stafsus Presiden Ari Dwipayana pada waktu ditemui awak media di area kantor Kemensesneg, Mulai Pekan (29/1/2024).

“Jadi lebih tinggi untuk hal tersebut, termasuk juga dengan mengecek mengenai keberadaan pangan di area setiap wilayah yang mana berpotensi krisis. Jadi yang diajak (untuk bagi bansos) tentu pihak-pihak yang berkaitan dengan itu,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini, pihak Istana juga membantah hubungan Risma juga Jokowi retak lantaran partai politik.

“Oh kalau itu enggak, enggak ada hubungannya kesana (partai politik),” tegas Ari.

Lalu, seperti apa sosok dari Ibu Risma ini? Simak inilah biodata juga profil sang Mensos RI.

Profil Tri Rismaharini

Menteri Sosial atau Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini atau Risma dalam sela-sela Rakernas kedua PDIP di dalam Sekolah Partai PDIP, DKI Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022). (Suara.com/Bagaskara)
Menteri Sosial atau Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini atau Risma di area sela-sela Rakernas kedua PDIP di dalam Sekolah Partai PDIP, DKI Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022). (Suara.com/Bagaskara)

Dr. (H.C.) Ir. Hj. Tri Rismaharini, M.T. atau akrab disapa dengan nama Ibu Risma, pada waktu ini masih berpartisipasi menjabat sebagai Menteri Sosial pada Kabinet Indonesia Maju.

Perempuan kelahiran Kediri, 20 November 1961 ini menghabiskan masa kecilnya di tempat Kediri. Risma juga keluarganya kemudian pindah ke Surabaya, Jawa Timur, ketika mau masuk SMP.

Risma berhasil lulus dari SMP Negeri 10 Surabaya kemudian SMA N 5 Surabaya, di dalam mana kedua sekolah itu adalah sekolah negeri favorit pada Surabaya.

Selanjutnya, Risma mengambil jurusan Arsitektur di tempat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kemudian berhasil lulus pada tahun 1987 silam. Ia mengawali kariernya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) Daerah Perkotaan Surabaya pada awal tahun 1990-an.

Sosoknya kemudian memutuskan untuk melanjutkan sekolah magisternya pada ITS. Di sana ia mengambil jurusan Manajemen Pembangunan Daerah Perkotaan kemudian berhasil lulus pada 2002. Risma juga menerima penghargaan doktor honoris causa dari almamaternya tersebut.

Selama menjadi PNS, Risma menunjukkan performa yang digunakan cemerlang. Terbukti, usai 7 tahun berkiprah sebagai PNS biasa, Risma diangkat menjadi Kasi Tata Ruang dan juga Tata Guna Tanah Badan Perencanaan Pembangunan Perkotaan Surabaya pada tahun 1997.

Sosoknya kemudian menjadi salah satu PNS berprestasi yang digunakan berhasil menduduki beberapa jabatan strategis di dalam pemerintahan Perkotaan Surabaya, seperti :

  • Kasi Pendataan kemudian Penyuluhan Dinas Bangunan Pusat Kota Surabaya tahun 2001
  • Kacab Dinas Pertamanan Pusat Kota Surabaya tahun 2001
  • Kabag Bina Pembangunan Pusat Kota Surabaya tahun 2002
  • Kabag Penelitian lalu Pengembangunan tahun 2005
  • Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Perkotaan Surabaya tahun 2008
  • Kadin Kebersihan dan juga Pertamanan Pusat Kota Surabaya tahun 2010

Kinerja Risma sebagai Kadin Kebersihan serta Pertamanan Surabaya ternyata membuatnya masuk di jajaran calon Wali Daerah Perkotaan Surabaya periode 2010 – 2015. Ia pun berhasil menjabat sebagai Wali Perkotaan Surabaya selama dua periode, yaitu 2010 – 2015 dan  2016 – 2020.

Selama menjabat sebagai Wali Pusat Kota Surabaya, Risma kerap menuai kontroversi lantaran sikapnya yang cukup keras dengan bawahannya. Ia juga setiap saat tegas pada menjalankan setiap kebijakan dalam otoritas Daerah Perkotaan Surabaya.

Adapun Risma berhasil menjadi Wali Daerah Perkotaan Surabaya pasca bergabung dengan PDI Perjuangan. Namanya tercatat sebagai perempuan pertama yang terpilih menjadi Wali Daerah Perkotaan Surabaya. Ia juga berhasil mengakibatkan namanya menjadi salah satu pemimpin perempuan paling berpengaruh di tempat dunia.

Pada 2020, Risma dipanggil oleh Presiden Jokowi lalu ditunjuk menjadi Menteri Sosial RI periode 2020-2024. Ia menggantikan Mensos sebelumnya, Juliari Batubara, yang dimaksud menjadi terdakwa tindakan hukum korupsi bansos.

Biodata Tri Rismaharini

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.[Instagram]
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.[Instagram]

Nama lengkap: Dr. (H.C.) Ir. Hj. Tri Rismaharini, M.T. 

Nama panggilan: Risma, Ibu Risma

Pasangan: Djoko Saptoadji

Tempat, tanggal lahir: Kediri, 20 November 1961

Agama: Islam

Pendidikan: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 

Jabatan: Menteri Sosial RI

Kontributor : Dea Nabila

(Sumber: Suara.com)

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button