Kesehatan

4 Bahaya Rokok Herbal Seperti Bisnis Ustad Solmed, Bikin Alergi Hingga Karsinogenik

Resepmakanan.id – Pembahasan rokok herbal sedang hangat dibicarakan lantaran menjadi industri Ustaz Solmed hingga mampu mendirikan rumah miliaran. Disamping sisi ekonominya, rokok herbal miliki dampak bagi tubuh orang yang tersebut mengkonsumsi. Apa belaka bahaya rokok herbal?

Meski beberapa pihak telah mengklaim bahwa rokok herbal aman, nyatanya pada menurut ahli medis kesehatan, ada berbagai bahaya rokok herbal untuk tubuh manusia.

Hal yang dimaksud tentu memunculkan keprihatinan. Pasalnya, dengan klaim amannya tersebut, cukup sejumlah orang yang mana merasa bukan bersalah akibat mengonsumsinya, tak terkecuali anak-anak.

Bahaya rokok herbal

Melansir dari laman National Cancer Institute, rokok herbal adalah jenis rokok yang tersebut tiada dibuat dengan tembakau juga tidak ada mengandung nikotin. Sebagai gantinya, rokok ini dibuat dengan racikan rempah, bunga, dan juga berbagai material alami lainnya.

Namun, ternyata penggantian substansi yang disebutkan tak menciptakan rokok herbal menghadirkan manfaat.

Meski bukan menciptakan kecanduan dikarenakan tak mengandung substansi tersebut, rokok herbal masih sanggup mengakibatkan berbagai bahaya seperti berikut.

1. Bersifat toksik

Tanaman yang tersebut digunakan untuk menyebabkan rokok herbal dikhawatirkan mengandung berbagai senyawa kimia, seperti glikosida sianogenik.

Jika dibakar, senyawa yang dimaksud sanggup menghasilkan kembali hidrogen sianida yang mana dapat memunculkan hambatan pada sistem saraf pusat sehingga menyebabkan lemah otot, sakit kepala, hingga muntah-muntah.

2. Alergi

Damiana merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mana kerap dipakai untuk menyebabkan rokok herbal. Namun ternyata, jenis tumbuhan ini berisiko memunculkan alergi untk dia yang dimaksud sensitif terhadap hasil bakaran atau asapnya.

Pada kondisi yang mana cukup serius, alergi bisa jadi menyebabkan kesulitan bernapas, pembengkakan di tempat wajah kemudian mulut, hingga penurunan tekanan darah secara tiba-tiba.

3. Gangguan pernapasan

Rokok herbal yang digunakan dibakar dinilai tetap memperlihatkan menghasilkan kembali karbon monoksida yang jikalau terhirup dapat menyebabkan berbagai hambatan pernapasan. Pasalnya, karbon monoksida akan merusak dinding saluran pernapasan kemudian pembuluh darah.

Karena gangguan pernapasan ini, perokok, baik yang dimaksud berpartisipasi maupun pasif mampu mengalami berbagai penyakit, seperti bronkitis, pneumonia, hingga penyakit jantung.

4. Karsinogenik

Meski kemungkinan besar bukan seberbahaya rokok pada umumnya, rokok herbal dinilai tetap saja bersifat karsinogenik. Karsinogen adalah zat yang dimaksud mampu menyebabkan neoplasma pada tubuh.

Jenis neoplasma yang tersebut paling rutin muncul akibat kebiasaan merokok adalah paru-paru, mulut, lalu nasofaring.

Bisnis Ustad Solmed

Ustad Solmed mengungkapkan salah satu perusahaan yang tersebut digelutinya adalah rokok herbal merek SIN. Dalam video dalam kanal YouTube Maia Estianty, terungkap bahwa Ustaz Solmed tak mendirikan kegiatan bisnis rokok yang dimaksud dari nol.

Mulanya suami April Jasmine itu menceritakan awal mula tercetus untuk usaha rokok pada tahun 2020 lalu. Ia meninjau kala itu tetangga yang digunakan mengajukan permohonan beras padanya miliki rokok.

Padahal, tarif rokok lebih banyak mahal ketimbang beras. Kejadian itu membuatnya sadar bahwa kesempatan perusahaan rokok cukup menjanjikan.

Niatnya untuk menjalankan perusahaan rokok pun berjalan mulus setelahnya ustaz berusia 40 tahun ini bertemu KH. Raden Abdul Malik, pemilik brand rokok herbal SIN.

KH. Raden Abdul Malik lantas memberikan amanah untuk Ustaz Solmed untuk menjalankan bidang usaha rokok herbal tersebut.

Sementara itu, mengutip dari laman komunitaskretek.or.id, isi tar di dalam rokok Sin Provost ini cukup besar yaitu 48 miligram walau nikotinnya semata-mata sebesar 0,09 miligram.

Rokok herbal Sin disebut-sebut mengandung 17 komposisi rempah. Ada kayu siwak, jinten, kayu manis, daun sirih, kencur, kapulaga, cengkeh, dan juga yang lainnya. Meskipun begitu, tiada diketahui tembakau apa yang digunakan digunakan di rokok ini.

Demikian informasi mengenai bahaya rokok herbal bagi kemampuan fisik tubuh. Jika Anda sempat berpikir mencobanya, sebaiknya pertimbangkan kembali hal tersebut.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

(Sumber: Suara.com)

Redi Alamsyah

Di tengah derasnya arus informasi, saya berdiri sebagai seorang penulis artikel yang berupaya menyalurkan kata-kata ke dalam bentuk cerita, analisis, dan refleksi. Nama saya Redi Alamsyah, seorang penggali kata yang mencari makna di balik huruf dan kalimat. Bagi saya, menulis bukan hanya pekerjaan, melainkan sebuah perjalanan menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia dan kehidupan.

Related Articles

Back to top button