Nasional

40 Orang Diduga Caleg Stres! Real Count Tak Berpihak, Mimpi Politik Kandas

Resepmakanan.id – Penghitungan real count KPU Pemilihan Umum 2024 sampai pada waktu ini masih berlangsung. Namun walaupun real count KPU masih berlangsung kemudian data yang mana terkumpul belum 100 persen, beberapa orang orang diduga caleg dilaporkan sudah ada stres.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Sari, DKI Jakarta Barat melaporkan bahwa pihaknya sudah pernah menerima pendaftaran dari 40 orang, beberapa di tempat antaranya merupakan pasukan sukses calon anggota legislatif (caleg).

Menurut RSUD Taman Sari, ke-40 orang yang disebutkan mendaftar via online. Pihak rumah sakit sendiri membuka layanan pada Senin-Sabtu pukul 12.00-21.00 Waktu Indonesia Barat sesuai jadwal praktik psikiater.

“Untuk pendaftaran dapat menghubungi 085892481576. Tarif pasien umum konseling dengan psikiater Rp60.000 saja,” kata Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Taman Sari, dr Ngabila.

“Saat ini telah 40 orang mendaftar kemudian beberapa di area antaranya tertoreh di tempat kolom institusi sebagai timses caleg,” tambah Ngabila.

Lebih lanjut, dr. Ngabila Salama memberikan beberapa kiat untuk menjaga kemampuan fisik fisik dan juga mental bagi petugas Komunitas Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), calon legislatif (caleg), dan juga kelompok sukses (timses) pasca pemilihan 2024 kemarin.

“Pemilu sudah ada berlalu, deteksi dini adalah kunci. Untuk petugas KPPS, panitia Pemilu, caleg, timses, simpatisan (diharapkan) tambahan peka dengan keluhan kondisi tubuh masing-masing,” kata Ngabila di peringkat wicara daring dalam Jakarta, Kamis.

Praktisi kondisi tubuh warga itu menganjurkan untuk menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih juga Sehat) agar masyarakat, khususnya para petugas KPPS, caleg, kemudian timses dapat terhindar dari gejala kesulitan kemampuan fisik fisik yang tersebut kemungkinan besar terjadi pasca pemilihan raya kemarin.

“Cek kebugaran rutin. Pakai masker di tempat keramaian, rajin mencuci tangan, mengonsumsi vitamin D3 kemudian vitamin C secara oral (minum) atau injeksi (injeksi melawan saran dokter) agar kondisi badan fit, imunitas terjaga,” kata Ngabila.

“(Gangguan) kemampuan fisik mental ada yang digunakan berat lalu ringan. Kalau yang tersebut ringan, biasanya konsultasi online dengan psikolog, psikiater, atau poli rawat jalan sekadar itu cukup,” tambahnya.

Ada beberapa orang gejala hambatan kondisi tubuh mental ringan yang kerap dialami oleh anggota KPPS, caleg, maupun timses pasca Pemilu. Tanda tersebut, antara lain cemas, sulit tidur, bad mood atau moody, kehilangan minat, cepat lelah, kehilangan minat, impulsif, lalu depresi ringan.

Jika terlambat didiagnosa dan juga diobati, gejala dalam melawan dapat berprogres menjadi gejala kesulitan kebugaran mental berat atau ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). Simptom berat pada ODGJ meliputi sulitnya berkonsentrasi hingga mengalami halusinasi. [Antara]

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button