Nasional

Bagi Mantan Mendag Lutfi, Pemimpin Bijak Harus Bisa Atasi Greenflation

Resepmakanan.id – Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Indonesia, Muhammad Lutfi menyinggung soal Greenflation atau kenaikan harga energi hijau. Greenflation sendiri sempat disinggung Gibran Rakabuming Raka ketika debat calon duta presiden (Cawapres) beberapa waktu lalu.

Saat itu, Gibran memberikan pertanyaan terhadap Mahfud MD. Ia bertanya persoalan bagaimana mengatasi permasalahan tersebut.

Berkaitan dengan itu, Lutfi lantas menciptakan konten di dalam TikTok yang digunakan menjelaskan soal Greenflation. Di akunnya, @mmd.lutfi, ia memaparkan istilah tersebut.

Greenflation atau kenaikan harga energi hijau itu bukanlah hambatan yang digunakan recehan. Mengapa? Sini saya akan jelaskan. Greenflation atau naiknya harga energi hijau adalah kondisi dunia usaha di area mana terjadi peningkatan biaya yang terkait dengan transisi energi bersih menggunakan teknologi ramah lingkungan serta kebijakan yang bertujuan untuk mengempiskan kualitas emisi karbon,” jelasnya, diambil Kamis (01/02/2024).

Ia mencontohkan, misalnya seperti kenaikan harga jual material mentah yang digunakan digunakan pada teknologi seperti panel surya atau turbin angin lalu akumulator kendaraan listrik.

Lalu katanya, seperti yang diketahui bersama, perpindahan menuju energi bersih yang digunakan ramah lingkungan itu sangat penting untuk dieksekusikan.

“Contoh saja, berdasarkan data serta fakta, Ibukota pernah menjadi tempat dengan kualitas udara yang tersebut terburuk di tempat Indonesia. Dengan indeks standar pencemaran udara sebesar 252 poin.”

“Angka pencemaran ini mampu membahayakan keberadaan makhluk hidup di tempat sekitarnya. Seperti manusia, hewan dan juga bahkan tumbuhan,” lanjutnya.

Ia mengibaratkan, apabila, pemuaian energi hijau ini terus-menerus terjadi maka Indonesia bukan akan memiliki resource atau sumber daya yang digunakan cukup untuk pergi dari dari ancaman polusi yang dimaksud sanggup merenggut nyawa.

Menurutnya, individu pemimpin yang digunakan bijak, seharusnya bisa saja memberikan solusi yang digunakan tepat juga efektif untuk mengatasi permasalahan dari Greenflation ini.

“Jadi, izinkan saya untuk bertanya sekali lagi. Apabila Greenflation atau kenaikan harga energi hijau dianggap seperti permasalahan yang tersebut recehan, akan jadi seperti apa Indonesia di tempat tahun-tahun mendatang?,” tutupnya.

(Sumber: Suara.com)

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button