Lifestyle

Berapa Bayaran Ustaz Solmed untuk Sekali Ceramah? Blak-blakan Ngaku Terima Upah pada waktu Dakwah

Resepmakanan.id – Ceramah masih menjadi salah satu sumber penghasilan Ustaz Solmed. Suami April Jasmine itu mengaku terus-menerus dapat bayaran setiap kali ceramah. Lantas, berapa bayaran Ustaz Solmed?

Perkara bayaran ceramah ini disampaikan Ustaz Solmed di tayangan YouTube Reyben Entertainment. Awalnya Rey Utami memancing Ustaz Solmed dengan bertanya mengenai tarif.

“Ditarif enggak Ustaz kalau ceramah?” tanya Rey Utami seperti dikutipkan dari acara DiaRey yang dimaksud tayang di area YouTube Reyben Enertainment pada 29 Januari 2024 kemarin.

“Saya tak pernah menarif (pasang tarif), tapi yakinlah saya dibayar,” tutur Ustaz Solmed menjelaskan.

Lebih lanjut, Ustaz Solmed memberi analogi terkait bayaran yang mana diterimanya. Dia menegaskan bahwa selama ini beliau setiap saat menyerahkan urusan bayaran terhadap pihak yang tersebut mengundangnya.

“Jadi misalnya kita mau ada selametan atau apa. ‘Ustaz mau undang atau ceramah sekitar setengah jam lah’. Itu gimana (bayarannya)?” tanya Rey Utami lagi.

“Kak Rey udah ngalamin pasti pada waktu timnya nelepon saya. ‘Ustaz ini buat YouTube-nya Rey. Mau enggak (ngisi)?’. ‘Mau’. ‘Tapi maaf nih cuma ada segini’. Oh ya sudah,” terang Ustaz Solmed.

Ustaz Solmed hanya sekali menerapkan prinsip “bijak sana, bijak sini” setiap kali diundang. Di mana pihak yang mengundang ikhlas memberikan jumlah keseluruhan tertentu sebagai bayaran dan juga beliau juga ikhlas menerimanya.

Ustaz Solmed lalu April Jasmine (Instagram/apriljasmine85)
Ustaz Solmed kemudian April Jasmine (Instagram/apriljasmine85)

“Ada istilah saya, bijak sana bijak sini. Bijak sana artinya ke pengundang. Kan nanya tuh biasanya, ‘Berapa?’. Ya saya tanya balik, ‘Lu maunya berapa?’. Baru bijak sini, ‘Oke, deal‘,” jelas Ustaz Solmed lagi.

Lebih lanjut, Ustaz Solmed menganggap hal ini bukanlah termasuk memasang tarif. Dia juga tak merasa jual ilmu dengan menerima upah ketika ceramah. Sebab baginya, upah itu adalah bayaran berhadapan dengan rasa capeknya, tidak ilmu yang dibagikan.

“Itu kan tidak menarif. Tapi itu orang berani memberikan sesuatu juga merekan ikhlas. Kalau enggak ikhlas ya enggak jadi, ngapain. Kan ikhlas kan makanya kemudian ia memberikan hadiah terhadap saya,” tutur Ustaz Solmed.

“Orang bilang, ‘Lu jual ilmu’. No, ilmu terlalu mahal untuk dijualbelikan. ‘Tapi lu diundang, dibayar’. Lu bukanlah bayar ilmu gue. Lu bayar capek gue. Dari Ibukota Indonesia ke mana, gue ninggalin anak, gue ninggalin bini. Keringet keluar, bensin keluar, gue bayar sopir. Lu bayar itu,” tandasnya.

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button